Dirasa Kurang, Orang Ini Modifikasi VRAM RTX 2080 Jadi 16GB

Vram Rtx 2080

Dunia teknologi, terutama komputer, tampaknya tidak akan pernah lepas dari kelakuan unik dari komunitas. Salah satunya adalah modifikasi VRAM RTX 2080 yang telah dimodifikasi oleh seorang modder, yang mana berhasil mendongkrak memori naik dua kali lipatnya. Lantas, gimana performa kartu grafis yang dimodifikasi ini?

Orang Ini Modifikasi VRAM RTX 2080 Jadi 16GB

Paulo Gomes (kanan) dan kliennya (kiri)

Informasi menarik seputar modifikasi VRAM RTX 2080 ini kami dapatkan lalui kanal YouTube Paulo Gomes. Di mana melalui video yang di-upload beberapa saat lalu, mereka memamerkan modifikasi memori pada kartu grafis flagship pada masanya tersebut menjadi dua kali lipatnya.

Sebagaimana yang mungkin telah kalian ketahui, kapasitas atau jumlah VRAM RTX 2080 pada dasarnya hanya sebesar 8GB – yang mungkin dirasa amat sangat kurang untuk memainkan game modern pada resolusi dan pengaturan tertentu.

Sang klien bahkan menyertakan chip memori

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tim modder dari Paulo Gomes diminta untuk menambahkan jumlah VRAM kartu grafis klien mereka. Malahan sang klien tak lupa menyertakan chip memori yang dibutuhkan untuk mengeksekusi modifikasi tersebut.

Proses modifikasi kartu grafis tersebut ternyata tak membutuhkan waktu lama. Tim modder Paulo Gomes hanya mencopot memori lama yang tertanam pada kartu grafis tersebut, untuk kemudian menyolder chip memori berkapasitas dua kali lipat setelahnya.

Penambahan kapasitas VRAM yang sukses!

Setelah sukses memodifikasi kartu grafis tersebut, tak lupa mereka mengecek GPU-Z – aplikasi yang umum digunakan untuk mengecek informasi dari kartu grafis. Terlihat tidak ada masalah pada RTX 2080 yang dimodifikasi tersebut, karena telah menunjukkan VRAM 16.384 MB alias 16GB.

Minor improvement?

Setelahnya, tim Paulo Gomes tak lupa menyertakan hasil komparasi kartu grafis dengan VRAM 8GB dan 16GB yang mungkin dirasa sebagian orang minor. Meski konsumsi daya yang dibutuhkan kurang lebih sama, namun selisih frame setelah VRAM-nya dimodifikasi cukup minor, yakni di kisaran 8%.

Modifikasi yang Bisa Jadi Solusi Murah?

Sebagaimana yang telah kami beritakan sebelumnya, modifikasi VRAM ini ternyata bukan yang kali pertama dilakukan di komunitas. Pada pertengahan tahun lalu, malah ada modder yang memodifikasi VRAM RTX 2080 Ti sampai menyentuh angka 44GB.

Walau di antara dari kalian merasa modifikasi ini mungkin terkesan sia-sia, namun beberapa malah berpendapat bahwa ini merupakan modifikasi yang bisa menjadi solusi murah ketimbang harus mengeluarkan uang tak sedikit untuk kartu grafis generasi terbaru.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version