RTX 3060 Founder Edition Tidak Meluncur, Orang Ini Mendesainnya Sendiri

Rtx 3060 Founder Edition

Salah satu kebiasaan NVIDIA adalah dengan meluncurkan Founder Edition alias edisi khusus dari sebuah kartu grafis. Namun, tidak dengan RTX 3060 Founder Edition yang tak kunjung meluncur, yang tampaknya berhasil mendesak orang kreatif ini untuk mendesainnya secara mandiri. Gimana dengan penampilannya, yah?

RTX 3060 Founder Edition Ini Dibuat dengan Mesin 3D Printer

RTX 3060 tampak dari samping

Founder Edition yang seringkali disingkat dengan FE adalah kartu grafis yang diproduksi secara khusus oleh manufaktur NVIDIA secara terbatas, atau bisa dikatakan sebagai prototipe. Memiliki kartu grafis dengan jenis ini biasanya memberikan kebanggan tersendiri.

Hal itulah yang membuat salah seorang user Reddit bernama Clashmains_2account untuk mendesain, dan mencetak RTX 3060 Founder Edition, yang tentu saja tidak meluncur resmi. Ia pun mencetak desain pendinginnnya dengan mesin 3D printer, karena dirasa lebih gampang.

Contoh desain atau blueprint yang ia desain sedemikian rupa

Clashmains_2account merombak total kartu grafis RTX 3060 yang ia miliki, dengan mendesain dan merancangnya sedetil mungkin supaya dapat terlihat sebagai RTX 3060 Founder Edition.

RTX 3060 ‘FE’ yang tampil gagah

Ternyata usahanya tidak sia-sia. Penampakan RTX 3060 yang ia miliki kini benar-benar tampak layaknya kartu grafis khas NVIDIA Founder Edition yang memang tampak keren.

Menggunakan Bahan Tahan Panas

Kombinasi bahan yang tahan panas

Di antara dari kalian tentunya akan bertanya-tanya, bukankah bahan yang digunakan pada mesin 3D printer umumnya tidak tahan panas.

Untuk mengantisipasi panas berlebih, Clashmains_2account memanfaatkan bahan yang tahan panas semacam ABS atau PETG, dan dibarengi dengan kipas pendingin dari Noctua berukuran 92mm untuk menghindari panas berlebih yang berpotensi merusak hasil cetakan mesin 3D printer tersebut.

Bahan  RTX 3060 Founder Edition yang dibuatnya memang tampak sederhana, dan masih didominasi oleh bahan PLA. Namun, bila dikombinasikan dengan semua bahan yang ia miliki, ia berhasil menciptakan kartu grafisnya sendiri yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain.

Gimana menurutmu, brott? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejaknya untuk hasilkan kartu grafis yang unik dan menarik?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version