[RUMOR] NVIDIA Mau Rilis RTX 3050 Baru dengan Spesifikasi Lebih Rendah?

Rtx 3050 Baru

Pengamat dunia PC pasti tidak asing dengan RTX 3050 besutan NVIDIA. Selain menawarkan performa yang biasa saja, kartu grafis ini memang masuk rekomendasi kebanyakan pengguna kalau mengincar VGA bajet.

Tapi, kubu hijau sepertinya belum mau setop. Beredar rumor yang katakan kalau NVIDIA sedang merencanakan kartu grafis baru, yang bukan seri 4000. Melainkan adalah versi baru dari RTX 3050?

Rumor NVIDIA Mau Rilis RTX 3050 6GB

NVIDIA mau rilis VGA bajet baru?

Melansir dari Wccftech, NVIDIA dirumorkan sedang meracik kartu grafis bajet rendah yang akan punya TGP lebih rendah dari RTX 3050 saat ini. Pasalnya, TGP dikabarkan hanya mencapai 70 Watt saja.

Kabar baiknya, berarti kartu grafis ini tidak lagi gunakan kabel power tambahan seperti kartu grafis pada umumnya. Cukup hanya andalkan daya yang bisa dipasok dari slot PCIe. Sayangnya tidak semua terdengar bagus karena tentu ada lagi yang harus dipangkas demi bisa mencapai TGP serendah itu.

Bukan seri 4000, malah seri 3000?

Rumor mengatakan kalau beberapa spesifikasi juga turut diturunkan dari RTX 3050 saat ini. Mulai dari memory bus yang kini hanya tersisa 96-bit serta 6GB VRAM (versi sekarang 128-bit dan 8GB VRAM. Clock speed juga dikabarkan berkurang dari 1777 MHz ke 1470MHz.

Rilis RTX 3050 Baru, Untuk Siapa?

Ditujukan untuk siapa?

Masih belum jelas apakah CUDA cores, Tensor Cores dan spesifikasi lainnya juga turut dipangkas NVIDIA. Yang jelas, apapun itu yang diracik oleh NVIDIA saat ini, sulit rasanya merekomendasikan kartu grafis tersebut, apalagi kalau harga tidak terlalu bersaing dengan kompetitor.

Lalu, untuk siapa target pasar VGA baru ini? Mungkin saja bagi mereka yang butuh build PC mini dan tidak boros listrik, pilihan ini cocok-cocok saja bagi mereka. Tanpa adanya kabel power tambahan, berarti build lebih sederhana dan lebih cocok untuk casing PC kecil yang punya ruang terbatas.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version