Orang Buta Akan Bisa Memainkan Game Balap Dengan Sistem RAD

feature
Orang tuna netra akan bisa merasakan nikmatnya bermain game!

Brian A. Smith membuat sebuah gebrakan baru di bidang teknologi, tepatnya di industri video game. Ia membuat sebuah sistem baru bernama Racing Auditory Display (RAD), yang memungkinkan orang tuna netra untuk memainkan game balap. Sistem ini menggunakan teknik multiple sonificationTeknik tersebut akan memberi tau pemain tentang apa yang terjadi dengan mobil di arena balap hanya dengan beberapa suara ‘peringatan’. Sehingga tanpa melihat layar monitor, seseorang akan mengetahui apakah mobilnya melaju di jalur yang benar atau akan menabrak pembatas jalan. Dengan RAD, orang tuna netra akan dapat bermain game balap sama baiknya (atau bahkan bisa lebih baik) dari orang dengan penglihatan normal.

RAD bekerja dengan dua teknik utama sonifikasi yaitu sistem sound slider dan turn indicator. Keduanya membantu pemain mengetahui kapan harus mengerem, informasi kecepatan mobil, seberapa jauh untuk mencapai belokan selanjutnya, posisi mobil sehingga pemain bisa melalui belokan dengan optimal, dan beberapa hal lainnya. Dengan hal ini, pemain dapat melakukan strategi ketika balapan meski dengan mata terpejam sekalipun (untuk orang dengan penglihatan normal, tentunya).

 

Seringnya game yang didesain khusus untuk tuna netra sangat berbeda dengan game yang ada untuk orang normal. Mereka mendapatkan ‘versi-simpel’ dari sebuah game. Brian mengatakan bahwa dengan sistem ini orang tuna netra akan bisa merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan orang kebanyakan ketika bermain game.

“RAD adalah sistem pertama yang memungkinkan orang tuna netra memainkan game balap dengan grafik full 3D, tampilan kendaraan yang realistis, arena balap yang kompleks, dan controller PS4,” ucap Brian, dikutip dari Tech Crunch, “ini bukan game balap versi penyederhanaan sekenanya yang didesain khusus untuk penyandang tuna netra.”

Di luaran sana memang ada game-game yang didesain khusus untuk penyandang tuna netra. Berbagai macam audio game dengan judul yang bervariasi pun ada. Hal tersebut tentu agar orang-orang tuna netra ini bisa merasakan kenikmatan bermain game. Bahkan 1-2-Switch, game Nintendo Switch yang meski tidak dikhususkan untuk penyandang tuna netra ini juga bisa dinikmati oleh mereka. User YouTube bernama James Rath memperagakannya dengan bermain bersama penyandang tuna netra.

Pada April mendatang RAD rencananya akan dipresentasikan pada sebuah acara konferensi. Pengenalan ini memiliki harapan agar RAD ke depannya dapat digunakan pada seluruh game balap. Di bawah ini kamu bisa saksikan Edis Adilovic memainkan prototip dari game yang menggunakan sistem RAD. Sedikit saran, gunakan earphone untuk mendengarkan perbedaan dari audio ketika mobil melaju di arena balap.

Exit mobile version