NVIDIA RTX VSR Meluncur, Tawarkan Kualitas Upscale yang Lebih Baik

Nvidia Rtx Vsr

Bulan Maret ini tampaknya kita bakal ‘kenyang’ disuguhkan fitur upscale dari bermacam raksasa teknologi. Tak mau kalah, kubu hijau pun luncurkan fitur NVIDIA RTX VSR yang goda kualitas lebih solid dari kompetitor.

Spesifikasi yang Dibutuhkan untuk Jalankan NVIDIA RTX VSR

Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya, untuk menikmati fitur NVIDIA RTX VSR ini tetaplah membutuhkan spesifikasi yang ternyata cukup modern. Hal serupa pun dibutuhkan oleh fitur yang diimplementasikan Intel dan Microsoft Edge.

Fitur VSR ala NVIDIA yang baru bisa dinikmati dengan VGA tertentu

Melansir situs resminya di sini, untuk menjajal fitur upscale ala kubu hijau tersebut kalian wajib memiliki VGA minimal RTX 3000 atau RTX 4000 Series. Belum jelas apakah ke depannya para pemilik RTX 2000 bakalan bisa menikmati fitur upscale dari kubu hijau tersebut.

Ini dikarenakan fitur upscale NVIDIA RTX VSR membutuhkan kemampuan AI yang bisa dikatakan cukup masif, yang tentunya masih belum dimiliki oleh RTX generasi terdahulu.

Video Super Resolution yang Bisa Dongkrak Resolusi dari 1080P Sampai 4K

Untuk mencicipi fitur NVIDIA RTX VSR, pastikan kalian telah mengunduh Game Ready Driver terbaru dengan seri 531.18 WQHL. Dengan driver anyar yang ditujukan hanya untuk Windows 10 dan Windows 11 tersebut, kalian bisa coba fitur upscale yang ditawarkan oleh NVIDIA.

Kemampuan upscale-nya pun tidak main-main, karena kubu hijau janjikan bisa dongkrak resolusi video dari resolusi 1080P ke 4K tanpa masalah, yang dapat kalian lihat hasilnya di bawah ini.

Hasil uji coba NVIDIA Upscale dari 1080P ke 4K

Hal menarik yang berhasil kamu sorot ialah NVIDIA bolehkanmu mempertajam kualitas video dari platform online streaming kenamaan. Sebut saja YouTube, Netflix, Hulu, atau Twitch, dari resolusi standar (native) ke resolusi 4K.

Menghilangkan artifak atau kotak-kotak pada sebuah objek dengan bantuan AI

Sebagaimana implementasi fitur Video Super Resolution lainnya, NVIDIA benar-benar serius untuk hadirkan pengalaman menonton yang imersif. Gambar di atas menunjukkan beda yang bisa dikatakan cukup masif. Gambar kiri menunjukkan gambar 1080P upscaled, dan gambar kanan beresolusi 4K dengan bantuan VSR.

NVIDIA kembali jelaskan bahwa fitur upscale miliknya dibuat sedimikian rupa untuk eliminasi artifak, supaya video yang ditonton akan benar-benar miliki kualitas layaknya resolusi asli.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version