OPPO Meluncurkan OS Terbarunya ColorOS 11 yang Berbasis Android 11 ke Lebih Dari 28 Model Smartphonenya

in , ,

OPPO pada tanggal 14 September 2020 kemarin mengumumkan pembaruan Operating Systemnya yaitu ColorOS 11 yang berbasis Android 11. OPPO sendiri mengatkan bahwa ColorOS 11 akan memberikan pengalaman penggunaan layaknya Android stok, dan menawarkan kustomisasi terbarunya berkat konsep yang mereka namakan “Make Life Flow”.

Untuk kustomisasinya, ColorOS 11 memberikan tiga skema warna baru dan pilihan tingkat kontras di dalam Dark Mode nya, kalian juga bisa merubah tampilan pada Always On-Display, tema, wallpapers, font, icon-icon, dan ringtones. OPPO juga mengoptimalkan gesture screenshoot dengan tiga jari yaitu dengan menambahan fitur translate yang bekerjasama langsung dengan Google, cara kerjanya adalah kalian dapat langsung menerjemahkan teks yang terdapat pada screenshoot yang diambil, dan semua itu berkat Google Lens.

Kemudian ada fitur multitasking terbarunya yang disebut Flexdrop, selain itu kita nantinya dapat mengendalikan perangkat-perangkat Smart Home melalui menu “kontrol perangkat” tanpa mengunduh aplikasi yang biasanya berbeda setiap perangkatnya. Dari sisi baterai, ada mode “hemat daya super” yang berguna ketika perangkat kalian hampir kehabisan baterai tetapi masih ingin menggunakannya sedikit lebih lama, bekerja dengan cara memilih enam aplikasi yang akan tetap bisa digunakan ketika dalam mode tersebut.

Fitur selanjutnya berfungsi sebagai pelindung supaya baterai kita tidak cepat rusak, mekanismenya dengan cara ponsel akan menghentikan pengisian daya ketika baterai mencapaipai 80% di malam hari, dan keesokan harinya secara otomatis pengisian akan dilanjutkan hingga penuh. OPPO sudah mengatasi lags dan stutters yang dihasilkan dari frame rate tinggi dengan UI First 2.0, mereka mengklaim bahwa fitur ini bisa memaksimalkan penggunaan RAM sebesar 45%, meningkatkan responsivitas sebesar 32%, dan frame rate sebesar 17%.

ColorOS 11 juga meningkatkan masalah privasi dan keamanan dengan fitur barunya yang mereka sebut “Private System”, sistem ini bekerja dengan cara mempartisi aplikasi menjadi 2 versi untuk mengelola data dengan aman, metode ini bekerja dengan menyimpan data pengguna di versi kedua aplikasi yang diproteksi mengunakan pemindai sidik jari atau kata sandi secara terpisah. ColorOS 11 sudah tersedia dalam versi beta mulai tanggal 14 September 2020 kemarin secara batch-by-batch. Untuk versi resminya atau stable akan hadir di lebih dari 28 model ponsel yang sudah ada, dimulai dengan seri Find X2, seri Reno3,dan lainnya dalam beberapa minggu kedepan.

Berikut daftar device-device OPPO yang mendapatkan Beta ColorOS 11 secara resmi :

Dengan pengumuman ColorOS 11 tersebut OPPO bisa dibilang salah satu OEM pertama yang meluncurkan Android 11 secara publik setelah Google mengumumkannya minggu lalu. Setelah ini kita tinggal menunggu waktu saja brand-brand lain seperti Realme, Xiaomi, OnePlus,dan lain-lain memberikan pembaruannya lewat OS mereka masing-masing.


Baca juga artikel lain terkait dengan Android, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Aldo

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Avatar

Written by aldo