Nostalgia 13 Game PS2 Terbaik Horror yang Membuatmu Dulu Ngompol


Follow Us

Setelah pada tanggal 7 September 2018 yang lalu Sony secara resmi menghentikan layanan dari console lengendaris yang pertama kali dirilis pada tahun 2000 ini, tentunya kita perlu sedikit nostalgia dengan game-game terbaik yang ada di PS2. Tentunya ada puluhan judul game-game terbaik yang dirilis untuk console yang satu ini, oleh karena itu Gamebortt bakal membahas game PS2 terbaik dari genre-genre yang ada. Mengingat orang Indonesia sangat doyan hal-hal mistis dan berbau horror, pada kesempatan kali Gamebrott bakal menghadirkan Nostalgia 13 Game PS2 Terbaik Bergenre Horror! Berikut daftarnya!

Nulis artikel dibayar

1. Alone in The Dark : The New Nightmare

Game yang merupakan versi reboot dari game dengan judul yang sama untuk console PS1, ini dikembangkan oleh Darkworks dan dirilis pada tahun 2001. Meskipun kurang begitu tenar di Indonesia game yang satu ini menawarakan sebuah atmosif horror yang mencekam. Dengan menawarkan kengerian kegelapan dimana kamu akan berperan sebagai seorang Edward Carnby yang memiliki misi untuk menyelidiki kematian temannya yang misterius disebuah pulau yang bernama Shadow Island. Sesuai dengan judulnya, Alone in The Dark sendiri akan menawarkan sebuah dunia yang begitu gelap yang dipenuhi oleh monster-monster yang disebut Creatures of Darkness, sehingga cahaya dalam game ini akan memegang pernan yang sangat penting dalam game ini. Hal yang paling mengerikan dari game ini adalah para Creatures of Darkness bisa kapan saja muncul dari kegelapan dan akan membuat kalian mengucapakan sumpah serapah untuk mahluk-mahluk aneh tersebut.


2. Kuon

Game yang syarat akan berbagai hal tentang aliran kepercayaan Shinto ini merupakan game bergenre survival horror yang dikembangkan oleh From Software pada tanggal 1 April 2004. Game ini sendiri diangkat dari sebuah kisah yang berasal dari negeri Sakura yang disebut Kwaidan atau yang dapat diartikan cerita hantu. Game ini akan memiliki setting pada masa Hein Priod sekitar tahun 794, dimana kalian akan dibawa menjelajahi sebuah castle yang gelap, dipenuhi dengan teka-teki, dan dipenuhi mahluk serta arwah-arwah penasaran. Secara permainan sendiri game ini akan dibagi menjadi 2 phase dimana kalian akan berperan sebagai Utsuki dan Sakuya, yang akan membawa kedalam sebuah petualangan yang begitu mencekam. Hal yang paling mengerikan dalam game ini sendiri berada ending phase Utsuki,dimana dia harus melihat sang adik dikorbankan didalam sebuah ritual.


3. Rule of Rose

Game yang dikembangkan oleh Punchline ini sempat menuai kontroversi karena dianggap mempertontonkan adegan tidak senonoh,kekerasan terhadap anak dibawah, umur dan binatang sehingga diban didaerah United Kingdom, sehingga membuat game ini mendapatkan rating “mature” atau 17+.  Dalam game ini sendiri kamu akan berperan sebagai seorang wanita muda bernama Jennifer yang dimana terjebak disebuah panti asuhan bernama Rosen Garden Orphange setelah mengejar seorang anak lelaki misterius. Game ini sendiri syarat dengan puzzle dan teka-teki sehingga selain kalian akan dibuat ketakutan, kalian juga perlu memeras otak untuk memecahkan teka-teki yang ada. Hal yang membuat game yang satu ini begitu mengerikan adalah selama permainan sendiri kalian akan dipertontonkan adegan-adegan bullying, traumatic chilhood memories, kekerasan, serta, mental disorders yang akan sangat menganggu.


4. Forbidden Siren 2

Forbidden Siren sendiri adalah game yang dikembangakan oleh Sony dan dirilis pada tahun 2006. Dari segi cerita sendiri game yang satu ini tergolong cukup unik karena kalian memainkan sekitar 15 karakter yang memiliki misi untuk keluar dari pulau Yamijima, sehingga kalian akan disajikan berbagai sudut pandang serta cerita yang menarik dari setiap karakter yang ada. Menariknya setiap karakter dalam game ini akan memiliki alur cerita yang bercabang sehingga kamu harus benar-benar jeli untuk menentukan pilihan yang disajikan lewat optional objective, dimana akan membawa ke true ending tiap karakter. Inti dari game yang satu ini adalah bertahan hidup karena arwah-arwah penasaran yang disebut Shibito dan Yamibito dalam game ini akan kembali bangkit meskipun sudah kalian lumpuhkan berkali-kali, sehingga kemampuan mu dalam memecahakan puzzle dan membaca situasi akan sangat diperlukan dalam game ini. Hal yang membuat game ini menjadi game horror PS2 terbaik adalah, kedalaman cerita dan konflik tiap karakter yang begitu kompleks sehingga meskipun kalian ketakutan, kalian akan dibuat penasaran dengan ceritanya.

BACA JUGA  Kumpulan Bully Cheats PS2 & PC Terlengkap Bahasa Indonesia!

5. Resident Evil Outbreak

Game yang satu ini sendiri merupakan sebuah spin-off dari franchise terkenal Resident Evil, dimana dalam game ini memungkinkan kamu bermain secara multiplayer dengan pemain lain secara online. Resident Evil Outbreak sendiri tidak akan menghadirkan karakter-karakter terkenal dari RE Universe seperti Jill ataupun Leon, sehingga kalian akan berperan sebagai salah satu dari 8 karakter yang ada, yang memiliki latarbelakang dan keahlian yang unik. Bagi kalian yang merupakan fans berat dari  francise RE tentunya tidak perlu khawatir dengan gameplay yang satu ini. Sesuai dengan judulnya, game ini akan mengambil setting setelah T-Virus tersebar di Raccon City dan mengubah penduduknya menjadi zombie, sehingga tugas mu adalah keluar dari Raccon City sebelum pemeritah menjatuhkan missile ke kota tersebut. Berbeda dengan game RE lain kerjasama tim dalam game ini memegang pernan yang begitu penting untuk dapat bertahan hidup, sehingga kesuksesan mu menyelesaikan game yang satu ini adalah terletak pada jumlah anggota tim mu yang masih bertahan. Jadi buat kalian yang egois, jangan harap bisa menyelesaikan game yang satu ini.


6. Obscure II

 

Jika kalian mencari game horror yang bisa dimainkan secara multiplayer mungkin game buatan Hydravision, Obscure II adalah jawabannya. Game ini sendiri merupakan squel dari game Obscure sehingga akan memiliki alur cerita 2 tahun dari game pertamanya,  dimana permasalahan dimulai setalah sebuah spora dari tanaman misterius mengakibatkan seluruh murid di Fallcreek University dan daerah disekitarnya berubah menjadi mosnter. Layaknya game Resident Evil Outbreak, kerjasama tim memegang pernan yang begitu penting untuk menyelesaikan game yang satu ini. Kalian akan dibawah kesebuah petualangan yang mencekam  menjelajahi gedung sekolah  yang  gelap dan dipenuhi oleh monster-monster serta puzzle yang menantang. Game ini sendiri akan menawarakan sebuah cerita yang menarik dimana kalian akan disajikan berbagai sudut pandang cerita dari berbagai karakter. Ditambah lagi sebuah  kejutan dimana sang protagonis utama digame pertamanya yaitu Kenny harus berubah menjadi monster dan menjadi salah satu boss yang harus kalian hadapi dalam game ini. Benar-benar sebuah game dengan plot twist yang tragis.


7. Haunting Ground

 

Game yang juga dikenal dengan nama Demento diversi Jepangnya ini bisa dibilang adalah versi unofficial dari game Clock Tower, pasalnya game yang satu ini selain juga digarap oleh tim dibalik game Clock Tower 3 game ini juga menawarkan sebuah gameplay yang memiliki kemiripan dengan game tersebut. Haunting Ground sendiri merupakan game buatan Capcom yang memiliki tema survival horror dimana kamu akan berperan sebagai seorang wanita bernama Fiona Belli. Game yang menawarkan aksi hide and seek ini  syarat akan tema alchemy dan puzzle-puzzle yang menantang, kamu diharuskan keluar dari sebuah castle yang yang dihuni oleh para orang-orang aneh yang terobsesi menangkap Fiona dikarenakan dia adalah keturunan dari seorang alchemist terkenal. S   elama perjalanan mu sendiri kamu akan ditemani oleh seorang anjing bernama Hewie dimana dia akan memegang pernan penting dalam memecahkan puzzle ataupun membantu mu kabur dari kejaraan para penunggu castle. Game ini sendiri memiliki 4 ending, dimana diversi bad endingnya Fiona gagal lolos dari castle dan terlihat sedang mengandung anak dari sang antagonis utama. Jangan sampai dapat bad ending ya brott!

BACA JUGA  Daymare 1998 - Game Resident Evil 2 Buatan Fans yang Digodok Menjadi Game Baru

8. Clock Tower 3

Game yang merupakan seri ketiga dari franchise klasik ini pertama kali dirilis pada tahun 2002 oleh Capcom. Secara cerita sendiri Clock Tower 3 akan memiliki cerita yang tidak akan memiliki koneksi dari seri pertama dan keduanya, dimana kalian akan berperan sebagai Alyssa Hamilton seorang remaja yang ingin mengunjungi kembali rumahnya setelah menghabiskan masa sekolahnya di asrama setelah menerima surat misterius, namun saat tiba dirumahnya Alyssa justur disambut oleh sesosok mengerikan bernama The Dark Gentelman. Clock Tower 3 sendiri menjadi sebuah game horror yang sangat mencekam karena menyajikan cerita dan adegan-adegan sinematik yang akan memicu adrenalin kalian. Karena pertempuran sendiri tidak begitu berperan didalam game Clock Tower 3 jadi salah satunya cara bertahan hidup dalam game ini adalah berlari dan bersembunyi! Ending dari game ini sendiri dibilang cukup menyetuh, pasalnya setelah disajikan berbagai adegan kejar-kejaran yang menantang Alyssa berhasil bertemu lagi dengan Ibunya.


9. Silent Hill 4 : The Room

Bagimana jadinya jika kalian terkunci didalam apartment mu sendiri dan berbagai hal-hal ganjil terjadi? Hal itulah yang coba dihadirkan oleh Konami lewat game Silent Hill 4 The Room. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Henry Townshend yang tiba-tiba terjebak di dalam kamar miliknya. Akhirnya setelah terjebak selama lima hari dia menumkan sebuah lubang dikamar mandinya, yang justru membawanya kedalam dunia yang penuh dengan mimpi buruk yang disebut Otherworlds yang dipenuhi oleh mahluk-mahluk imorttals yang mengerikan. Akhirnya setelah beberapa waktu terjebak dalam Otherworlds, Henry baru menyadari bahwa ada beberapa orang juga yang bernasib seperti dirinya, serta bahaya yang mengacamnya. Silent Hill 4 sendiri bisa dibilang merupakan game bergenre horror yang genius, karena didukung sebuah alur cerita yang mengejutkan dimana sang antagonis utama sendiri adalah seorang serial killer yang yang rela melakukan ritual demi menciptkan dunia Otherworlds untuk terus meneruskan obsesi membunuhnya. Selain itu game Silent Hill The Room sendiri tetap mempertahankan monster-mosnter aneh yang merupakan manifestasi dari ketakutakan, trauma, dan kengerian si protagonis utama layaknya game-game Silent Hill yang lain.


10. Manhunt 2

Diurutan selanjutnya ada salah satu game buatan Rockstar yang penuh dengan kontroversi karena menawarakan berbagai adegan kekersan yang mengerikan sehingga membuat Manhunt 2 dibanned diberbagai negera. Manhunt sendiri bisa dibilang merupakan game bergenre psychological horror stelath, karena memang tidak menghadirkan sosok-sosok hantu atapun mosnter-monster menggerikan. Namun berbagai adegan sadis yang dipertontonkan lewat fitur stealth execution membuat game yang satu ini memiliki horror versinya sendiri, dengan sajian aksi-aksi brutal yang sangat menggerikan. Dalam game ini kalian akan berperan sebagai pasien rumah sakit jiwa bernama Daniel Lamb yang harus kabur dari rumah sakit jiwa tersebut bersama dengan temannya bernama Leo Kasper sembari mengingat masa lalu dirinya. Game ini sendiri menjadi begitu sangat menggerikan dan sadis dikarenakan aksi-aksi Daniel yang memanfaatkan berbagai alat seperti suntikan, kantong kresek, bahkan hingga kapak untuk mengekskusi setiap orang yang berusaha menangkapnya.

BACA JUGA  Mod Resident Evil 2 Remake Terbaru Kabulkan Impian Para Fans Terhadap Big Smoke

11. Resident Evil 4

Resident Evil 4 sendiri menjadi seri penutup franchise RE diconsole PS2 yang ditutup dengan sangat memukau. Selain menyajikan cerita yang menarik, game ini juga memiliki gameplay dan fitur-fitur memukau yang justru menambah kengerian game yang satu ini.  Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Leon yang ditugaskan untuk menyelamatkan anak dari Presiden Amerika, Ashley Graham yang diculik disebuah desa bernama dikawasan Spanyol. Yang membuat game yang satu ini bisa dibilang game horror terbaik adalah, fitur QTE yang  akan memicu adrenalin mu karena muncul secara tiba-tiba, serta tugas utama mu yang diharuskan menlindungi Ashley dari kejaran para zombie. Dengan grafis yang memukau dan cerita yang menarik sepertinya Capcom benar-benar berhasil menghadirkan sebuah game horror yang membangun kengerian lewat momen-momen yang tidak terduga melalui berbagai adegan dan QTE yang ada dalam game Resident Evil 4.


12. Fatal Frame II : Crimson Butterfly

Fatal Frame sendiri hadir sebagai sebuah inovasi baru dimana game horror bukan melulu menghadirkan monster atau mahluk-mahluk aneh yang harus dibunuh dengan senjata api ataupun pukulan benda-benda tumpul yang lain. Dalam game yang menghadirkan arwah-arwah penasaran ini kalian akan dipersenjatai dengan sebuah kamera keramat bernama Camera Obscura yang sudah sangat lekat dengan franchise Fatal Frame. Sejauh ini ada sekitar 3 seri Fatal Frame yang dirilis untuk PS2, namun seri keduanya yang berjudul Fatal Frame II : Crimson Butterfly yang memiliki cerita paling mencekam dan menggerikan. Bercerita tentang dua gadis kembar bernama Mio dan Mayu, yang terjebak disebuah desa misterius yang ternyata menyimpan sebuah  ritual rahasia bernama Crimson Sacrifice dimana harus menggorbankan salah satu  dari gadis kembar. Yang membuat game ini sangat menggerikan selain elemen jumpscare yang ditawarkan dari arwah-arwah penasaran, terror yang diberikan oleh sang antagonis utama dimana suara tawanya benar-benar bisa membuat kalian ingin menutup telinga. Total ada 4 ending dalam game ini dimana 3 diantaranya akan memperlihatkan kematian  tragis dari Mayu. Sedangkan untuk true endingnya kalian memerlukan usaha ekstra jika ingin melihat Mio dan Mayu keluar dengan selamat dari desa Misterius tersebut.


13. Leisure Suit Larry: Magna Cum Laude

Well, game ini sendiri tergolong game yang bergenre horror karena memaksa mu untuk bermain dimalam hari atau saat rumah mu dalam keadaan sepi,tentu kalian juga sudah pahamkan kenapa game yang satu ini memiliki nuansa “horror”. Dengan adanya berbagai adegan “berbahaya” dan loading screen yang selalu membuat mu waswas untuk selalu mengawasi sekeliling mu karena bisa saja sewaktu-waktu orang rumah memergoki mu memainkan game yang syarat adegan “berbahaya” ini. Hal ini jelas membuat Leisure Suit Larry: Magna Cum Laude menjadi game yang benar-benar menawarakan sebuah permainan bernuansa “horror” yang sangat nyata.  Mimin sendiri sih punya sedikit cerita horror saat memainkan game yang satu ini. Setelah bela-belain main tengah malam, pas lagi adegan “tegang-tegangnya” eeeh ada suara orang nangis dari luar rumah. Alhasil langsung ngacir kekamar dalam keadaan PS nyala sampai pagi. Ada yang punya cerita horror saat memainkan game yang satu ini? hehehe


Gimana apakah sudah terobati rasa rindunya? Atau perlu mimin livestream judul game dilist diatas supaya rasa rindu kalian terhadap PS2 bisa terobati?


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item