[Opini] 7 Tim Terkuat dalam Super Shot Soccer

in ,
Paraguay2
PoV: teman kalian main pakai tim Paraguay

Sebagai anak 90an yang tumbuh bersama PS1, Super Shot Soccer adalah salah satu game yang menjadi bagian penting dari masa kanak-kanak banyak gamer. Game ini menggabungkan gameplay sepak bola yang biasa ditemukan dalam FIFA dan PES, dengan jurus-jurus yang mematikan dan juga mengajarkan anak-anak tentang budaya berbagai macam negara.

Anak-anak yang memainkan Super Shot Soccer di usia 6 atau 7 tahun masih belum peduli dengan hal-hal seperti meta atau tier list seperti gamer kompetitif zaman sekarang. Kita hanya memilih tim yang terlihat keren, tim yang memiliki jurus paling keren dan yang kelihatannya paling kuat. Dalam retrospektif, banyak dari kita yang belum tahu sebenarnya tim apa saja yang paling kuat dalam game ini. Untuk itu, saya membuat daftar dari 7 tim terkuat dalam Super Shot Soccer, menurut pendapat saya.

#7. Polandia/Denmark/Afrika Selatan

Sup

Ketiga tim ini saya masukkan dalam nomor yang sama karena ketiganya memiliki jurus yang sama, yaitu alasan ketiga tim berada dalam daftar ini. Kasus ini akan terjadi lagi dengan 3 tim lain dalam daftar ini, namun saya memutuskan untuk menyatukan tiga tim dalam nomor 7, karena ketiga tim ini pada dasarnya setara.

Jurus andalan ketiga tim ini adalah Dynamite Head (Denmark), White Eagle (Polandia), dan Diamond Head (Afrika Selatan). Ini adalah jurus yang bisa digunakan saat bola berada di tengah operan, baik pendek ataupun panjang. Dengan mengaktifkan jurus ini, pemain akan meluncur ke depan dan menyundul bola. Jurus ini sangat mudah digunakan untuk mencetak gol, namun juga sulit untuk digunakan.

#6. Arab Saudi

Sup2

Dalam Super Shot Soccer, kebanyakan tim memiliki satu jurus defensif yang bisa digunakan saat bola dipegang lawan. Arab Saudi tidak hanya memiliki satu, tapi dua jurus defensif, dan keduanya adalah jurus defensif terkuat. Hal ini menjadikan Arab Saudi sebagai tim dengan pertahanan terbaik dalam Super Shot Soccer.

Jurus andalan dari tim ini adalah Efreeti Save, dimana kiper mendapatkan sebuah buff saat diaktifkan. Selama kiper memiliki buff tersebut, kiper dijamin bisa menangkap satu tendangan selanjutnya, meskipun lawan juga menggunakan jurus. Arab Saudi juga memiliki jurus Desert Storm, memanggil badai yang meniup bola ke arah sisi lawan, sehingga lawan akan sangat kesulitan untuk menendang bola selama badai masih ada.

#5. Irlandia

Sup3

“Woi! Gua lagi pake jurus nih, jangan direbut dong!”

Kalimat di atas mungkin sering kalian dengar saat bermain dengan teman. Memang mengesalkan saat kita ingin mengeluarkan jurus yang keren, tapi bolanya malah direbut, dan energi yang dipakai akhirnya terbuang.

Solusinya? Pakai jurus dimana bolanya tidak bisa direbut.

Jurus andalan tim Irlandia adalah Rock Slide, dimana pemain secara langsung menendang bola ke atas, lalu menyundul bola ke gawang. Dalam animasi jurus ini, bola berada di atas kepala pemain, sehingga mustahil bagi pemain lain untuk merebut bola, kecuali dengan jurus mereka sendiri — jika ada.

#4. Brazil

Sup4

Ah, akhirnya kita sampai bagian sini juga.

Siapa yang tidak ingat jurus ‘tendangan naga’ di Super Shot Soccer? Saat pertama kali melihat jurus itu dipakai, terlihat seperti curang sekali. Dan kalian tidak sepenuhnya salah jika kalian berpikir seperti itu. ‘Tendangan naga’ adalah tipe jurus serangan paling kuat di Super Shot Soccer, yang bisa mencetak gol bahkan tanpa membawa bola ke sisi lawan.

Brazil hanya memiliki satu jurus yang bisa digunakan secara normal, dan jurus itu adalah satu-satunya yang mereka butuhkan. Jungle Divide adalah jurus tendangan naga yang kemungkinan besar paling diingat oleh anak 90an yang memainkan game ini.

#3. Yugoslavia

Sup5

Dengan menyelesaikan mode International Cup dan meraih juara satu, kalian bisa memainkan tim Yugoslavia. Tim ini adalah salah satu dari tiga tim dalam Super Shot Soccer yang memiliki jurus ‘tendangan naga’, dan alasan Yugoslavia menjadi nomor tiga dalam daftar ini adalah karena tim Yugoslavia, pada dasarnya, adalah versi (sedikit) lebih bagus dari Brazil.

Yugoslavia membawa tiga jurus, dan dua dari tiga jurus itu adalah jurus yang sama dengan tim Brazil. Blue Cannon adalah versi lebih keren dari Jungle Divide, dengan fungsi yang sama tapi dengan warna biru muda. Danube Stream juga hanyalah reskin dari jurus Canary Shot milik Brazil, yang hanya bisa digunakan dalam tendangan bebas. Jurus ketiga dari Yugoslavia, Balkan Leap, adalah jurus yang sedikit berguna dan bisa digunakan untuk menggocek lawan.

#2. Jepang

Sup6

Jepang adalah tim ketiga yang memiliki jurus ‘tendangan naga’, dan di antara ketiganya, Jepang adalah tim yang paling kuat. Dimana tim Brazil dan Yugoslavia hanya menggunakan jurus ‘tendangan naga’ mereka sekitar 90% pertandingan, Jepang juga memiliki trik lain yang sama kuatnya.

Jurus ‘tendangan naga’ dari Jepang adalah Samurai Blade, yang hanya bisa digunakan oleh satu pemain saja, yaitu H. Tanaka. Sebagai gantinya, tim Jepang membawa jurus Kamikaze, yang bisa memanggil badai saat diaktifkan, sama seperti Desert Storm milik Arab Saudi.

Honorable mention: Paraguay

Sup7

Setiap game mempunyai meme pick, yaitu karakter/tim/dll. yang kita pakai saat kita ingin lucu-lucuan atau membuat kesal orang, dan masalah menang atau kalah menjadi urusan belakangan. Contohnya adalah Teemo dari League of Legends, atau Techies dari Dota 2. Dalam Super Shot Soccer, tidak ada tim yang lebih baik dalam kategori ini selain Paraguay.

Alasan masuknya Paraguay dalam kategori ini adalah jurus Charisma Punch milik sang kiper. Jurus ini hanya bisa digunakan ketika kiper memegang bola. Kiper akan meninju bola ke arah gawang lawan, dan bola dapat menembus paling banyak tiga pemain lawan.

Apakah jurus ini bagus? Tidak jelek, tapi dengan cost yang sama dengan jurus ‘tendangan naga’, Charisma Punch memiliki konsistensi yang lebih rendah. Apakah jurus ini lucu ketika kalian tiba-tiba mencetak gol dengan kiper? Pasti.

#1. Jerman

Sup8

Penyerangan yang kuat. Pemain yang gesit dan lincah. Kiper yang bisa menangkap segala tembakan. Apa lagi yang masih kurang dalam tim ini?

Super Shot Soccer adalah game dimana setiap negara mengambil 2-3 tipe jurus, dan tim Jerman mendapatkan semua jurus-jurus terbaik yang ada dalam game ini.

Jurus pertama tim Jerman adalah Saltz Heading, yaitu jurus sundulan yang sama dengan Rock Slide milik Irlandia. Jurus ini mempersulit lawan, karena selama animasi jurus ini, lawan tidak bisa merebut bola secara normal. Jurus kedua tim Jerman adalah German Spirit, yaitu buff singkat yang meningkatkan kecepatan lari dan kekuatan tendangan dari seluruh anggota tim.

Kedua jurus di atas sudah menjadikan tim yang sangat kuat. Namun, Jerman masih belum selesai di situ. Jurus ketiga Jerman adalah Berlin Wall, yang memiliki fungsi yang sama dengan Efreeti Save milik Arab Saudi. Dengan jurus ini, kiper tim Jerman bisa menangkap apapun, termasuk tendangan naga dari Brazil.

Dengan tiga jurus yang kuat dan bisa digunakan dalam situasi apapun, Jerman adalah tim nomor satu paling OP dalam Super Shot Soccer.

Super Shot Soccer bisa dimainkan melalui emulator ePSXe, di PC ataupun Android.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.