OPINI: Manfaat Bermain Tetris Bagi Kesehatan Otak

in ,

Siapa yang tidak tau Tetris? Mungkin bagi kalian yang hidup dijaman 90-an sudah mengenal game ini dari gamebot yang bisa dibeli ditoko toko mainan atau di hp hp jadul yang sudah ada game ini. Saya sendiri sebagai anak tahun 2000-an yang mengenal game ini mulai masa remaja dan sampai sekarang saya masih main game Tetris ini walau main di Android.

UPDATE: EA sudah menghentikan dukungan untuk game Tetris nya. Tapi bukan berarti Tetris tidak ada lagi. Tetris masih tersedia di Playstore dengan publisher yang berbeda.

Bagi kalian yang masih belum tau mengenai game Tetris ini disini saya akan mejelaskannya sedikit sebagai permulaan. Tetris adalah game yang menghadirkan balok balok yang disusun untuk membuat satu baris atau lebih secara horizontal untuk mendapatkan skor. Balok balok nya pun bisa di rotate sesuai keinginan untuk membuat suatu barisan. Semakin tinggi skor nya maka permainan akan semakin cepat, dan yang mana juga permainan akan berjalan lebih lambat saat pertama kali dimulai.

Tentunya game ini juga memiliki batasan seberapa banyak tinggi balok yang bisa ditampung. Maka dari itu kalian diharuskan untuk menyusun balok balok untuk membentuk satu baris horizontal atau lebih untuk mendapatkan skor, dan balok yang membentuk baris tersebut akan hilang. Dan itu akan memberikan ruang untuk balok balok selanjutnya. Apabila tidak ada lagi ruang untuk balok balok tersebut maka game over. Kalian dianggap kalah.

Dan bagi kalian yang penasaran apakah tetris bisa tamat atau engga? Jawabannya engga! Tertris tidak bisa ditamatkan. Satu satu nya cara untuk menamatkan nya adalah dengan tidak bermain game ini. (saya lupa darimana saya mendapatkan jawaban ini)

Lalu apa serunya main game ini sedangkan game ini tidak bisa ditamatkan? Lagipula tidak ada yang bisa dilakukan selain menyusun balok dan mendapatkan skor?

Nah itulah yang membuat game jadul ini menjadi seru, yaitu Skor. Dengan adanya skor pemain bisa bersaing dengan pemain lainnya untuk mencari siapa yang lebih jago di leaderboard Tetris ini. meskipun game simple tetapi pasti ada titik kesulitannya. Dan titik kesulitan game ini adalah untuk mencapai skor setinggi tingginya dan sekaligus melampaui pemain lain. Dengan adanya sistem seperti ini maka pemain merasakan kompetitif dalam game ini. Game ini bisa juga bisa dimainkan secara offline jika kalian tidak memiliki jaringan.

Sekarang saya akan bahas tentang manfaat dari bermain game jadul ini, diantaranya yaitu:

  1. Melatih Logika

    Sebenarnya game ini menurut saya adalah game edukasi. Dimana pemain harus menggunakan logika nya sendiri untuk menciptakan suatu baris yang bisa menghasilkan skor. Ya kurang lebih seperti rubik yang juga menggunakan logika, tetapi rubik menggunakan rumus pasti sedangkan tetris tidak. Tetris memberikan suatu kemudahan dimana pemainnya itulah yang menciptakan suatu kondisi nya sendiri untuk menciptakan skor. Jadi mudah tidak nya pemain mendapatkan skor tergantung dari bagaimana logika pemain itu sendiri untuk menciptakan keadaan yang nyaman untuk meraih skor. Jadi percaya tidak percaya logika kalian akan diasah dalam game tetris ini.

  2. Berpikir Cepat

    Memang pada saat awal main tetris itu kecepatan nya lamban sehingga memberikan waktu lebih untuk berpikir sebelum meletakkan balok. Jadi bisa lebih santuy dulu. Akan tetapi semakin tinggi skor maka akan semakin cepat juga tempo permainannya. Dan disini lah kalian sebagai pemain diharuskan untuk berpikir lebih cepat. Berpikir cepat dalam artian berpikir untuk mengatasi keadaan dimana kalian bisa menempatkan balok balok ditempat yang tepat untuk mencipatakan skor dalam waktu yang sesingkat singkatnya. Tentunya logika kalian tetap harus main. Jadi disini secara tidak langsung kalian mengasah skill untuk berpikir cepat dan mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang singkat dalam situasi yang acak.

  3. Tenang

    Dan yang terakhir adalah tenang. Digame ini juga kalian juga bisa mengasah ketenangan kalian dalam mengambil suatu tindakan. Bayangkan saja. ketika kalian dalam keadaan terdesak dan hampir kalah, cobalah untuk tenang agar logika dan kecepatan berpikir kalian tetap terjaga. Dengan begitu kalian bisa mengambil tindakan yang tepat dan efisien dalam mendapatkan skor di level yang tinggi. Dan disini lagi lagi kalian dituntut untuk tenang dalam menghadapi suatu keadaan baik dalam keadaaan terdesak sekalipun.

Game ini masih memiliki iklan jika kalian bermain onilne. Akan tetapi iklan nya tidak akan mengganggu pada gameplay nya. Dan jika ingin menghilangkan iklannya kalian cukup matikan saja data seluler hp kalian sebelum bermain.

Memang bermain tetris ini tidak bisa hanya satu atau dua kali saja. harus dilakukan dengan kontinyu dan pastikan kalian juga memahami konsep permainan ini untuk mendapatkan manfaatnya. Jika kalian kalah main lagi! Kalah lagi ulang lagi! Itulah proses. Tidak ada yang bisa langsung pandai dalam sekali percobaan.

Demikian post saya kali ini. Ini hanyalah opini dari pandangan saya seorang. Jadi mohon maaf jika ada kesalahan dalam pembahasan saya kali ini. Atau kalian bisa komen dibawah untuk menambahkan opini saya ini.

Oke terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat 😀

#budayakanmembaca

Ahmad Rafi

Written by Ahmad Rafi