Nostalgia! 6 Game yang Selalu Kamu Temui di PC Jadul

game jadul

Era 90-an menjadi masa yang cukup menarik dalam perkembangan industri game. Munculnya berbagai macam konsol game hingga perangkat yang umumnya digunakkan untuk kebutuhan kerja seperti komputer/PC pun dapat digunakkan untuk bermain game. Mungkin kalian ada yang memiliki pengalaman menarik pada masa itu seperti menemukan sebuah shortcut dengan icon yang terlihat seperti “permainan” di komputer rumah pada masa itu lalu kalian buka dan akhirnya muncul tampilan di layar “press any key”. Pengalaman tersebut selalu membekas di hati bahkan seakan-akan merasa bahwa diri kita ini merupakan seorang ahli yang menemukan game di dalam komputer hingga bisa dimainkan.

Gamer generasi 90-an pasti banyak yang mengalami momen tersebut, sama seperti pembahasan kali ini yang akan membuat kalian bernostalgia. Kini topik ada dalam pembahasan adalah mengenai game yang selalu kamu temui di komputer/PC jadul. Apakah game yang pernah kalian mainkan pada masa itu masuk dalam daftar di bawah ini ? yuk cus simak selengkapnya.

 

1.Zuma Deluxe

https://youtu.be/BhQUVBJkfyI


Siapa yang tak mengenal mini game yang cukup populer di era 90-an ini ? Mungkin justru bapak atau kakak kalian yang mengajari bermain mini game yang seru ini. Pada masa itu hampir di setiap komputer di instansi-instansi seperti sekolah maupun di sekolah bisa menemukan icon bergambar katak yang melemparkan bola warna-warni ini. Mengusung gameplay yang sederhana justru membuat game ini sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran, orang tua hingga anak-anak seperti kita pada masa itu. Berapa stage yang telah kamu lalui selama main game ini brott ?


2.Tarzan


Di tahun 90-an Disney merilis film kartun berjudul Tarzan, di tahun itu pula mereka merilis adaptasi film tersebut dalam sebuah game yang rilis di beberapa platform seperti PC dan PS 1. Game dengan genre action platformer ini pun mudah untuk ditemui di komputer desktop dengan icon bergambar Tarzan. Meskipun gameplay yang ditawarkan pada masa itu cukup sederhana, namun pengalaman saat bermain game tersebut masih membekas di hati. Apalagi pada saat itu orang tua hanya mengijinkan menggunakan komputer untuk bermain game hanya saat akhir pekan ataupun libur, momen inilah yang selalu teringat hingga kini.


3.Commandos


Mungkin judul game yang satu ini cukup asing bagi beberapa generasi 90-an. Namun jika dulu kalian menemukan icon bergambar prajurit di komputer desktop pada masa itu kalian cukup beruntung. Game yang mengkombinasikan stealth dan strategi ini sangat seru dimainkan. Mengambil tema Perang Dunia ke-2 kalian akan berada dalam skenario tertentu dengan misi yang menegangkan. Kalian diwajibkan mengambil keputusan yang tepat demi menyelesaikan suatu misi. Apakah kamu termasuk yang menemukan game yang cukup langka ini di komputer jadul yang pernah ditemui ?


4.Beach Head 2002


Pada masanya game ini cukup menawarkan pengalaman bermain yang seru sebagai game fps. Berada di sebuah bunker kalian akan bertahan dari gempuran musuh baik yang menyerang dengan berjalan maupun menggunakan kendaraan tempur. Kalian juga dapat menggunakan berbagai persenjataan lengkap untuk bertahan dari serbuan yang tak ada habisnya. Mungkin ini salah satu game yang kalian temukan di komputer jadul untuk menemani menghabiskan akhir pekan pada masa itu.


5.Age of Empire (I & II)


Gamers tahun 90-an pasti tak asing dengan judul game strategi yang satu ini. Saking populernya game ini hingga saat ini mungkin teman-teman kalian masih banyak yang bertanya mengenai rekomendasi game strategi yang mirip dengan Age of Empire. Game penuh kenangan ini juga sangat seru dimainkan menggunakan cheat dimana kalian dapat mengeluarkan unit mobil sedan belang berwarna biru yang sangat “op. Bahkan hanya dengan beberapa unit tersebut kalian dapat menyerang wilayah musuh dengan mudah. Mungkin dari kalian masih ada yang belum pernah memainkan game strategi legendaris ini hingga saat ini ?


6.Road Rash

https://www.youtube.com/watch?v=_cnPVC1jniw


Siapa bilang game di komputer/PC jadul hanya itu-itu saja ? Road Rash pada masanya menawarkan pendekatan unik sebagai game balap motor yang rusuh. Jika kalian dulu sempat memainkan game ini maka yang ada di benakmu adalah menjadi preman nomor satu yang ingin menjadi nomor satu dalam balapan motor. Meskipun visual yang ditawarkan terlihat apa adanya jika dinilai saat ini, namun pengalaman bermain dalam game ini sungguh luar biasa.


7.Virtua Cop II


Tahun 90-an perkembangan industri game bukan hanya di konsol rumahan maupun komputer saja, mesin arcade juga menjadi salah satu alternatif yang cukup populer di masanya. Mungkin hingga saat ini kalian masih ingat kalimat “somebody help me!” yang merujuk pada judul game Virtua Cop II. Mengusung pendekatan sebagai game shooter ala arcade, Virtua Cop II juga hampir selalu ditemukan di desktop komputer jadul pada masa itu. Kalian juga harus memperhatikan credit yang menjadi nyawa kalian saat permainan berlangsung. Mungkin judul game ini menjadi game fps pertama yang kalian mainkan sebelum battle royale menjadi tren saat ini.

Demikian deretan game jadul di komputer/PC jadul yang bisa membangun atmosfer nostalgia kamu sekalian brott. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk kalian yang masih memiliki perangkat “kentang” dan merana tidak bisa memainkan game-game kekinian dengan nyaman. Jika masih ada judul game yang belum masuk daftar bisa komen di bawah ini, kamu yang pernah memainkan game diatas juga harus komen.

Exit mobile version