[Opini] Apakah Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City Bisa Melebihi Ekspektasi Para Penggemarnya?

Resident Evil: Welcome to Raccoon City film

Beberapa waktu yang lalu, Sony Pictures Entertainment dan Capcom baru saja memperlihatkan video trailer resmi adaptasi film dari franchise video game Resident Evil berjudul Resident Evil: Welcome to Raccoon City. Video tersebut memperlihatkan sinopsis cerita dan juga para karakter yang akan tampil di film tersebut.

Namun, nampaknya adaptasi film Resident Evil ini mendapatkan respon negatif yang semakin memburuk sejak penampakan beberapa screenshot film-nya yang beredar di internet. Banyak hal yang tidak disukai oleh gamer terlebih para penggemar Resident Evil terhadap film Resident Evil: Welcome to Raccoon City. Mereka menduga bahwa film ini akan sama buruknya dengan film Resident Evil yang dibuat oleh Paul W. S. Anderson.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan pendapat saya kepada para pembaca mengenai adaptasi film Resident Evil: Welcome to Raccoon City berdasarkan video trailer yang telah beredar. Artikel ini akan saya bahas secara netral dan santai terkait adaptasi film baru Resident Evil ini terlebih membahas topik mengenai “apakah film Resident Evil: Welcome to Raccoon City dapat melebihi ekspektasi para penggemarnya?”. Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

Sinopsis Cerita Resident Evil: Welcome to Raccoon City

WELCOME TO RACCOON CITY

Sebelum saya mulai memberikan opini saya terkait film Resident Evil: Welcome to Raccoon City, mari kita cari tahu terlebih dahulu mengenai sinopsis cerita film-nya. Berdasarkan informasi yang beredar, Resident Evil: Welcome to Raccoon City memiliki cerita berdasarkan sumber video game-nya yang terdapat beberapa perubahan. Berikut adalah premis cerita resmi yang diberikan oleh Sony Pictures:

Ketika terungkap rahasia perusahaan farmasi ternama Umbrella, Raccoon City menjadi kota Midwestern yang telah mati. Perusahaan besar telah meninggalkan kota tersebut penuh dengan kejahatan yang muncul dari bawah tanah. Ketika kejahatan dilepas, semua penduduknya pun akan berubah selamanya. Sekelompok survivor bekerja sama untuk mengungkap kebenaran dari Umbrella dan mencoba untuk bertahan hidup pada malam hari.

Oke, dari sini premis cerita Resident Evil: Welcome to Raccoon City terlihat menjanjikan. Ada Umbrella dan juga rahasia mereka yang akan diungkap oleh para protagonist. Premis tersebut masih menjaga konsistensi dari lore yang ada di Resident Evil. Tapi apakah hal ini dapat memberikan ekspektasi bagus dari penggemar terhadap adaptasi film Resident Evil ini?

Video Trailer yang Tampak Menjanjikan

Pada durasi awal video trailer resmi Resident Evil: Welcome to Raccoon City, dijelaskan bahwa Claire Redfield sedang menginvestigasi perusahaan Umbrella terkait rahasia yang mereka lakukan di balik layar. Loh, bukannya Claire berusaha mencari Chris ke kota Raccoon City setelah insiden Spencer Mansion di Resident Evil 1?

Bukan, ini bukan video orang “minta maaf”.

Kebingungan saya dilanjutkan dengan sebuah rekaman video terkait proyek rahasia yang sedang dikerjakan oleh Umbrella terhadap kota Raccoon City. Kemudian kita melihat banyak scene yang diambil dari film memperlihatkan karakter penting yang pada awalnya saya tidak tahu mereka akan memerankan karakter siapa jika tidak melihat kostum yang mereka gunakan.

PAKEEEEEEET

Video trailer resmi ini menunjukkan bahwa Resident Evil: Welcome to Raccoon City akan mencakup cerita dari 2 game menjadi satu film, yaitu Resident Evil 1 dan Resident Evil 2. Beberapa scene menjadi tribute dari game-nya pun diperlihatkan, seperti Truk meledak seperti di intro Resident Evil 2, tim S.T.A.R.S memasuki Spencer Mansion, kemunculan Lisa Trevor dan masih banyak lagi.

Oh, no! Ada Lisa Trevor! Cepat kalian lari!

Bisa dibilang video trailer Resident Evil: Welcome to Raccoon City tampak menjanjikan, jika kalian merupakan penonton yang sama sekali belum pernah bermain atau tidak mengetahui keseluruhan cerita Resident Evil 1 dan 2.

Cerita Resident Evil: Welcome to Raccoon City Mengalami Perubahan tapi Tetap Mengikuti Sumbernya

Spencer Mansion yang ikonik di Resident Evil.

Pada penjelasan sebelumnya, saya sedikit bingung dengan alasan kenapa Claire Redfield menginvestigasi rahasia Umbrella sebelum dan saat insiden Raccoon City. Padahal di Resident Evil 2, Claire pergi ke Raccoon City untuk mencari informasi keberadaan Chris yang hilang tanpa kabar. Claire baru melakukan investigasi Umbrella bersamaan dengan mencari Chris setelah insiden Raccoon City yang berlanjut di game Resident Evil: Code Veronica.

Dan untuk insiden Spencer Mansion yang ada di Resident Evil 1, pada film ini tampaknya terjadi setelah Claire membujuk Chris untuk membantunya. Penjelasan saya ini masih belum bisa dipastikan apakah benar atau tidak karena asumsi saya berdasarkan video trailer. Kalaupun film ini akan menceritakan Chris beserta tim S.T.A.R.S menginvestigasi Spencer Mansion karena kaitannya dengan penemuan informasi dari Claire, hal tersebut sedikit melenceng dari versi originalnya.

Di versi game, awal mula Insiden Spencer Mansion terjadi karena adanya laporan yang terjadi di hutan dekat kota Raccoon City. Karena suatu hal, anggota tim S.T.A.R.S yang terdiri dari Chris, Jill, Albert dan lainnya memasuki rumah Spencer Mansion. Dari sinilah awal mula proyek percobaan Umbrella pertama diungkap pada game-nya.

Beberapa perubahan ini sedikit mengganggu saya yang telah mengikuti franchise video game Resident Evil sejak lama. Mengingat film ini akan mencakup cerita pada 2 game pertama Resident Evil, tidak heran kalau penulis harus mengubah beberapa bagian cerita agar film-nya mendapatkan durasi cukup sesuai yang mereka butuhkan.

Keluh Kesah dari Penggemar

If you knew this moment, then you gonna run to get help to Barry….

Berdasarkan video trailer Resident Evil: Welcome to Raccoon City, para penonton dan juga penggemar Resident Evil banyak yang mulai pesimis dan tidak terlalu berekspektasi banyak terhadap film tersebut. Banyak hal yang tidak mereka sukai, salah satunya adalah para aktor dan aktris yang memerankan karakter favorit mereka.

Sejak pertama kali foto-foto film Resident Evil: Welcome to Raccoon City beredar di internet, para penggemar Resident Evil langsung meresa kecewa. Mereka menyebut para aktor dan aktris film ini seperti seorang cosplayer yang sedang melakukan cosplay Resident Evil. Belum lagi dengan perubahan cerita yang ada pada film ini. Kemungkinan akan ada lebih banyak perubahaan pada film dari sumbernya.

Apakah Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City Melebih Ekspektasi Para Penggemarnya?

[Opini] Apakah Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City Bisa Melebihi Ekspektasi Para Penggemarnya? 12

Menurut saya pribadi, film ini sudah tampak lebih baik dalam menampilkan banyak referensi franchise Resident Evil dibandingkan film buatan W.S. Anderson. Adanya perubahan untuk beberapa bagian demi menyesuaikan durasi film yang dibutuhkan seharusnya tidak menjadi masalah. Selama perubahan tersebut tidak mengubah total ataupun sudah terlalu jauh dengan referensi Resident Evil.

Jadi, apakah film Resident Evil: Welcome to Raccoon City akan melebihi ekspektasi para penggemarnya. Untuk hal ini saya hanya bisa menjawab 50:50, bisa ya dan bisa juga tidak. Bagi saya, yang terpenting pada adaptasi film baru Resident Evil ini adalah penyajian cerita yang mengikuti sumber aslinya. Kedua adalah film ini harus menghadirkan keseruan menikmati film ber-genre horror zombie yang bisa dinikmati oleh orang umum, bukan hanya untuk gamer dan juga penggemar Resident Evil.

Ingat Rule ke-2 di dunia zombie, DOUBLE TAP!

Saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan aktor dan aktris yang disebut-sebut sebagai orang yang sedang ber-cosplay. Proses produksi film itu tidak mudah, apalagi untuk mencari pemeran yang memiliki kemiripan dengan para karakter di game Resident Evil. Jadi, saya bisa maklumi untuk masalah aktor dan aktrisnya yang tidak mencerminkan kemiripan para karakter Resident Evil.

Loh, Kenapa Ada Lagu “HEYYEYAAEYAAAEYAEYAA”

HEYYEYAAEYAAAEYAEYAA

Sebagai penutup, saya ingin sedikit menyinggung terhadap lagu yang diputar pada video trailer Resident Evil: Welcome to Raccoon City. Video trailer tersebut memutar lagu yang berasal dari grup Four Non-Blondes berjudul “What’s Up”.

Tapi apa yang saya pikirkan ketika mendengar lagu “What’s Up” di video trailer adalah sebuah meme terkenal di internet bernama “HEYYEYAAEYAAAEYAEYAA” atau “He-Man Songs”. Pasti bukan saya saja yang hilang konsentrasi ketika lagu tersebut diputar pada video trailer-nya.

Itulah pendapat saya mengenai film Resident Evil: Welcome to Raccoon City. Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik menonton film Resident Evil: Welcome to Raccoon City?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Resident Evil, Resident Evil: Welcome to Raccoon City atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version