[Opini] Hal-hal Yang Membuat Gamer Membeli Game Tanpa Pikir Panjang Itu Apa Sih?

b18d04a001176e96e9e375966884e02e

Dunia Video Games memang sudah sangat berkembang pesat, saking pesatnya saja nampaknya kita sudah tidak dapat menghitung lagi total berapa game yang sudah dirilis di dunia sampai saat ini ada berapa, dari Developer dengan nama tersohor sampai Developer Indie semua sudah terlibat dalam perkembangan Industri Video Games. Bahkan Gamer/penikmat Game juga memiliki andil besar dalam perkembangan tersebut, tuntutan pasar dan minat dalam hal ini sangat berkembang pesat dan memiliki peranya masing-masing, ibarat rantai makanan penikmat game dan pencipta game tidak dapat dipisahkan.

Saking pesatnya, kita tak sadar bahwa Video Games saat ini terkesan sudah bersatu dengan jiwa masyarakat, semua orang mengenalnya dan menjadi suatu yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Lumrahnya Video Games pada kehidupan sehari-hari tentunya tidak lepas dari Hal-hal penting yang mempengaruhi seorang tetap menjadikan Games seolah adalah kebutuhan Primer, ibarat belum makan jika belum ada nasi, Gamer saat ini juga dinilai sudah menempatkan judul sebuah game ibarat sebuah nasi dalam sebuah perjamuan di meja makan.

Apasih yang mempengaruhi Gamer membeli Game tanpa pikir panjang? pertanyaan tersebut adalah pokok bahasan yang akan saya bahas kali ini, dan menurut saya hal ini menarik untuk dibahas sesama Gamer seperti saya dan kalian. Kalau begitu kita lanjut saja ke topik bahasan.


1. Developer Yang Terpercaya

Ibarat kita membeli sebuah produk, tentu saja kita pastinya akan bertanya, apakah itu bagus? siapa yang buat?, pertanyaan-pertanyaan lumrah tersebut memang sudah wajar dilontarkan.

Developer dengan nama besar biasanya dipengaruhi berkat kemampuan mereka menjaga konsistensi sebuah karya dalam bentuk Video Games, yang sudah pasti memiliki daya tarik sendiri kepada kalangan Gamer yang biasanya memang sudah paham bahasan macam ini. Hasil apik dari sebuah Karya ibaratnya adalah jawaban dalam dunia apapun, termasuk dalam dunia Video Games.

Gamer yang memang fokus membahas perkembangan Video Games saya yakin lebih bisa memilih dan memilah dalam menentukan penilaian dalam kinerja Developer saat merilis karyanya, sehingga sudah tidak heran jika beberapa gamer sudah memberi kepercayaan khusus pada sebuah Developer, saking percayanya banyak sekali Gamer yang tidak pikir panjang untuk membeli karya dari suatu Developer berkat konsistensi dan track record apik yang sudah dilalui.


2. Nama Besar Yang Terlibat

Nama besar suatu tokoh memang sangat berpengaruh, contohnya adalah CEO dari sebuah Developer yang kamu idolakan, atau Publik figur lain yang mendedikasikan dirinya pada dunia Video Games memiliki peran khusus dalam perkembangan dunia Video Games.

Tampil dengan ‘Ciri Khas’ biasanya Tokoh dengan Nama besar selalu memiliki tempat sendiri dihati para Gamer, biarpun terkesan Segmented dan tidak bisa dinikmati semua orang, namun Tokoh dengan Nama besar yang mampu hadirkan karya ‘Nyentrik’ malah memiliki penggemar dan pendukung loyal, saking loyalnya kadang seorang penggemar seorang Tokoh ini bisa gelap mata, sehingga hal ini juga termasuk kepada hal yang dapat membuat seorang penggemar membeli karya tersebut tanpa berpikir panjang.

Dengan kata lain, ‘Tokoh’ yang dimaksud diatas terkadang dianggap “Nabi” dalam dunia Games oleh para penggemarnya.


3. Konsistensi Sebuah Franchise

Ibarat kamu adalah pecinta lukisan pemandangan, tentu saja kamu akan selalu tertarik bukan dengan lukisan pemandangan? biarpun pelukisnya berbeda.

Jika berbicara tentang ‘Kalau sudah suka mau bagaimana?’ memang susah untuk didebat, karena hal tersebut berkaitan dengan ‘selera’ dan hal tersebut memang tidak ada tolak ukurnya karena ‘selera’ setiap orang memang tidak bisa dipaksakan sama.

Video Games yang bisa kita ibaratkan adalah Lukisan Pemandangan yang disukai, mau bagaimanapun bentuknya asal berkaitan pemandangan pasti akan menarik hati bagi peminatnya. Sama halnya dengan sebuah Franchise dalam Video Games, ibarat kamu adalah penggemar Franchise Street Fighters, karena kamu sudah mengenalnya dan menyukainya sejak lama, serta Konsistensinya dalam menghadirkan apa yang ‘Peggemarnya mau’ pasti akan memiliki daya tarik tersendiri yang membuat penikmatnya tidak berpaling ke lain hati.


4. Fanboy Mutlak

Fenomena Fanboy memang selalu ada, dari Film, Musik, Makanan, Idol sampai Video Games letak Fanboy memang selalu ibarat hanya 5cm dari sang Idola/hal yang disukainya.

Fanboy memang memiliki penilaianya sendiri, jadi hal tersebut tentu tidak bisa dijabarkan dengan tulisan saja, karena konteksnya terpaut pilihan hati seseorang.

Fanboy Mutlak biasanya kebanyakan seolah menutup mata terhadap fakta-fakta yang cenderung negatif dengan apa yang disukainya, selalu membela dengan jiwa raga apa yang disukainya sampai titik darah penghabisan.

Tentu saja Fanboy Mutlak yang ‘Berpikiran sempit’ adalah sapi perah bagi suatu kalangan,  Developer suatu Game misalnya.


5. Kebiasaan Latah

Yang terakhir juga Fenomena, menurut saya hal ini tentu saja hal yang paling miris, karena dibalik 4 kriteria diatas, terdapat satu nama kriteria yang bisa dianggap ‘Nyentrik’, disaat ada suatu yang sedang Hype biasanya kutu loncat satu ini hanya sembunyi dalam kegelapan, sambil memantau dari kejauhan, jika dinilai dapat membuatnya Panjat Sosial/gaya-gayaan agar terbilang ‘Wow’ barulah kalangan satu ini akan muncul dipermukaan dengan vocal, ibarat mengetahui semua, padahal mereka hanya ikut-ikutan.

Jika mengutip dari Wikipedia, Latah adalah suatu keadaan fisik penderita yang menyebabkannya mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) secara spontan terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan si penderita. Sejauh ini, latah baru ditemukan di budaya dan orang Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia. Hanya saja kita kaitkan hal ini dalam konteks ‘Video Games’ atau Produk Games yang baru saja rilis.

Dengan kata lain kategori terakhir ini bisa dibilang yang paling ‘Tidak Jelas’, hanya ikut-ikutan, ibarat tidak memiliki tujuan khusus yag hanya mengikuti arus tanpa mengetahui dan ingin tahu kemana arus itu akan mengarahkan mereka.


Dari 5 Hal-hal yang dapat membuat Gamer membeli Game tanpa pikir panjang diatas, mana yang menurutmu paling sering ditemui? di Indonesia khususnya?


Sampai jumpa! Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com

Exit mobile version