NVIDIA RTX 3050 Refresh Meluncur, Goda Konsumsi Daya Lebih Bersahabat

Nvidia Rtx 3050 Refresh

Nvidia Rtx 3050 Refresh

Rasanya kita cukup menanti beberapa hari sebelum bertemu tahun baru yang konon hadirkan sesuatu yang baru. Kubu hijau tampaknya curi start dengan luncurkan NVIDIA RTX 3050 Refresh, yang diklaim lebih hemat daya. Namun, sehemat apakah itu? Yuk, kita cari tahu bersama!

NVIDIA RTX 3050 Refresh Tanpa Kehadiran Embel-Embel ‘Ti’

Pada bulan Januari 2022, kartu grafis ray-tracing murah nan ekonomis dari kubu hijau diluncurkan untuk menyasar mereka yang tertarik icip-icip fitur tersebut. Kini, NVIDIA RTX 3050 Refresh diluncurkan untuk kuatkan lini ‘terjangkau’ yang bisa manfaatkan teknologi olah cahaya tersebut.

Bila generasi terdahulu dari kartu grafis ray-tracing ekonomis ini hanya dibekali arsitektur Ampere GA106, kini NVIDIA RTX 3050 Refresh tetap bawa arsitektur yang sama, namun dengan SKU berbeda, yakni GA107.

NVIDIA yang luncurkan VGA tanpa embel-embel ‘Ti’ ini merasa bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk memberikan gamer maupun content creator sebuah alternatif dalam memilih kartu grafis terbaik.

Bakal Lebih Hemat Daya

Menariknya, NVIDIA RTX 3050 Refresh yang merupakan kartu grafis generasi terbaru ini tak ada perbedaan secara spesifikasi Melansir Wccftech, SKU GA107 ini tetap memiliki 2.560 CUDA Cores, yang artinya masih sama dengan generasi terdahulu.

Kalian bisa mengeceknya lalui gambar salah satu brand yang hadirkan RTX 3050 versi refresh tersebut di bawah ini:

Nah, berdasarkan gambar di atas, tampaknya kubu hijau tampaknya serius kejar konsumsi daya yang lebih hemat, yaitu di kisaran 115 Watt. Tentunya konsumsi daya tersebut hanya selisih 15 Watt dari RTX 3050 versi ‘biasa’ yang ada di kisaran 130 Watt.

Entah kebetulan atau tidak, namun rasanya ini bakal ada kaitannya dengan pernyataan dari CEO Intel yang katakan bahwa sebuah kartu grafis tak melulu harus haus listrik demi kejar performa.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version