19 Operator Rainbow Six Siege Terbaik yang Mudah Digunakan oleh Pemula


Follow Us
Ngga termasuk yang “lebih baik jangan”.

Sejak perilisannya tahun 2015 silam, Tom Clancy’s Rainbow Six Siege mengajakmu untuk memainkan role tertentu dalam gamenya. Tak hanya sekedar baku tembak, kamu juga bisa membantu rekan satu tim-mu dengan beberapa kemampuan unik masing-masing. Menjadi umpan, menandai, hingga berikan serangan kejutan bagi mereka.

Nulis artikel dibayar

Untuk bisa melakukan banyak hal tersebut, maka kamu harus menguasai operator tertentu. Berikut adalah beberapa rekomendasi operator kami yang mudah digunakan oleh kamu yang baru memainkan gamenya akhir-akhir ini.

Rekomendasi ini kami bagi atas beberapa kategori:

  1. Wajib punya
  2. Berguna
  3. Lebih baik jangan digunakan

Perlu diingat, operator berikut dipilih bagi mereka yang baru saja memainkan gamenya. Jadi, kami tidak merekomendasikan beberapa operator yang cukup sulit dimainkan. Apa saja rekomendasinya? Yuk simak melalui daftar di bawah!

Attacker Operator

Wajib Punya

1. Thermite dan Hibana


Dua operator ini merupakan operator breacher yang wajib kamu miliki, pasalnya gadget mereka mampu menembus tembok yang direinforced atau dilapisi oleh lapisan besi oleh defender. Memudahkanmu dan timmu untuk masuk ke poin-poin vital pertahanan musuh.

Salah satu hal yang membedakan Thermite dan Hibana adalah jarak di mana mereka bisa memasang gadgetnya. Thermite mampu memasang peledak di jarak dekat dan membuat lubang yang besar. Sementara Hibana mampu menembakkan KAIROS pellet-nya dari jarak yang cukup jauh, namun dengan lubang yang tak seberapa. Kamu bisa menembakkan gadgetmu tiga kali untuk membuat lubang seperti Thermite.

2. Maverick


Operator yang baru saja dirilis kemarin ini sangat wajib kamu miliki berkat gadgetnya yang nyaris tak terdengar. Ia miliki blowtorch yang mampu menjebol dinding besi. Buatmu mampu menyergap para defender tanpa diketahui banyak orang. Cukup buat lubang kecil di dinding/lapisan kayu atau besi dan have fun main “intip-intipan”.

3. IQ


Salah satu operator yang terkenal berkat meme pantatnya yang seksi ini sangat berguna untuk mendeteksi semua gadget musuh termasuk bom. Rolenya memang bukan sebagai “penghancur”, namun lebih ke support-attacker yang mampu mematikan nyaris semua jebakan yang dipasang musuhmu. Menggunakan IQ berarti kamu telah siap untuk berkomunikasi dengan rekan satu timmu, untuk memberitahu mana saja gadget musuh atau bom yang harus kamu jinakkan.

4. Thatcher


Satu lagi operator support-attacker yang wajib kamu miliki. Ia miliki granat EMP yang mampu mematikan semua peralatan elektronik musuhmu. Sebelumnya granat yang ia miliki bisa menghancurkannya, namun kini ia hanya bisa mematikan sementara berkat update teranyar yang diimplementasikan ubisoft.

Kamu tak perlu masuk ke wilayah musuh lebih dalam untuk mematikan jebakan, cukup lempar di tempat yang kira-kira dipasang trap dan tunggu granatmu bekerja.

BACA JUGA  Tanggal Rilis Operation Wind Bastion Diumumkan untuk Rainbow Six Siege

5. Twitch


Berbeda dengan drone biasa, drone yang dimiliki Twitch nyaris tak bersuara. Ia mampu tembakkan taser yang bisa hancurkan semua gadget musuh yang dipasang sebelum permainan dimulai. Ia juga bisa melukai musuhmu selama amunisinya masih ada.

Terdengar overpower? Tentu tidak, drone Twitch adalah satu-satunya drone yang tak bisa loncat. Buatmu harus berpikir kembali untuk melemparkannya.

 

Berguna

1. Montagne


Anchor-tank di Rainbow Six Siege. Salah satu attacker yang miliki full-body shield yang tak bisa ditembus oleh apapun. Perisainya terbagi atas dua mode: light shield dan full-body heavy shield. Pada saat light shield, ia mampu membawa handgun yang bisa kamu tembakkan ke musuh sembari berlindung di balik perisaimu.



Seperti pasukan serbu khusus sungguhan, ia merupakan operator yang wajib berada di lini depan untuk membantu rekan-rekanmu menembus pertahanan musuh. Full-body shieldnya bisa tahan terhadap trap kapkan jika kamu tak miliki IQ atau Thatcher di timmu.

2. Ying


Dengan candela yang dimilikinya, Ying mampu berikan efek silau seperti granat flashbang untuk membutakan musuhmu. Setiap gadgetnya berisi enam amunisi yang bisa digunakan layaknya granat, maupun ditempel di lapisan kayu dengan timer yang bisa kamu tentukan. Semakin lama timernya, maka semakin lama pula candela yang akan meluncur.



Candela milik Ying sangat berguna untuk misi penyelamatan hostage atau defuse bomb. Sayangnya hanya Ying saja yang takkan terkena efek gadgetnya sama sekali, jadi kamu wajib berkoordinasi dengan rekan satu timmu untuk memaksimalkan kemampuannya.

3. Sledge


Ingin operator yang bisa sekali jebol permukaan kayu dalam sekali serang? Sledge jawabannya. Ia membawa palu besar untuk menjebol lapisan dan barikade kayu yang dipasang defender.



Sledge mampu daratkan serangan kejutan bagi para defender yang asyik nongkrong di tempatnya. Palunya juga bisa digunakan untuk membunuh musuhmu dalam sekali pukul.

4. Ash


Sama seperti Sledge, ia juga bisa menjebol permukaan lunak seperti kayu. Bedanya, ia hanya bisa digunakan beberapa kali saja dari jarak jauh. Memudahkanmu berikan jarak aman apabila musuh kaget dan kabur setelah pertahanan mereka berhasil dijebol.



Kecepatan lari Ash yang sangat tinggi kerap kali buat defender yang miliki aim pas-pasan kewalahan melawannya. Kalo kamu tipe pemain CoD atau Call of Duty dengan segala kecepatannya, maka mungkin operator yang satu ini cocok dengan gaya permainanmu.

5. Buck


Miliki shotgun yang praktis karena disematkan di senapannya, buat Buck miliki role yang sama seperti Ash dan Sledge. Amunisi shotgunnya yang cukup banyak bisa untuk menjebol lapisan kayu atau dinding plester dengan mudah. Ia juga bisa digunakan untuk keadaan darurat ketika berduel dengan musuhmu di jarak cukup dekat, namun peluru senapanmu habis.

BACA JUGA  Ubisoft Umumkan Game Baru Far Cry, Angkat Tema Post-Apocalyptic?

 

Lebih Baik Jangan Digunakan

1. Fuze


Terkenal dengan meme hostagenya, granat Fuze memang mematikan, namun juga tak pandang bulu. Posisinya sebagai penggempur sangat krusial dan lebih baik jangan digunakan apabila kamu tak cukup percaya diri dengan strategimu. Salah-salah yang kamu bunuh justru hostage yang harusnya kamu selamatkan.



Meskipun begitu, kemampuan Fuze sangat berguna apabila dikombinasikan dengan attacker lain seperti Lion atau Dokkaebi.

 

Defender

Wajib Punya

1. Jager


Jager adalah satu-satunya counter Fuze. Gadgetnya mampu hancurkan senjata lempar seperti granat hingga candela milik Ying. Ia juga merupakan satu-satunya operator defender yang miliki senapan laras panjang yang mampu pertahankan wilayahmu dari jarak yang cukup jauh.

2. Bandit


Satu afiliasi dengan Jager, Bandit mampu memasang shockwire yang bisa melindungi tembok lapisan besi agar tidak bisa dijebol oleh Hibana maupun Thermite. Gadgetnya tersebut juga bisa dipasang di barbed wire untuk menghancurkan drone musuh saat preparation phase. Sementara MP7 yang dibawanya merupakan salah satu senjata terringan dan ternyaman untuk kamu gunakan sebagai defender.



Bandit miliki role roamer atau bahasa kerennya bagian patroli nyari musuh karena kecepatan larinya yang tinggi. Buat ia menjadi salah satu operator mematikan apabila bisa digunakan dengan sangat baik.

3. Mute


Menjadi operator pengganggu, Mute bisa matikan semua gadget attacker dengan 5 buah jammernya yang bisa dipasang di berbagai sudut map. Jammer yang ia miliki juga bisa melindungimu dari scanner drone milik Lion apabila kamu bergerak di wilayah jammermu. MP5K yang dibawanya tak hanya cepat, namun juga stabil dan mematikan apabila didukung dengan aim yang baik.

4. Doc


Satu-satunya healer yang bisa menghidupkan rekanmu yang sekarat, maupun kembalikan HP-mu seperti sediakala dengan Stim Pistolnya. Dengan armor rate-3/3 (maksimal, red) ia juga bisa menebalkan dirinya sendiri dalam keadaan terjepit.

Berguna

1. Kapkan, Lesion


Dua operator berikut adalah trapper atau pemasang jebakan. Menjadikannya operator yang terbilang mudah, karena yang kamu perlu lakukan hanya menghafal area mana saja yang miliki potensi terbesar dilewati musuhmu. Kapkan bisa memasang jebakannya nyaris di setiap pintu yang ada, kamu bisa memilih untuk memasangnya di bagian atas atau di bawah. Sementara Lesion bisa melemparkan jarum beracun yang tak terlihat oleh musuhmu.

BACA JUGA  Studio Baru Ubisoft Bergabung dalam Pembuatan Beyond Good and Evil 2


Berbeda dengan Kapkan yang mampu membunuh musuh yang telah melewati dua buah jebakannya, jebakan Lesion akan memberikan efek damage per-second apabila musuh tak segera mencabut jarumnya.

2. Valkyrie


Sebagai operator yang bertugas untuk mengintai jalannya attacker, gadget kamera milik Valkyrie bisa kamu lempar ke berbagai sudut map. Hanya dengan menghafal lokasi kamera, kamu bisa menandai setiap attacker yang berusaha masuk. Kamu bahkan bisa menemui beberapa lokasi kamera yang tak bakal bisa ditemukan musuhmu, misalnya saja pot bunga atau rerumputan.



Valkyrie pada dasarnya adalah operator roamer, jadi kamu bisa langsung mendekati musuhmu apabila mereka terdeteksi oleh kameramu tanpa harus menandainya.

3. Maestro


Dirilis sebagai operator defender beberapa bulan yang lalu, Maestro bisa memasang dua kamera anti peluru yang bisa menembakkan laser. Kamu hanya perlu memasang kameranya di lokasi strategis dan menunggu musuhmu melewatinya. Jika kamu beruntung, maka kamu bisa menghabisi musuhmu dengan kamera tersebut.

Lebih Baik Jangan Digunakan

1. Vigil


Vigil miliki gadget yang mampu menghilangkan wujudnya di kamera maupun drone. Sayangnya, meskipun ia menghilang, drone masih bisa mendeteksi keberadaannya dengan tanda sinyal di map.



Di tangan ahlinya, Vigil bisa menjadi operator yang sangat mematikan berkat shotgun dan SMG-nya yang luar biasa efektif. Membuatnya sebagai operator roamer yang pantas ditakuti. Namun bagi player baru, ia sangat tidak direkomendasikan jika kamu tidak bisa memanfaatkan kemampuan dan senjatanya mengingat tingkat kesulitannya yang tinggi.

2. Castle


Castle merupakan operator dengan gadget yang bisa dibilang ngga begitu berguna apabila timmu tak miliki koordinasi dengan baik. Ia miliki reinforced armor wall yang mampu mengganggu rekan satu tim atau musuhmu jika tak bisa menggunakannya dengan baik. Sayang, armor wallnya sangat mudah dihancurkan dengan palu milik Sledge atau Ash.

3. Tachanka


Satu lagi operator asal Russia yang wajib kamu hindari dan lebih baik jangan digunakan. Turretnya yang dilindungi shield memang terlihat sangat kuat, namun jika kamu tidak bisa meletakkannya dengan baik di spot-spot tertentu, maka kemampuannya ngga ada gunanya sama sekali.

Posisinya yang mudah diketahui oleh drone buatmu harus siapkan strategi lain apabila musuhmu terkoordinasi dengan baik. Terlebih jika aim-mu sangat kentang. Mengingat turret “Lord” Tachanka tersebut cukup sulit dikendalikan.


Operator di atas merupakan segelintir dari banyaknya operator yang mudah digunakan oleh pemula, dan lebih baik jangan digunakan apabila kamu masih belum menguasai permainan. Apakah kamu miliki rekomendasi atau larangan lain untuk player yang baru memainkan Rainbow Six Siege?


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+