NVIDIA GT 1010 Resmi Meluncur dan Sasar Pasar ‘Sekedar Display’

Nvidia Gt 1010

Melihat tren kelangkaan kartu grafis yang melanda alias chip shortage, tidaklah sedikit mereka yang berencana untuk gunakan kartu grafis seadanya terlebih dahulu. Namun, tidaklah sedikit pula mereka keluhkan minimnya kartu grafis generasi terbaru yang mendukung sistem operasi terbaru. NVIDIA GT 1010 seolah jadi jawaban atas semua kegalauan mereka.

NVIDIA GT 1010, Penerus dari GT 710

Kartu grafis yang terbilang ‘legendaris’, GT 710, tampaknya kini resmi dapat penerusnya, yaitu NVIDIA GT 1010. Kartu grafis yang dibuat untuk mereka yang hanya meminta ‘sekedar display’ tersebut, dibuat demi memuluskan dukungan sistem operasi Windows 11.

Kemunculan dari NVIDIA GT 1010 pertama kali terlihat pada situs jual-beli yang cukup terkenal, yaitu Taobao. Beberapa brand tawarkan kartu grafis ‘sekedar display’ tersebut di antaranya adalah Lenovo, dan Leadtek.

Di bawah ini adalah penampakan dari kartu grafis yang menyasar pasar ‘sekedar display’ tersebut:

Awalnya, NVIDIA GT 1010 sama sekali takkan diluncurkan untuk pasar retil, dan lebih ingin bermain ‘aman’ di OEM. Namun, berkat chip shortage yang melanda, tampaknya semua bisa dilakukan.

Berbicara spesifikasi, kartu grafis ini sama sekali tidak tawarkan kemampuan yang ‘wah’. Dibekali 256 CUDA Cores, 16 Texture Units, 16 Render Backends, dan VRAM 2GB yang hadir dalam varian DDR4 dan DDR5.

Di atas kertas, kemampuan dari kartu grafis ini benar-benar identik dengan kakaknya, GT 1030 varian DDR4. Satu-satunya nilai tambah kartu grafis ini ialah konsumsi dayanya yang hanya 20W.

Melihat spesifikasi di atas, kartu grafis ‘sekedar display’ ini tampak eksis hanya untuk sekedar tampilkan gambar di layar ketika kita gunakan prosesor tanpa integrated. Tentunya, hal ini sudah dievaluasi oleh para OEM, namun entah apa yang mendorong sampai NVIDIA luncurkannya secara bebas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version