[OPINI] Resident Evil Dead Aim: Seri yang (Lebih) Layak Dapatkan Remake?

in

*Artikel ini adalah salah satu tulisan dari kontributor di Gamebrott Community – Rafi 3L. Bagi kamu-kamu yang pengen menulis serta mendapatkan bayaran guna menambah uang jajan, serta  memiliki info menarik ataupun tips & trick seputar video game bisa bergabung bersama kami di Gamebrott Community*

Saat tulisan ini dibuat, banyak yang berdebat mengenai seri Biohazard mana yang layak dapat Remake setelah RE3. Berikut adalah opini mengapa Dead Aim lebih layak diremake daripada RE4, Code Veronica, maupun Outbreak


Merupakan Spin-Off yang Keren

Tidak seperti Revelation, Dead Aim adalah spin-off dari seri utama Resident Evil sehingga apa yang terjadi pada timelinenya (mungkin)tidak berpengaruh pada seri utamanya. Game ini juga bisa disebut sebagai ekspansi dari RE universe karena menunjukkan campur tangan pemerintah (US STRATCOM dan Chinese Inteligence) secara langsung dalam upaya pencegahan bioterorisme . Elemen ini bisa menjadi daya tarik penjual seri ini di masa depan.


Gameplay Lain Dari yang Lain

Dead Aim merupakan seri dari Gun Survivor, mungkin inilah penyebab game ini dianggap buruk seperti predecessor-nya meskipun core gameplay-nya berbeda dari seri Survivor lain. Selain itu, seri ini justru mengombinasikan TPS dan FPS dengan sangat baik sehingga memudahkan player dalam bermanuver dan menembak tanpa takut menjadi terlalu ‘action’. Game ini juga menyematkan sedikit elemen stealth dalam melawan zombie dan boss sehingga kamu bisa sedikit berimprovisasi untuk memperkaya gameplay.


Atmosfer Horror yang Kentara

Dead Aim rilis sebelum RE4 yang bisa dibilang sebagai pondasi action untuk RE mendatang, oleh karena itu bisa dibilang bahwa esensi horror masih melekat kuat di game ini. Berada di kapal yang gelap dan dipenuhi mayat akan membuat siapaun bergidik. Kengerian tersebut ditambah, dimana dalam game ini kamu akan dibuat sulit membedakan mayat dan zombie. Desain B.O.W pun dibuat lebih beringas (dan keren tentunya) mengingat ini seri RE pertama dimana kamu bisa menembak secara bebas. Dengan graphic overhaul, horror pada game ini akan semakin menjanjikan.


Replayibility 

Game ini punya 2 character yang bisa anda mainkan, meskipun direkap dalam satu campaign, ada beberapa perbedaan yang bisa anda rasakan. Selain itu anda bisa memulai game dengan inifinite ammo dan karakter lain apabila anda menamatkan game ini dengan syarat tertentu, mungkin ditambah dengan konten remake di masa depan akan semakin membuat tingkat replayibility Dead Aim naik. Hal ini bisa digunakan untuk mencover durasinya yang singkat, sekitar 3-5 jam.


Sekian opini mengenai alasan kelayakan Dead Aim untuk remake, dibanding RE4 yang merupakan RE ‘paling sempurna’ dengan gameplay yang masih sangat relevan dengan dunia gaming modern dan konten yang melimpah, Dead Aim mungkin lebih layak diremake untuk menutupi kelemahannya.

[zombify_post]

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person