Nvidia, Intel, dan Windows 10 Semakin Mendominasi Di Kalangan Pengguna Steam Akhir Tahun 2016

asgdgreg

Salah satu platform penyedia penjualan digital paling populer di kalangan pengguna PC, Steam setiap bulannya selalu mengeluarkan hasil survey hardware dan software yang mereka lakukan terhadap para penggunanya. Hasilnya, kita bisa memantau kecenderungan hardware apa sajakah yang digunakan oleh semua pengguna Steam. Dan pada survey yang dirilis untuk November 2016 pada akhir bulan lalu tersebut menunjukkan dominasi Nvidia sebagai kartu grafis pilihan para gamer di Steam, dan Intel sebagai Processor yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Steam.

Dalam survey tersebut ditunjukkan bahwa untuk kartu grafis, Nvidia tetap mendominasi dengan 58,62% dari total pengguna Steam atau lebih dari setengah pengguna Steam. Sedangkan AMD harus puas di posisi kedua dengan 23,46%, dan Intel berada di posisi 3 dengan 17,48%. Yap kamu tidak salah, bahwa masih ada lebih dari 15% dari pengguna Steam yang masih mengandalkan VGA on board milik Intel dalam memainkan gamenya. Sedangkan untuk urusan Processor, Intel malah mendominasi total dengan 78.5%, menyisakan sebesar 21,5% untuk AMD.

Lebih lanjut, mayoritas pengguna Steam juga sepertinya telah mengupgrade hardware mereka. Terlihat dari pergerakan penggunaan Quad-Core CPU yang naik sebesar +3.960%, serta penggunaan kartu grafis yang telah mendukung DX12 yang ditandemkan dengan OS Windows 10 sebesar 50,62%. Kelihatannya tuntutan game-game masa kini yang memang terbilang tinggi ikut memaksa para pengguna Steam untuk meningkatkan performa PC/Laptop yang mereka miliki.  Untuk urusan VR, HTC Vive mendominasi dengan 61,36%. Meskipun tidak ketahui seberapa besar kenaikan pasar pengguna VR di Steam tersebut.

Kamu sendiri berada dimana, brott? Apakah di kawasan mayoritas dari gamer Steam lainnya, atau kamu berada di kalangan minoritas?

 

Exit mobile version