NVIDIA Kenalkan G-SYNC Pulsar, Gabungkan 2 Teknologi Sekaligus

G Sync Pulsar

NVIDIA sepertinya punya segudang fitur baru yang mereka umumkan di ajang CES 2024. Salah satu yang mungkin bakal dapat perhatian dari gamer dan tech enthusiast adalah dikenalkannya teknologi baru G-SYNC Pulsar.

Lantas apa bedanya dengan teknologi G-SYNC yang sudah ada dan tersedia secara umum di banyak monitor gaming pasaran saat ini? Setidaknya NVIDIA menyematkan 2 teknologi secara bersamaan dalam 1 paket yang mereka sebut Pulsar.

NVIDIA Umumkan Teknologi NVIDIA G-SYNC Pulsar

Perbedaan Pulsar On dan Off (Sumber: NVIDIA)

Melansir dari halaman berita resmi NVIDIA, dikabarkan kalau teknologi terbaru yang mereka beri nama Pulsar ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari teknologi VRR yang sebelumnya sudah lebih dulu ada di G-SYNC biasa.

Teknologi ini menggabungkan berbagai bagian dari Variable Refresh Rate yang sebelumnya sudah ada beserta ULMB atau Ultra Low Motion Blur. Gabungan kedua teknologi ini akan membuat gambar yang dihasilkan ketika gaming akan terlihat mulus dan tanpa adanya motion blur sama sekali.

NVIDIA juga ungkap kalau kejernihan pergerakan akan mencapai 1000Hz pada beberapa monitor pilihan dengan teknologi Pulsar. Ia pun mencontohkannya dengan monitor yang akan rilis tidak lama lagi yaitu Asus ROG Swift PG27 Series.

Pulsar Bisa Kurangi Motion Blur dan Flickering

Sumber: NVIDIA

Tim hijau sendiri menamakan kedua teknologi baru tersebut dengan Adaptive Overdrive dan Pulse Modulation. Pada Adaptive Overdrive, G-SYNC Pulsar akan secara dinamis mengatur transisi warna suatu pixel dari satu warna ke yang lain. Implementasinya akan membantu secara signifikan mengurangi motion blur dan ghosting.

Sedangkan Pulse Modulation bekerja dengan mengurangi flicker yang biasanya muncul dan mengurangi kenyamanan. Kedua teknologi ini akan bekerja sama untuk memberikan pengalaman menatap layar lebih baik lagi ketika bermain game.

NVIDIA juga umumkan kalau teknologi G-SYNC juga akan hadir di GeForce Now. Mereka yang menggunakan layanan cloud gaming NVIDIA akan bisa menikmati VRR jika menggunakan monitor yang kompatibel.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version