Tegaskan Hanya untuk Gaming, Nvidia Batasi Kemampuan Mining RTX 3060, 3070, & 3080

Pembatasan Mining Gpu Rtx Nvidia

Merupakan sebuah mimpi buruk tentunya bagi para gamer-gamer PC melihat kumpulan harga GPU atau VGA yang ada saat ini. Keberadaan aktivitas mining yang merajalela membuat harga GPU kembali melonjak ke tingkat yang sama sekali tidak pernah mereka harapkan. Sehingga pilihan yang ada; mau rela menyiapkan uang lebih, atau bersabar ?

Berbicara tentang harapan, nilai dari banyak mata uang cryptocurrency sebagai nafkah yang tengah diincar oleh para miner saat ini kebetulan sedang terjun bebas. Mulai dari kebijakan baru pemerintah Cina sampai tweet Elon Musk, ada semacam angin segar yang sekarang nampak sedang dirasakan oleh pihak gamer. Belum lagi ditambah dengan upaya Nvidia dalam memitigasi budaya atau fenomena di dunia digital tersebut.

Khusus untuk yang terakhir, Nvidia sepertinya cukup memahami rasa frustasi dari sebagian besar para gamer PC. Sehingga dari sana, muncul inisiatif untuk ikut memerangi miner yang gemar mencaplok habis distribusi produk GPU-GPU yang ada di pasar.

Dilansir melalui blog resminya, Nvidia berencana untuk menurunkan daya hash rate dari GPU yang tengah mereka produksi tanpa mengorbankan segala performa pemrosesan grafis yang ada. Meski ini bukanlah hal yang baru untuk RTX 3060 di versi TI, Nvidia rupanya juga akan mengaplikasikan hal tersebut untuk seri RTX 3070 dan 3080 lewat pengaturan “Lite Hash Series(LHS). Dengan terbatasnya kemampuan Hash demi memperlambat proses mining, mereka (Nvidia) percaya bahwa itu merupakan satu langkah krusial dalam mendistribusikan VGA dengan harga normal di hadapan gamer.

 

Hal yang masih perlu diperhatikan

Seperti yang sudah kalian janggalkan, GPU monster seperti RTX 3090 sayangnya tidak mendapatkan nerf tersebut. Mungkin dengan alasan harga jualnya sudah terlalu tinggi, Nvidia di sini baru akan mulai memberlakukan limitasi hash rate untuk 3 seri GPU RTX di bawah 3090 yang tengah dimanufaktur sejak pertengahan bulan Mei ini. Nantinya, akan ada tanda info yang spesifik dari listing di toko retail hingga box produk untuk mengenali apakah GPU tersebut dilengkapi dengan fitur pengurangan hash rate atau tidak ?

Secara khusus, fitur limitasi ini akan memangkas efisiensi penggunaan VGA untuk mining sebanyak sekitar 50%. Sayangnya hal itu masih hanya diperuntukkan dalam mendeteksi aktivitas mining pada Etherium saja, bukan mata uang crypto yang lain. Sekiranya, sama saat Nvidia pertama kali memperkenalkan fungsi fitur tersebut untuk RTX 3060.

Karena diperkirakan sama persis, nampak ada kekhawatiran bila Nvidia bisa kembali membuat sedikit blunder dengan merilis software driver versi beta yang dapat membuka kunci mining secara single GPU dari RTX 3070 atau 3080. Mengingat hal itu sebelumnya sempat terjadi pada RTX 3060.

Terlepas dari kasus kebocoran tersebut, Nvidia masih tetap punya niat dalam meluruskan kodrat GPU RTX seri 30 sebagai komponen hardware yang secara utama dikhususkan untuk gaming, bukan mining. Secara logika, para miner seharusnya akan lebih memprioritaskan berjibun-jibun VGA dengan kapasitas Hashrate yang maksimal ketimbang yang tidak.

Namun bila hanya mengukur dari upaya itu saja, tentunya belum pasti bahwa harga GPU Nvidia bisa turun ke arah yang normal dalam waktu singkat. Karena dari langkah penanganan yang masih belum sempurna, ancaman lain dari pihak Scalper atau penimbun pun juga bisa ikut mengintai.

Sumber: Nvidia


Baca pula informasi terkait Nvidia dan kabar-kabar menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version