[RUMOR] NVIDIA Bakal Rilis GPU AI Setiap Tahun, Apa Kabar VGA Gaming?

Gpu Ai

Bukan rahasia bila NVIDIA untung besar dari penjualannya di kartu grafis yang diperuntukkan ke data center. Apalagi dengan booming AI seperti ChatGPT dan kawannya ini semakin memperkuat posisi merka sebagai satu-satunya brand pemasok kartu grafis berkemampuan tinggi untuk komputasi generative AI.

Berkat itu pula dikabarkan kubu hijau masih akan terus fokus pada bisnis cuan ini. Ditambah pula kubu hijau untuk saat ini belum ada kompetitor berarti. Apakah ini pertanda mereka akan beralih profesi sebagai pemasok GPU untuk AI saja?

NVIDIA Rilis GPU AI Setiap Tahun, Rencanakan Arsitektur Baru

Mau rilis GPU untuk AI setiap tahun?

Rumor soal rival seperti Google, Amazon, dan bahkan AMD juga mengembangkan kartu grafis serupa. Ini menjadi pertanda kalau kubu hijau tidak bisa terus tinggal diam dan leha-leha menikmati profit hasil penjualan selama ini.

Menurut sumber Semianalysis, dikabarkan pula mereka akan mulai mempercepat pengembangan GPU kelas tinggi alias kartu grafis yang identik diperuntukkan bagi komputasi generative AI saat ini.

GPU H100

NVIDIA kabarnya akan merilis arsitektur baru setiap tahun. Kubu hijau sendiri sudah punya jadwal rilis GPU kelas H200, B100, dan X100. Ditambah pula mereka juga sudah punya pandangan kedepan dengan rancangan fitur seperti integrasi memory HBM3E berkecepatan tinggi, PCIe 6.0, PCIe 7.0, NVLink, serta Ethernet 1,6T 224G SerDes.

Sumber Katakan NVIDIA Borong Komponen VGA

GPU datacenter

Taktik NVIDIA ini menurut sumber diatas, bisa dikategorikan sebagai anti-kompetitif terkait strategi penjualan dan bundling. NVIDIA juga dikatakan mengambil hampir semua pasokan untuk komponen upstream kartu grafis seperti SK Hynix, Samsung, dan Micron IBM.

Rumornya juga mereka sudah membeli banyak pasokan memory bandwidth tinggi alias HBM hingga banyak perusahaan lain yang tidak dapat bagian selain Google dan Broadcom. Apapun itu, yang jelas kubu hijau masih belum ingin mundur dari bisnis cuan ini dengan memborong komponen produksi kartu grafis AI.

Pertanyaan berikutnya, apa kabar VGA GeForce setelah ini? Bagaimana menurut kalian brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version