Chipset Helio G95 di Smartphone, Apakah Masih Bisa Diadu dengan Smartphone Lain di Tahun 2023?

Helio G95

Helio G95

Memilliki smartphone yang berdapur pacu terkini tentunya berikan kepuasan tersendiri. Selain lebih kuat secara keseluruhan, banyak warna-warni ditawarkan brand di masa kini. Namun, di antara kita masih ada yang gunakan chipset atau prosesor Helio G95, yang konon katanya masih lekat di hati.

Benar, chipset yang ditanamkan pada smartphone keluaran 2020 tersebut, nampak masih disematkan pada smartphone entry-level terkini. Entah untuk memangkas biaya produksi atau faktor lainnya, namun kemampuannya masih patut diapresiasi untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, ini yang akan kita bahas kali ini, apakah Helio G95 masih bisa diadu di tahun 2023, atau harus undur diri.

Helio G95 dan Relevansinya dengan Zaman

Meski Mediatek Helio G95 adalah keluaran lama, tapi tetap saja chipset ini tampak disematkan pada smartphone masa kini. Antara lainnya Poco M5S dan Xiaomi Redmi Note 11SE yang tampak masih setia gunakan chipset besutan Mediatek ini.

Berbicara spesifikasi, Mediatek Helio G95 ini tampak masih cukup memadai karena masih bisa mainkan Apex Legends yang termasuk game terkini. Tidak hanya itu, titel lain semacam Asphalt 9 dan Call of Duty, masih dapat dimainkan tanpa takut stutter di sana-sini.

Sumber: TechUtopia

Wajar, karena chipset ini hadirkan octa-core yang ditopang GPU Mali G76-MC4 mampu mainkan games tak melulu rata kiri tahun ini. Lain halnya Genshin Impact, yang menurut kami akan cukup berat untuk dimainkan secara nyaman pada smartphone yang tawarkan chipset ini.

Bila kalian tak sabar untuk membaca opini kilat ini, kami cukup yakin chipset ini termasuk mampu diadu sekitar satu dua tahun lagi. Namun, bila kalian butuhkan satu dua referensi tambahan supaya tak salah beli, yuk baca sampai habis opini ini.

Mediatek Helio G95 yang Identik ‘Murah’

Tentunya ini adalah poin yang dinanti oleh gamers yang baca opini ini. Di mana mereka butuh dasar atau pondasi yang bisa minimalisir atau enyahkan mindset bahwa Mediatek hanya cocok untuk kasual sehari-hari, bukan untuk memainkan games masa kini.

Meski sudah Helio G95, namun masih banyak saja calon konsumen yang mencari ‘Mediatek Helio G95 Setara dengan Snapdragon Berapa’ di mesin pencari. Artinya, masih banyak sekali yang butuhkan satu atau dua referensi supaya tak salah beli.

Bila kalian butuhkan referensi, kami bisa konfirmasikan bahwa kemampuan dari chipset ini hanya bisa adu mekanik dengan Qualcomm Snapdragon 732G dan terpaut beberapa persen di sana-sini. Menariknya, tidak ada smartphone keluaran tahun ini yang dibekali Snapdragon 732G, yang tekankan Helio G95 masih boleh dievaluasi.

Tentunya, hal ini berdasarkan data yang ada pada NotebookCheck, di mana selisihnya dapat kalian lihat di bawah ini:

Nah, berpedoman grafik di atas, tentunya kalian takkan bertanya-tanya Helio G95 Setara dengan prosesor apa di tahun ini. Selain selisihnya sama sekali tak kentara dengan Snapdragon 765G, tegaskan chipset tersebut masih bisa nyaman dipakai pada tahun 2023, dua bulan dari saat ini.

Masih berdasarkan data di atas, kasarnya Helio G95 Setara dengan Mediatek Dimensity 810 yang merupakan standar minimal terkini. Bila ada selisih pun, takkan kentara karena keduanya sama sekali nihil dalam nilai yang dicapai.

Menariknya, chipset ini kerap dicap hanya ‘sah’ dipakai untuk aktivitas non-gaming, alias aktivitas sehari-hari. Padahal, menurut kami kemampuannya dari chipset yang ‘murah’ tersebut patut diapresiasi, karena sukses goda macam brand untuk tetap sematkannya di masa kini.

Adu Mekanik Helio G95 VS Snapdragon 732G

Nah, sesuai data yang ditampilkan oleh NotebookCheck sebelumnya, rasanya aman untuk katakan pemenang dari Helio G95 dan Snapdragon 732G adalah G95 karena masih dipakai bahkan sampai detik ini.

Bila kalian mager scroll ke atas, di bawah ini adalah grafik yang dapat kalian jadikan referensi:

Dan untuk lebih baiknya, kalian bisa cek video di bawah ini:

Meski demikian, Helio G95 tampak sudah menunjukkan umurnya, dan manufaktur sudah mulai beralih ke Mediatek Dimensity untuk kemampuan yang tentunya miliki relevansi.  

Untuk urusan foto-foto, chipset ini dirasa tak bisa berikan hasil layaknya smartphone lain dengan chipset Snapdragon 732G tadi. Ditambah adanya embel-embel boros dan cepat panas, yang hantui semua smartphone tersebut yang harus dijadikan evaluasi.

Jadi, Masih OK untuk Tahun 2023?

Secara kasar, bisa dibilang hasilnya akan bervariasi. Hal tersebut dikarenakan pemakaian tiap individu akan berbeda, dan tak bisa dipukul sama rata sama sekali. Menurut penulis pribadi, Helio G95 masih bisa dipakai untuk bermain game yang sama sekali tak menuntut spek terkini.

Di antaranya Apex Legends dan sekelasnya, tentu kalian masih bisa gunakan smartphone yang kalian miliki karena kebutuhan kalian sudah terpenuhi. Namun, kalau kalian baru mau membeli smartphone yang tawarkan chipset ini, cepat urungkan niat kalian dan carilah chipset Dimensity yang pastinya miliki nilai relevansi.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version