[Opini] Game Persona 5 Royal dan 2 Game Persona Lainnya Menuju PC dan Xbox, Berita Baik atau Buruk?

Game Persona 5 Royal

Game Persona 5 Royal – Baru-baru ini, gamer dikagetkan dengan sebuah kabar mencenangkan dari sesi Xbox & Bethesda Games Showcase di acara Summer Game Fes 2022. 3 Game dari seri JRPG populer Persona, yaitu Persona 5 Royal, Persona 4 Golden dan Persona 3 Portable akan hadir di Xbox dan juga PC. Pengumuman tersebut membuat geger gamer karena setelah sekian lama pengguna Xbox kedatangan salah satu game JRPG populer di dunia buatan developer Atlus.

Bagi pengguna konsol Xbox dan PC, pengumuman ini menjadi salah satu kabar luar biasa untuk mereka dari sekian banyak informasi yang diumumkan melalui sesi acara Xbox & Bethesda Games Showcase. Namun ada pula beberapa gamer yang merasa kecewa terhadap beberapa game eksklusif Persona di PlayStation, terlebih Persona 5 Royal akan segera rilis untuk Xbox dan PC. Pada saat artikel ini ditulis (13/6), para gamer saling berdebat satu sama lain antara kubu PlayStation dengan kubu Xbox/PC di sosial media dan forum komunitas.

Game Persona 5 Royal dan 2 Game Persona Lainnya Menuju Xbox dan PC, Berita Baik atau Buruk?

Game Persona 5 Royal dan 2 Game Lainnya Menuju Xbox dan PC, Berita Baik atau Buruk?

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan opini pribadi mengenai apakah game Persona 5 Royal dan 2 game Persona lainnya menuju Xbox dan PC menjadi berita baik atau buruk? Tulisan opini ini berdasarkan pendapat saya pribadi sebagai seorang gamer yang telah lama mengikuti seri Persona ataupun seri Shin Megami Tensei yang dibuat secara netral tanpa menyalahkan ataupun menyudutkan salah satu kubu tertentu.

Baiklah kita mulai saja pembahasannya!

Apa Itu Game Seri Game Persona?

Seri game Persona adalah sebuah seri game JRPG populer buatan developer Atlus yang dulunya merupakan seri spin-off dari Shin Megami Tensei. Game ini memiliki ciri khas dimana karakter Protagonist dan teman-temannya merupakan murid SMA yang mendapatkan kekuatan bernama Persona menghadapi suatu ancaman tertentu dalam sebuah insiden misterius yang harus mereka selesaikan sebelum hal-hal buruk terjadi pada umat manusia dan dunia.

Seri game ini dimulai dari game pertamanya berjudul Revelations: Persona (PS1) atau Shin Megami Tensei: Persona (PSP) yang kemudian berlanjut dengan sekuelnya seperti Persona 2, Persona 3, Persona 4 dan Persona 5. Berawal sebagai spin-off Shin Megami Tensei, seri Persona sukses besar sejak Persona 3 dan seterusnya sehingga Atlus memutuskan seri ini dapat berdiri sendiri tanpa memasukkan title game utamanya.

Persona 4 Menjadi Awal Kesuksesan Game Persona Menuju PC dan Platform Gaming Lainnya

Persona 4 Menjadi Awal Kesuksesan Game Persona Menuju PC dan Platform Gaming Lainnya

Seri Persona sendiri sudah lama menjadi semacam seri eksklusif yang rilis di konsol PlayStation sejak Revelations: Persona yang rilis pada 20 September 1996 di PS1 dan berlanjut hingga zaman Persona 4 di PS2 ataupun Persona 5. Meskipun Revelations: Persona sendiri dulunya pernah rilis untuk PC (Windows) 25 Maret 1999 di Jepang saja, namun popularitasnya tidak terlalu ternotis oleh gamer di luar Jepang.

Jika berbicara mengenai game Persona apa yang memulai awal kesuksesan game tersebut rilis untuk platform PC, jawabannya adalah Persona 4. Lebih tepatnya game Persona 4 Golden. Sementara untuk platform Xbox masih dari game Persona 4 juga, yaitu Persona 4 Arena di Xbox 360.

Bisa dikatakan title Persona 4 menjadi awal kesuksesan dimana beberapa game populer dari seri Persona lainnya bisa ikut rilis di PC seperti yang terjadi sekarang. Bahkan berkat Persona 4, dihadirkan juga game Persona lain untuk platform gaming Nintendo dalam format spin-off seperti Persona Q: Shadow of the Labyrinth di platform Nintendo 3DS.

Kesuksesan Persona 4 dalam format port dengan menghadirkan banyak konten baru seperti Persona 4 Golden dan berbagai macam spin-off mereka membuat game ini seperti menjadi anak emas Atlus dalam mempopulerkan game Persona era modern.

Kenapa Persona 3 dan Persona Lainnya Tidak Terlalu Diperhatikan Seperti Persona 4?

Kenapa Persona 3 dan Persona Lainnya Tidak Terlalu Diperhatikan Seperti Persona 4?

Mungkin beberapa dari kalian ada yang bertanya, kenapa cuma Persona 4 yang mendapatkan perhatian lebih ketimbang Persona 3 ataupun game Persona sebelumnya? Sebenarnya tidak ada pernyataan resmi dari Atlus untuk menjawab pertanyaan ini. Dalam hal ini, saya punya asumsi sendiri alasan untuk bisa menjadi acuan yang mungkin memiliki pemikiran saya ini sama dengan gamer lain ataupun penggemar seri Persona.

Dugaan saya adalah karena Persona 4 lebih friendly dari hal segi cerita, konten dan juga konsep tema game-nya ketimbang Persona 3 dan lainnya. Perlu kalian ketahui, Persona 1, Persona 2 dan bahkan Persona 3 memiliki unsur tema yang sedikit edgy dan juga agak absurd mengingat game tersebut dulunya masih dibawah emblem Shin Megami Tensei.

Bisa diambil contoh bagaimana para karakter Persona 3 memanggil Persona mereka dengan menodongkan alat semacam alat Evoker yang mirip seperti senjata api dan menembakkan ke kepala mereka. Dulu ketika game ini rilis pertama kali sempat menjadi kontroversi karena betapa bahayanya potensi yang bisa terjadi dari cara memanggil Persona dengan menodongkan senjata api ke kepala.

Contoh lainnya adalah Persona 2: Innocent Sin dimana pemain akan menghadapi salah satu boss dalam game, yaitu Adolf Hitler. Ya, kalian benar-benar akan menghadapi sosok fenomenal dari sejarah Perang Dunia ini lengkap dengan model wajah karakter dan background cerita kemunculannya di game tersebut. Meskipun pada akhirnya ketika game ini dirilis ulang untuk PSP telah mengalami perubahan untuk menghindari kontroversi lebih lanjut.

Kapan lagi coba main JRPG lawannya salah satu sosok sejarah Perang Dunia yang sangat fenomenal?

Sementara Persona 4 sendiri memiliki beberapa unsur tema dan konten didalam game yang masih dapat diterima oleh banyak orang, mulai dari cerita misteri, unsur detektif dan kebersamaan yang sangat erat layaknya keluarga menjadi elemen yang paling kental pada game ini. Tidak heran jika Atlus berusaha nge-push Persona 4 agar bisa menaikkan nama seri Persona dari dulu hingga saat ini dengan berbagai port, spin-off dan tidak lupa juga perilisannya di PC dan Xbox.

Dan hal ini pun terus berlanjut sejak Atlus telah dibeli oleh perusahaan Sega dimana mereka mencoba lebih aktif lagi merilis berbagai game andalan mereka di berbagai platform, seperti apa yang terjadi pada game Persona 5.

Apakah Game Persona 5 Royal, Persona 4 dan Persona 3 Portable Rilis di PC dan Xbox Menjadi Berita Baik atau Buruk?

Game Persona Rilis di PC dan Xbox Menjadi Berita Baik atau Buruk

Setelah kalian mengetahui beberapa hal mengenai sejarah singkat seri Persona dan perilisannya pada platform selain PlayStation, saya akan memberikan pendapat pribadi mengenai topik utama kita kali ini. Sebenarnya tidak ada yang perlu kalian kagetkan mengenai game Persona 5 Royal ataupun seri Persona lainnya akan rilis di platform lain baik itu di PC, Xbox ataupun platform gaming lainnya. Cepat atau lambat, seri Persona pasti akan rilis di berbagai platform gaming lain, baik itu dalam bentuk port, remaster ataupun spin-off seperti yang sudah pernah dilakukan oleh Atlus sebelumnya.

Sebenarnya tidak ada yang dirugikan dalam hal ini, baik itu gamer ataupun dari pihak Sony sendiri. Hal ini terbukti pada berita beberapa waktu yang lalu dimana Sony mendapatkan keuntungan dari penjualan game eksklusif mereka di PC. Bahkan pihak Sony saat ini sedang gencarnya membuka lowongan Direktur yang berfokus untuk merilis game-game mereka agar bisa ekspansi ke platform PC.

Bagi kalian yang merasa dirugikan seri Persona dianggap sudah tidak eksklusif lagi untuk platform PlayStation, coba kalian ingat kembali bagaimana Atlus berusaha gencar merilis game-game Persona 4 ataupun Persona 5 dengan berbagai variasi upgrade, spin-off ataupun port.

YOU’LL NEVER SEE IT COMING

Dengan dirilisnya seri Persona di platform gaming lain membuka peluang bagi Atlus untuk bisa mendapatkan pemasukan tambahan untuk proyek-proyek game mereka, baik itu seri game Persona ataupun game lainnya. Saya sendiri telah mengikuti lama perkembangan developer Atlus bagaimana dulunya perusahaan mereka sempat terancam tutup karena masalah hutang yang pernah mereka hadapi dan bisa terselamatkan berkat perusahaan Sega yang akhirnya mengakuisisi perusahaan developer game ini.

Jika misalnya seri Persona tidak merilis game mereka di platform lain ataupun game-game lain dengan format port, spin-off dan lainnya, maka tidak menutup kemungkinan Atlus akan mengalami masalah internal lagi meskipun sudah diakuisisi oleh Sega.

Jadi saya rasa berita mengenai game-game Persona mereka apalagi salah satu game yang paling populer di serinya bisa rilis di platform PC, Xbox atau platform gaming lainnya merupakan kabar baik untuk gamer dan juga pihak developer Atlus. Kalian tidak perlu khawatir apabila game favorit kalian sudah tidak eksklusif lagi di PlayStation. Coba berpikir positif seperti motto dari salah satu karakter Persona 2 bernama Maya, “Let’s positive thinking!”.

Let’s positive thinking!

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona 5 Royal, Persona 4 Golden, Persona 3 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version