No Man’s Sky Diperiksa oleh Lembaga Standar Periklanan Inggris

No Mans Sky 1080 Wallpaper 3 1400x788

Setelah No Man’s Sky hadir untuk PS4 dan PC pada awal Agustus silam, game yang dikembangan Hello Games ini dipenuhi dengan kritik negatif serta komplain akan masalah teknis serta bug yang dialami game. Namun tidak hanya itu saja yang membuat game satu ini begitu kontroversi dalam satu bulan terakhir, namun juga fitur-fitur yang dijanjikan oleh developer seperti Multiplayer dan perang antar faction tidak hadir sama sekali di produk akhir.

Hilangnya fitur yang dijanjikan ini membuat para gamer berpikir jika Hello Games telah melakukan false advertising pada game sci-fi adventure ini. Tidak hanya sekedar komplain di internet, Redditor bernama AzzerUK laporkan masalah ini kepada lembaga standar pengiklanan di Inggris (Advertising Standards Authority) karena dia merasa “penipuan” seperti ini langsung dihentikan sekarang juga, dan hanya komplain di internet tidak akan membantu sama sekali.

ASA langsung melakukan investigasi setelah mendapatkan laporan tersebut, mereka memulai dengan membandingkan versi akhir game ini dengan apa yang ditunjukkan di E3 2014, yang merupakan gambar dan video yang muncul pada halaman utama game ini di Steam. ASA menjelaskan jika versi yang diterima gamer sekarang memang berbeda dengan yang ditunjukkan gamer mulai karena beberapa fitur yang dipertunjukkan di E3 tidak hadir di final game.

Jika nantinya ASA menyatakan Hello Games benar-benar melakukan false advertising, belum ada yang tahu pasti  hukuman apa yang akan diterima oleh Hello Games. Namun kemungkinan besar ASA akan menghapus serta mencabut semua iklan game ini yang beredar di dunia maya.

Sean Murray, director dari game ini belum memberikan respon apapun soal masalah ini, bahkan dia tidak lagi aktif dengan akun Twitter-nya dalam satu bulan terakhir.

Meski dikategorikan sebagai game yang mengecewakan oleh komunitas gamer, No Man’s Sky tetap terjual dengan baik. Bahkan hingga saat ini, No Man’s Sky terjual hingga 750 ribu copy di PC menurut Steamspy.

Source: Gamespot

 

Exit mobile version