Nintendo Peringatkan Valve untuk Memblokir Emulator Dolphin di Steam

Nintendo Dolphin Emulator

Nintendo Dolphin Emulator – Perusahaan Nintendo dikenal sangat ketat menjaga produk-produk mereka agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Tidak hanya game saja, bahkan beberapa produk lama mereka seperti Nintendo Wii masih mereka lindungi.

Nintendo Peringatkan Valve untuk Memblokir Emulator Nintendo Wii di Steam

Dolphin Emulator kena blokir di Steam

Salah satu upaya mereka dengan memberikan peringatan kepada pihak Valve untuk tidak memberikan izin perilisan terhadap program emulator Nintendo Wii dan juga GameCube di Steam. Program yang dimaksud adalah Dolphin Emulator.

Dilansir dari PC Gamer, baru-baru ini pihak pengembang emulator open source GameCube dan juga Nintendo Wii baru-baru ini mendapatkan peringatan DMCA untuk segera di takedown dari perilisannya di platform layanan Steam.

Berikut ini peringatan dari Nintendo kepada tim pengembang emulator Dolphin.

Emulator ini telah melanggar DMCA

“Karena emulator Dolphin telah melanggar hak intelektual milik Nintendo, termasuk namun tidak terbatas pada hak berdasarkan ketentuan dibawah perlindungan Digital Millennium Copyright Act (DMCA)’s Anti-Circumvention and AntiTrafficking provisions, 17 U.S.C. § 1201, kami ingin memberikan peringatan untuk segera menghapus produk emulator Dolphin dari Steam Store.”

Tim pengembang Dolphin memiliki beberapa opsi pengajuan kepada Valve jika diyakini emulator buatan mereka tidak melanggar DMCA seperti yang dilayangkan oleh Nintendo atau berakhir untuk menghapusnya.

Jika tim melakukan gugatan balik, maka Nintendo akan memiliki waktu sekitar 2 minggu untuk memutuskan apakah mereka akan menuntut di jalur hukum atau tidak. Jika tidak, emulator Dolphin dapat kembali ke halaman Steam.

Emulator Sudah Tidak Ada di Steam

Emulator Dolphine sudah tidak tersedia di Steam

Pada saat artikel ini ditulis (27/5), emulator Dolphin sudah tidak tersedia di halaman Steam yang berarti akan mengalami. Itu berarti pihak Valve telah menanggapi peringatan dari Nintendo agar emulator Nintendo Wii dan GameCube tersebut agar dihapus di Steam.

Sementara itu, tim pengembang Dolphin menunjukkan rasa kekecewaannya ketika mengetahui emulator mereka mengalami penundaan perilisan di Steam. Saat ini pihak pengembang masih melakukan investigasi untuk mencari jalan keluar dan tanggapan mereka kedepannya jika Nintendo menindaklanjuti masalah ini lebih lanjut.

Itulah informasi mengenai Nintendo memberikan peringatan ke Valve agar melarang perilisan emulator Dolphin di Steam. Apakah emulator tersebut dapat dirilis juga di Steam atau tidak? Mari kita tunggu saja konfirmasi lebih lanjut dari mereka.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Nintendo, Valve, Steam, Emulator atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version