[Opini] Alasan Developer Game AAA Suka Merilis Game Remake ataupun Remaster

Developer Game AAA

Developer Game AAA – Belakangan ini sedang ramai game yang dibuat ulang ataupun diberi upgrade secara grafik oleh para publisher dan developer game AAA. Game – game tersebut tentunya merupakan game – game populer pada masanya.

Sebagai contoh adalah game Final Fantasy VII, Resident Evil 4 dan beberapa game lainnya yang mendapatkan Remake dengan perombakan grafis secara total serta beberapa perubahan lainnya yang berbeda dari versi terdahulu.

Dengan maraknya Developer Game AAA yang kerap merilis Remake ataupun Remaster, jarang sekali terdengar game baru ataupun seri baru dari para developer tersebut. Hal ini tentunya memiliki beberapa alasan yang cukup masuk akal.

Alasan Developer Game AAA Suka Merilis Remake ataupun Remaster

Developer Game AAA Belakangan memilih melakukan Remake

Jadi, apa saja alasan mengapa Developer Game tersebut Suka Merilis Remake ataupun Remaster? berikut adalah alasan kenapa para developer memilih untuk melakukan hal tersebut dibanding mengembangkan seri baru.

Memiliki Fanbase yang Kuat

Fans Sudah Sangat Solid

Alasan pertama mengapa Developer game AAA memilih untuk merilis Remake atau Remaster adalah karena fanbase game tersebut yang sangat besar dan juga kuat. Tentunya para fans ini sangat setia dengan game tersebut.

Para fans juga kerap meminta remake dari game kesayangan mereka terutama jika game tersebut telah lama rilis seperti Final Fantasy VII dan ingin melihat game tersebut dengan grafis terbaru.

Tentunya para developer game AAA tersebut mendengarkan fans apalagi fanbase dari gamenya sangat kuat. Tidak aneh rasanya jika para developer memilih untuk melakukan Remake ataupun Remaster.

Membangkitkan Hype untuk Seri Selanjutnya

Membuka Potensi Seri Selanjutnya Atau Seri Baru

Tentunya jika fans melihat status gamenya kembali aktif, para fans akan sangat bersemangat menunggu seri game tersebut. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan para Developer AAA untuk merilis Remake atau Remaster terlebih dahulu.

Remake tersebut tentu akan membangun hype sehingga nama franchise atau seri tersebut akan kembali relevan. Dengan begitu, pengembangan seri baru selanjutnya ataupun sequel akan menjadi lebih mudah.

Tidak aneh jika tiba – tiba developer yang telah membuat versi remake atau remaster mengumumkan sequel atau prequel franchise yang mereka miliki ketika game tersebut laku keras.

Lebih Untung dengan Membuat Game Remake atau Remaster

Mengembangkan Franchise Baru Lebih Beresiko Dari Segi Keuntungan

Jika bicara tentang keuntungan, tentunya membuat Remake atau Remaster lebih pasti untungnya dibanding mengembangkan seri baru. Para fans pasti akan membeli kembali jika game tersebut diberi peningkatan yang diharapkan pemain.

Sementara itu membuat seri baru dianggap terlalu beresiko karena harus membangun kembali fanbase dan biaya yang dikeluarkan untuk proses pengembangan IP atau seri baru ini tentunya lebih memakan biaya dibanding membuat kembali game yang sudah populer.

Contohnya adalah Forspoken yang cukup flop diantara game – game Square Enix lainnya. Sementara itu game mereka yang dibuat versi remake yaitu Final Fantasy VII jauh lebih untung dibanding Forspoken.

Mengembangkan Seri Game Baru Memakan Waktu Lama Dibanding Game Remaster atau Remake

25 Years In The Making, 16 Times The Details

Selain memakan biaya yang lebih serta resiko kehilangan keuntungan, mengembangkan seri baru juga memakan waktu lama seperti contohnya Starfield yang memakan waktu 25 tahun untuk dikembangkan.

Selain itu, Para developer tentunya harus membangun dunia, karakter, serta hal – hal lainnya terlebih dahulu. Developer juga harus melakukan riset untuk memastikan seri baru yang mereka kembangkan menjadi bagus.

Melakukan hal tersebut memakan waktu yang cukup lama dibanding membuat remaster ataupun remake yang lebih cepat. Dan kembali lagi ke poin sebelumnya, jika pengembangan IP atau seri baru tersebut selesai, resiko game tersebut tidak menguntungkan juga tetap ada.

Nah itulah alasan mengapa Developer Game AAA Suka Merilis game Remaster atau Remake dibanding membuat game baru. Meskipun para developer saat ini memilih untuk melakukan remaster, bukan berarti mereka enggan untuk mengembangkan game baru, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Opini atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version