[Rumor] NVIDIA Pangkas Produksi RTX 4070, Pertanda Kurang Laku?

Nvidia Pangkas Produksi Rtx 4070

Perilisan VGA baru seharusnya menandakan penjualan yang melambung tinggi. Apalagi VGA seri midrange seperti kelas 70 dari NVIDIA sudah wajar lebih laku karena terjangkau oleh banyak calon pembeli. Tapi sayang sekali tampaknya perilisan VGA kelas 70 kali ini tidak semulus yang diperkirakan.

VGA dimaksud adalah NVIDIA RTX 4070 yang baru saja rilis beberapa waktu lalu. Seri ini dijual seharga $599 untuk harga eceran yang disarankan di pasar AS sana. Harga ini dinilai masih terlalu tinggi untuk beberapa konsumen yang sudah mengincar VGA ini sejak lama.

NVIDIA Pangkas Produksi RTX 4070 Karena Kurang Laku

VGA NVIDIA kelas 70 terbaru

Namun ternyata ada rumor yang mengatakan NVIDIA akan memangkas produksi dari RTX 4070 karena punya performa yang buruk di pasar. Menurut sebuah sumber dari Cina yaitu Board Channel Forums, NVIDIA akan mengurangi supply dari kartu grafis ini selama sebulan kepada beberapa partner AIC mereka.

Performa seri 70 RTX

Hal ini mengimplikasikan rumor sebelumnya yang mengatakan jika kartu grafis terbaru dari NVIDIA ini memang tidak begitu laku di pasaran. Nyatakan stok di beberapa toko besar juga masih banyak bersisa. Menandakan memang sedikit yang mengincar kartu VGA ini.

Harga yang Terlampau Dekat dengan RTX 3080

Tawarkan harga yang mirip dengan 3080

Harga yang terlampau dekat dengan RTX 3080 juga menjadikannya salah satu alasan mengapa gamer dan calon konsumen lebih memilih VGA generasi sebelumnya tersebut. Secara performa pun RTX 4070 punya nilai yang tidak berbeda jauh dari seri flagship generasi sebelumnya RTX 3080. 

Perbandingan dengan flagship generasi sebelumnya

Keunggulan yang ditawarkan sebatas teknologi yang hadir eksklusif di GPU Ada Lovelace yaitu DLSS 3 dan kemampuan RT yang lebih baik. 4070 juga lebih efisien dibanding 3080, bahkan der8auer seorang overclocker ternama lebih menyarankan membeli 4070 dibanding 3080 hanya karena alasan efisiensi daya. Wajar saja karena dia sendiri tinggal di Jerman yang kini sedang mengalami kenaikan harga listrik imbas perang yang sedang terjadi pada Russia-Ukraina.

NVIDIA tentu harus memikirkan potongan harga jika ingin VGA tersebut dibeli oleh gamer. Jika tidak tentu RTX 3080 masih jadi pilihan terbaik di rentang harga yang sama jika kalian mengincar VGA tim hijau.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version