NPC Baldur’s Gate 3 — Siapa sangka bahwa video game ini telah mendapatkan beberapa pujian yang cukup positif untuk beragam aspek dalam game tersebut. Beberapa aspek dalam game ini pun patut mendapatkan apresiasi lebih, terutama dari aspek NPC yang terlihat begitu hidup.
Berbicara soal NPC, sepertinya salah satu developer Baldur’s Gate 3 mengungkapkan beberapa hal menarik terkait dengan proses pembuatan para NPC tersebut. Ia pun menyatakan beberapa poin dalam thread Twitter (sekarang X) miliknya.
Performance Director, Aliona Baranova Ungkap Proses Pembuatan NPC Baldur’s Gate 3
Sang Performance Director dari Larian Studios, Aliona Baranova, ungkapkan bahwa pembuatan NPC ini telah melibatkan banyak sekali aktor yang digunakan untuk menghidupkan nuansa gameplay dari game ini. Aliona mengungkapkan ada setidaknya 248 Aktor yang telah berperan secara real-time dalam pembuatannya.
Melalui postingan dari akun Twitter ‘X’ miliknya, ia berperan sebagai seorang Performance Director, sebuah jabatan yang bertanggung jawab atas ‘akting’ seluruh karakter yang hadir pada game ini. Jabatan ini pun diketahui juga bekerja sama dengan Voice Director untuk pembuatan para NPC ini.
Aliona mengungkapkan alasannya mengapa semua NPC Baldur’s Gate 3 ini terlihat begitu hidup adalah karena semua pembuatannya ditangkap secara penuh menggunakan motion capture. Ini juga termasuk rekaman suara para karakter yang membuatnya semakin terlihat akurat pada hasil akhir.
Ia menyatakan bahwa semua animasi, gerakan kecil dari karakter, dialog karakter dan lainnya merupakan hasil tangkapan penuh yang membuat para karakter memiliki ciri khas serta kepribadian yang cukup menggugah para pemain.
Aliona mengungkapkan pula bahwa semua tangkapan gerakan serta dialog ini juga terbatas, seperti hadir atau tidaknya aktor tersebut atau aktor tersebut hanya perlu mengisi suara untuk karakter hewan yang bisa berbicara. Bagi Aliona, semua hal tersebut dilakukan demi pengalaman bermain yang lebih baik bagi para pemain.
Utamakan Sebuah Profesionalitas dan Kualitas pada Pembuatan Karakter dan NPC
248 Aktor memang terdengar cukup sulit untuk dilakukan bagi sebuah studio yang telah mencoba melakukan pendekatan seperti ini. Proses pembuatan Baldur’s Gate 3 sendiri diketahui telah memakan waktu sekitar 6 tahun lamanya demi sebuah kualitas yang diinginkan.
Terlepas dari kualitas yang telah diberikan, developer sepertinya semakin meningkatkan kualitasnya kembali dengan merilis patch notes yang mencapai lebih dari 1000 perbaikan. Sepertinya, game ini pun juga memiliki beberapa celah dan bug yang masih perlu ditumpas habis.
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Baldur’s Gate 3 atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.