[Opini] Bitcoin Meroket Hingga 500 Juta, Pertanda Harga Kartu Grafis Naik Lagi?

in
Btc Stonks
Sumber: Crypto-news

Baru-baru ini beberapa gamer sedang dihantui dengan naiknya harga Bitcoin yang melebihi rekor dari tahun 2017 silam. Karena pada tahun tersebut, telah terjadi lonjakan harga yang fantastis pada kartu grafis baik itu dari AMD maupun NVIDIA.

Melonjaknya harga kartu grafis pada tahun tersebut pun terjadi karena 2 hal. Yakni minimnya stock yang tersedia di sejumlah toko dan juga meningkatnya permintaan kartu grafis oleh para penambang untuk menambang Bitcoin.

Contohnya seperti pada kartu grafis kelas menengah milik NVIDIA ataupun AMD kala itu yakni GTX 1060 6GB dan RX 580 mempunyai harga yang hanya berkisar di 2 hingga 4 juta rupiah. Namun semenjak tren menambang Bitcoin datang, harga dua kartu grafis tersebut naik 2 kali lipat dari 5 hingga 8 juta rupiah.

2020 02 27 Image
Sumber: Techspot

Untungnya tren menambang pada tahun 2017 tidak berlangsung lama. Akan tetapi setelah menurunnya tren penambang, harga kartu grafis pun tidak langsung turun begitu saja. tetapi menurun perlahan hingga terhitung normal pada akhir 2018.

Kini sudah hampir 3 tahun lamanya nilai Bitcoin terus bertahan di kisaran 50 hingga 100 juta Rupiah dalam pergantian tahun 2018-2019. Namun pada transisi tahun 2020 menuju 2021, harga Bitcoin tiba-tiba kembali meroket hingga mampu memecahkan rekor tertinggi sebelumnya, yakni melonjak pesat hingga di angka Rp. 539,822,368 Juta (Note: Harga tersebut kami lihat pada tanggal 6 Januari.)

Kabarnya salah satu faktor terbesar yang membuat harga Bitcoin meroket ialah karena terbukanya akses jual beli Bitcoin dengan menggunakan PayPal. Hal tersebut dapat memudahkan masyarakat yang ingin membeli atau menjual Bitcoin mereka.

 

Screenshot (1104)
Sumber: Bitcoin.co.id

Meroketnya harga Bitcoin juga tentunya dapat mengundang kembali para penambang yang sebelumnya berhenti sejenak. Tak hanya mengundang kembali para penambang secara perlahan, mereka (penambang) juga akan langsung memborong hampir seluruh kartu grafis yang berada di pasaran.

Karena datangnya rasa penasaran apakah harga kartu grafis mulai meningkat, saya sendiri telah mencoba untuk melihat beberapa e-commerce di Indonesia untuk melihat apakah harga kartu grafis sudah mulai naik atau tidak ? Untungnya, ketika saya telah melihat di beberapa e-commerce, sejumlah penjual masih belum membuka adanya kenaikkan harga. (Note: Saya mengeceknya di tanggal 7 Januari 2021)

Saran dari saya untuk para gamer yang ingin merakit PC idaman, awal 2021 ini adalah masa-masa terbaikmu untuk secepatnya membeli atau meng-upgrade kartu grafis PC kalian. Karena di masa mendatang, kita semua tidak akan pernah tahu apakah ke depannya kartu grafis bisa mempunyai harga yang sama atau tidak seperti saat ini.

Top Id1610017389 1406098
Sumber: GameDebate

Perlu diingat bila kalian ingin merakit PC, kemungkinan besar kalian akan dihadapkan suatu permasalahan penting, yakni perihal ketersediaan stock di toko online. Karena ada beberapa toko yang tidak mengubah status ketersediaan barang mereka ketika stock kartu grafisnya telah habis.


Baca lebih lanjut tentang Opini, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

 

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.