Orang Ini Berhasil Jalankan Windows 11 Pada Komputer Jadulnya

Windows 11 Komputer Jadul

Microsoft dengan sistem operasi terbarunya Windows 11, sebelumnya memang telah secara resmi memampang spesifikasi minimal yang dibutuhkan pengguna pada situsnya. Seolah ingin membuktikan spesifikasi minimal tersebut, seorang pengguna ternyata berhasil jalankan Windows 11 pada komputer jadulnya.

Berhasil Karena Kelewat Jadul?

Fenomena ini seolah bertentangan dengan klaim oleh pihak Microsoft, yang mana Windows 11 hanya dirancang khusus perangkat modern. Namun memang pada dasarnya manusia adalah insan kreatif, membuat spesifikasi minimal tersebut hanya sekedar data di atas kertas.

Adalah Carlos S.M, melalui cuitannya ia memberikan screenshot dan video di mana komputer jadulnya berhasil jalankan Windows 11. Dalam video yang diunggahnya tersebut, ia membuktikan bahwa semua komponen jadul terbukti bisa menjalankan sistem operasi teranyar dari Microsoft tersebut.

Carlos dalam cuitannya tersebut menggunakan prosesor Intel Pentium 4 661 3.6GHz yang hanya memiliki 1 Core, dilengkapi RAM DDR2 4GB. Sekedar informasi bahwa prosesor tersebut rilis pada tahun 2006, dan RAM DDR2 yang ia gunakan rilis pada awal tahun 2003. Prosesor tersebut menghuni Asus P5Q yang rilis pada tahun 2008 sebagai rumahnya.

Entah bagaimana cara yang ia lakukan, namun Carlos berhasil melakukan instalasi Windows 11 menggunakan Windows 10 PE Installer. Video di bawah ini menunjukkan rentetan hasil kerja keras yang ia lakukan untuk mencicipi sistem operasi teranyar dari Microsoft tersebut.

Bila melihat spesifikasi minimal yang terpampang pada situs Microsoft, spesifikasi tersebut bahkan tak layak penuhi persyaratan untuk jalankan Windows 11. Terlebih Microsoft menyatakan bahwa prosesor dual-core merupakan persyaratan mutlak, namun entah bagaimana Windows 11 PC Health Tool memperbolehkannya untuk instal.

Selain harus memenuhi spesifikasi minimal, sebuah komputer harus sudah mendukung TPM 2.0 yang hanya tersedia untuk perangkat modern. Melihat sedikit ke belakang, prosesor yang didukung hanya terbatas pada Intel Coffee Lake (2017), dan AMD 2000 (2018).

Gimana menurut kalian tentang hal ini, brott? Apakah memang Windows 11 sebenarnya bisa dijalankan pada semua perangkat terlepas spesifikasi minimal yang diperlukan? Yuk, share pendapat kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version