[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain?

Genshin Impact Anniversary Kontroversi

Game Genshin Impact dari developer miHoYo memang sangat populer dari berbagai kalangan. Menghadirkan gameplay action RPG dengan luasnya open world di dunia Teyvat, pemain dapat berpetualang dan memeriksa setiap sudut rahasianya. Populernya game Genshin Impact tidak lepas dari banyak masalah yang harus miHoYo hadapi. Salah satunya kontroversi pada saat 1st Anniversary game Genshin Impact.

Pada akhir September 2021, miHoYo benar-benar dibuat kewalahan karena aksi protes dari para pemain Genshin Impact. Itu karena banyak permasalahan yang terjadi dari para pemain Genshin Impact dimana mereka marah dan kesal terhadap developer miHoYo.

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba menelusuri awal mula terjadinya kontroversi Genshin Impact pada saat 1st Anniversary dan apa penyebab utama dari kontroversi tersebut. Artikel ini akan dibahas secara netral tanpa menyudutkan pihak manapun, baik itu pemain maupun pihak miHoYo. Mari kita mulai saja pembahasannya!

Perayaan 1st Anniversary Genshin Impact, miHoYo Persiapkan Berbagai Lomba dengan Hadiah Menarik

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 14

Jauh hari sebelum hari ulang tahun Genshin Impact, developer miHoYo mengumumkan lomba bertajuk “Genshin Impact One Year Anniversary Community” yang menghadirkan berbagai lomba dengan hadiah menarik yang bisa pemain dapatkan. Perlombaan tersebut mulai dari guides, foto menarik yang diambil dalam game, fan art, konten video, cosplay dan masih banyak lagi.

Sekilas perlombaan dalam perayaan 1st Anniversary Genshin Impact tampak menjanjikan. Namun ternyata lomba tersebut mendapatkan banyak respon negatif dari para pemain.

Anniversary Genshin Impact Dipenuhi Kontroversi

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 15

Dari sinilah kontroversi pada Anniversary Genshin Impact dimulai. Banyak pemain memberikan respon negatif dari perlombaan yang diselenggarakan oleh miHoYo ini. Menurut mereka, perlombaan tersebut hanya diberikan kepada artist dan konten kreator saja. Sementara mereka yang bukan artist atau konten kreator tidak bisa mengikuti lomba tersebut.

Para pemain menganggap perlombaan tersebut tidak adil bagi pemain yang tidak bisa mengikuti lomba. Dari beberapa pihak artist dan konten kreator pun menganggap hadiahnya tidak seberapa dengan kerja keras mereka. Belum lagi adanya unsur gacha bagi pemenang yang beruntung.

Hal ini membuat Anniversary Genshin Impact yang seharusnya disambut dengan perayaan luar biasa, berubah menjadi banyaknya ujaran kebencian dan kemarahan dari pemain selama acara Anniversary berlangsung.

Berharap Hadiah Anniversary Diperlakukan seperti Honkai Impact 3rd ataupun Game Lainnya

Permasalahan pertama yang muncul dari kontroversi ini ada pada hadiah perlombaan yang diselenggarakan oleh miHoYo. Memang pada dasarnya suatu perlombaan akan dipilih beberapa orang pemenang dari sekian banyak peserta yang ikut. Tapi apabila hadiah tersebut tidak setara dengan kerja keras para peserta, wajar saja mereka marah. Baik itu peserta lomba maupun yang tidak mengikutinya.

Lalu permasalahan kedua, para pemain menginginkan hadiah Anniversary secara gratis tanpa ada syarat yang terlalu ribet seperti mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh miHoYo. Mereka mengharapkan perayaan Anniversary diramaikan dengan berbagai hadiah menarik secara gratis. Mereka ingin hadiah Anniversary-nya seperti yang miHoYo lakukan dalam perayaan ulang tahun pertama Honkai Impact 3rd server SEA.

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 16

Tidak hanya itu saja, beberapa pemain bahkan membanding-bandingkan Anniversay Genshin Impact dengan game lain, seperti Arknights, Granblue Fantasy dan juga Fate/Grand Order. Minimnya hadiah gratis dan juga hadiah dari perlombaan justru menjadi boomerang bagi miHoYo meskipun niat mereka dalam mengadakannya itu sudah bagus.

Situasi Memanas dengan Banyaknya Review Bomb

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 17

Pada saat situasi semakin memanas, pihak miHoYo tidak memberikan informasi terbaru mengenai hadiah gratis untuk menenangkan kondisi para pemain Genshin Impact. Bahkan pada hari pertama Anniversary Genshin Impact, miHoYo tidak memberikan respon yang dapat menenangkan situasi ini.

Tidak adanya respon dari miHoYo, para pemain yang marah ini pun mulai menyerang kolom komentar dan memberikan review bomb Genshin Impact di platform Google Play. Dari hasil pengamatan saya selama review bom terjadi, latar belakang mereka melakukan ini bertujuan agar miHoYo segera memberikan hadiah Anniversary gratis untuk para pemain. Mereka mencurahkan semua kekesalannya pada kolom komentar sambil memberikan review bom pada game Genshin Impact di platform Google Play.

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 18

Review Bomb ini mulai menjalar ke aplikasi lain dan bahkan menyebar ke aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan miHoYo ataupun Genshin Impact di platform Google Play. Ini memperlihatkan bagaimana situasi sudah semakin tidak terkendali.

Hadiah Tambahan Gratis sebagai Permohonan Maaf miHoYo

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 19

Mengetahui ramainya review bomb dari pemain, miHoYo mulai memberikan hadiah tambahan untuk pemain secara gratis. Banyak yang menduga bahwa hadiah tersebut sebagai permohonan maaf miHoYo mengenai review bomb dan juga kemarahan dari pemain.

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 20

Menurut saya, miHoYo terlambat memberikan hadiah tambahan ini untuk pemain. Pemain sudah terlanjur marah dan kesal dalam perayaan Anniversary Genshin Impact. Apabila miHoYo memang sudah merencanakan dari awal hadiah tambahan ini akan dibagikan, kenapa mereka tidak memberitahukannya terlebih dahulu? Jika mereka memberitahukan jauh hari sebelumnya, situasi tidak akan terjadi terlalu parah. Hadiah tambahan tersebut muncul pada saat momen yang kurang tepat.

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 21

Hadiah tambahan ini pun menjadi bahan candaan dimana mereka melakukan spam emote Qiqi di server resmi Discord Genshin Impact. Akibatnya, Admin server Discord resmi Genshin Impact terpaksa menggunakan fitur slow mode untuk mengurangi ramainya spam dari pemain.

Tidak Memberikan Informasi secara Detil dan Terlalu Banyak Rahasia

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 22

Meskipun miHoYo telah mempersiapkan hadiah Anniversary gratis untuk pemain dengan melakukan login selama 7 hari dan memberikan hadiah tambahan, tetap saja hadiah tersebut masih belum cukup untuk menenangkan amukan para Traveler yang terjadi di internet.

Dari apa yang telah dilakukan miHoYo, para pemain dan saya sendiri merasa mereka terlalu menutup-nutupi informasi mengenai hadiah Anniversary gratis ini. Mereka terlalu fokus pada perlombaan untuk para artist dan juga konten kreator serta acara konser orkestra Genshin Impact.

Mungkin menurut mereka jika hadiah gratis Anniversary dirahasiakan dan menjadi sebuah kejutan, para pemain akan senang. Nyatanya, hal ini memberikan kesan bahwa miHoYo terlalu tertutup dan terlalu banyak rahasia. Belum lagi dengan sedikitnya hadiah dari perlombaan dan juga hadiah gratis dari miHoYo.

Masih Dianggap Pelit Meskipun Sudah Diberikan Konser Orkestra yang Luar Biasa

Beberapa hari setelah kontroversi ini terjadi, banyak pemain masih menganggap miHoYo terlalu pelit memberikan hadiah dalam perayaan Anniversary Genshin Impact. Tidak hanya hadiah pada perlombaannya saja, hal ini juga berlaku pada hadiah gratis yang pemain dapatkan.

Kontroversi ini membuat banyak orang lupa dengan konser orkestra Genshin Impact yang berlangsung pada 3 Oktober 2021 yang lalu. Padahal menurut saya pribadi, konser tersebut luar biasa. Konser dengan aransemen orkestra dari lagu-lagu sountrack Genshin Impact yang tidak asing membuat para penontonnya menjadi mengingat kembali keseruan petualangan mereka di dunia Teyvat.

Pecahkan Komunitas Genshin Impact

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 23

Kontroversi ini membuat komunitas Genshin Impact terpecah menjadi 2 kubu, yaitu mereka yang mendukung Anniversary Genshin Impact (biasa disebut White Knight) dan mereka yang marah serta kesal dengan Anniversary ini (disebut Black Knight).

Kedua kubu ini saling berdebat satu sama lain memberikan berbagai opini mereka terkait Anniversary Genshin Impact. Para White Knight pemain Genshin Impact berusaha melindungi dan menenangkan kondisi keributan yang terjadi selama Anniversary. Sementara para Black Knight masih terus ribut di sosial media dan komunitas Genshin Impact. Tidak lupa pula mereka beramai-ramai memberikan review bomb Genshin Impact di platform Google Play.

Sementara orang-orang yang tidak bermain Genshin Impact ataupun bersifat netral hanya menikmati kontroversi ini sebagai tontonan yang seru untuk diikuti. Tidak heran mereka melakukan ini karena Genshin Impact yang dikenal sebagai salah satu game terpopuler di dunia dalam satu tahun ini memiliki kontroversi besar pada saat Anniversary pertamanya.

Banyak orang dari luar komunitas Genshin Impact menganggap komunitas game ini terlalu berlebihan. Bahkan tak sedikit orang mencap komunitas pemain Genshin Impact dipenuhi orang-orang toxic. Ramainya review bom pada game Genshin Impact yang bahkan menjalar ke aplikasi lain di platform Google Play memperparah kesan buruk terhadap para Traveler di mata orang.

Opini Penulis: Perayaan Anniversary Genshin Impact yang Berantakan

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 24

Menurut saya pribadi, Anniversary pertama Genshin Impact bisa dikatakan cukup berantakan. Banyak hal yang perlu miHoYo perbaiki untuk Anniversary tahun depan. Terlebih pada pemberian hadiah perlombaan dan juga hadiah gratis yang bisa didapatkan oleh para pemain.

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemain? 25

miHoYo juga harus lebih terbuka untuk memberikan informasi terkait hadiah yang akan pemain dapatkan. Dari pengalaman saya pribadi bermain game gacha seperti Fate/Grand Order, Granblue Fantasy, Arkhights dan lainnya, kebanyakan pihak developer memberikan informasi secara jelas dan detil mengenai hadiah yang akan didapatkan pemain dalam perayaan Anniversary. Kalaupun ada hadiah kejutan, hadiah tersebut benar-benar memuaskan dan tidak terlalu banyak syarat yang harus dilakukan oleh pemain.

Memperbaiki ketiga hal ini saja sudah cukup bagus untuk mengembalikan rasa kepercayaan pemain di Anniversary Genshin Impact tahun depan. Semoga saja kontroversi 1st Anniversary Genshin Impact bisa menjadi pembelajaran bagi miHoYo agar menjadi lebih baik ke depannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version