NVIDIA: Harga GPU akan Terus Meningkat Hingga Pertengahan Tahun 2018

in ,
NVIDIA katakan takkan adanya penurunan harga GPU sampai pertengahan tahun.

Kontroversi miner dan gamer menjadi salah satu polemik yang berkelanjutan akan kelangkaan GPU. Berkurangnya stok GPU akibat diborong oleh miner cryptocurrency membuat harganya semakin meningkat beberapa bulan terakhir. Hal ini sepertinya akan terus berlanjut hingga pertengahan tahun ini.

Keadaan ini juga diamini oleh salah satu perusahaan GPU terbesar di dunia, NVIDIA yang mengatakan pada Massdrop bahwa harga GPU akan terus meningkat hingga kuartal ketiga tahun 2018 atau sekitar bulan Juli-September. Menurut “si hijau”, dua alasan utama yang memicu hal ini adalah mining dan kurangnya vRAM. Seperti yang telah kita ketahui, miner terus memborong GPU teranyar keluaran NVIDIA dan AMD, membuat mereka sendiri kelabakan untuk memasoknya ke seluruh dunia.

Sementara di sisi lain, Apple dan Samsung mau membayar lebih untuk GPU yang mereka gunakan dalam produksi smartphone mereka. Hal ini berakibat pada vendor seperti MSI, Gigabyte, Asus, dan EVGA karena tidak mendapatkan jatah material dari pusat untuk memproduksi GPU untuk PC.

Jadi, bagi kamu yang saat ini ingin merakit PC Gaming atau PC Enthusiast, sepertinya tahun ini merupakan tahun yang kurang baik karena produksi GPU yang semakin menurun dengan harga yang sangat tinggi.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]