[RUMOR] NVIDIA Hentikan Produksi RTX 4070 Ti dan 4080 Karena Bakal Rilis Varian ‘Super’

Produksi Rtx 4070 Ti

Tak terasa sudah setahun sejak NVIDIA mengenalkan seri RTX 4000 ke publik. Mulai dari varian tertinggi RTX 4090 hingga kelas midrange semuanya sudah rilis dan dapat dinikmati oleh khalayak ramai. Beberapa diantaranya memang tidak mendapat sambutan baik dari reviewer maupun user yang ingin upgrade dari generasi sebelumnya. 

Meski baru setahun beredar, tampaknya NVIDIA sudah berencana untuk ‘membunuh’ dua VGA generasi terbaru mereka, kenapa?

NVIDIA Dirumorkan Stop Produksi RTX 4070 Ti dan RTX 4080

Kabarnya mau distop produksi

Melansir dari China Board Channels (via Wccftech), NVIDIA dikabarkan mau menghentikan produksi dua kartu grafis mereka. Unit yang dipangkas pun sebenarnya adalah varian yang lumayan tinggi yaitu RTX 4070 Ti dan RTX 4080.

Informasi dari forum ini katakan kalau seorang user yang dekat dengan AIB partner bocorkan informasi kalau kedua GPU tersebut sudah tidak lagi masuk ke produksi massal dan dalam tahap diskontinyu.

Tidak dapat sambutan baik di pasar

Kedua kartu grafis ini memang tidak sesuai yang sudah disebut di awal tadi; tidak mendapatkan sambutan antusias para enthusiast. Alasan utamanya tidak lain disebabkan harga MSRP yang dipatok oleh NVIDIA terlampau tinggi dengan spesifikasi yang tidak bersaing dengan kompetitor.

Kedua VGA Itu Nantinya Digantikan Sama Versi ‘Super’

Bakal tergantikan oleh varian Super

Sebagai gantinya, NVIDIA akan membekali pasar dengan varian baru bertemakan ‘SUPER’ yang sudah lama sekali tidak terdengar. Kedua kartu grafis yang dimatikan ini akan digantikan oleh RTX 4080 Super dan RTX 4070 Ti Super yang punya pengangkatan performa sampai 15% lebih tinggi. Terutama pada varian Ti Super dimana akan adanya penambahan VRAM, kabarnya.

Jika berita ini benar adanya, kemungkinan NVIDIA akan menggunakan momentum musim liburan ini untuk menghabiskan stok. Kabarnya pula varia SUPER yang dimaksud ini akan mulai diperkenalkan di bulan Januari 2024 nanti.

Entah benar atau tidak, tampaknya kita memang harus menunggu pengumuman resmi dari NVIDIA terkait kabar resminya. 


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version