Overwatch Segera Implementasi Role Queue; Beri Tiga Skill Rating Berbeda


Follow Us
Kamu bisa memainkan hero yang kamu bisa.

Sebagai salah satu game hero-shooter kompetitif dengan ranah eSportsnya yang berkembang pesat. Tentunya tekanan yang diberikan oleh player lain saat competitive mode di Overwatch terasa cukup wajar mengingat tim yang akan berlaga salah satunya diseleksi dan ditentukan oleh Skill Rating atau SR setiap individu di mode tersebut. Membuat sebagian besar player harus berhati-hati dengan komposisi tim dan hero yang mereka pilih agar tak merusak tatanannya. Namun nampaknya Blizzard mencoba untuk memecahkan masalah tersebut dengan role queue.

Nulis artikel dibayar

Jeff Kaplan menjelaskan bahwa role queue di Overwatch akan berimu kesempatan untuk memilih hero yang kamu kuasai, mulai dari DPS, Tank, maupun Support. Setiap role masing-masing akan miliki dua player. Player yang telah memilih salah satu role tersebut sebelum mengantri di competitive match takkan bisa mengganti hero dengan role yang berbeda. Jadi, jika kamu memilih DPS, maka kamu takkan bisa menggunakan support maupun tank saat match dan hanya bisa berubah menjadi role yang sama saja.

Kaplan melanjutkan bahwa kamu nantinya akan miliki matchmaking rating untuk ketiga role tersebut di Overwatch. Sementara di mode competitive, kamu akan miliki tiga SR baik damage, tank, dan support. Implementasi ini juga mengganti placement match dari 10 menjadi 5 saja untuk setiap role. Ia juga akan gantikan total SR di sistem lama, jadi jika kamu memiliki ketiga SR di competitive match, maka akumulasinya akan jauh berbeda dari sistem lama karena berpotensi dapatkan rating yang lebih tinggi. Blizzard akan berikan detil bagaimana mekanismenya dalam waktu dekat.

BACA JUGA  Berikut Penampakan Gameplay 50 Menit Remake WarCraft III, Reforged

Dengan pengumuman ini, Kaplan juga menjelaskan bahwa Season 17 dari competitive akan selesai lebih dulu untuk mencoba versi beta competitive dari sistem baru yang akan diimplementasikan tersebut pada tanggal 13 Agustus nanti selama dua minggu di semua platform. Ia menambahkan bahwa role queue merupakan fitur yang sangat rumit di Overwatch dan membutuhkan banyak sekali uji coba sebelum diimplementasikan secara permanen. Versi beta dilakukan karena Blizzard tak bisa mengimplementasikannya sekarang juga di PlayStation 4 dan Xbox One, sementara kamu yang memainkan versi PC bisa mencoba sistem baru tersebut saat ini juga di server PTR. Pada tanggal 1 September nanti, role queue akan diimplementasikan di semua platform dan match, baik quick match hingga competitive.

BACA JUGA  Bos Epic Games Sindir Blizzard Soal "Insiden" Hearthstone Kemarin

Di sisi lain, bagi kamu yang masih ingin memainkan Overwatch seperti saat ini dan mungkin membenci sistem barunya, Blizzard akan tambahkan Quick Match Classic di Arcade yang juga akan berimu kesempatan untuk dapatkan loot box seperti biasa.

Ide ini sebenarnya muncul karena banyak sekali player yang mungkin bisa menggunakan salah satu tipe hero di Overwatch namun tak bisa menggunakan semua role. Membuat mereka secara tak sadar merusak kualitas permainannya karena masing-masing dari mereka ingin memenangkannya dengan hero yang mereka sukai namun tak terjawab karena komposisi tim yang acak.

Kaplan juga menjelaskan bahwa Blizzard tak ingin mengubah meta (most effective tactic available) karena balancing akan terus ada dan meta akan terus berubah. Kaplan juga mendengar bahwa membatasi meta dengan 2-2-2 akan merusak kreativitas para player yang ingin bermain kreatif. Ia sangat setuju dengan pendapat tersebut, namun menurutnya jika kamu kreatif maka kamu akan menemukan cara yang tepat di balik pembatasan 2-2-2 tersebut di Overwatch.

Dengan 2-2-2 yang akan diimplementasikan, maka balancing hero akan menjadi target Blizzard selanjutnya. Salah satunya adalah Brigitte yang menurut Kaplan terlalu kuat saat bermain bersama hero support lain. Mereka berencana untuk memberikan perubahan besar-besaran kepada anak Torbjorn tersebut agar cocok dengan sistem 2-2-2 di Overwatch.

Di akhir videonya Kaplan menjelaskan bahwa waktu antri akan menjadi perhatian utama Blizzard dalam mengimplementasikan sistem baru ini di Overwatch. Mereka bahkan telah siapkan bonus tertentu bagi kamu yang memilih role yang memberikan pengaruh luar biasa dalam tim yang dibutuhkan di saat tertentu.

BACA JUGA  Pukulkan Keyboard ke Kepalanya Sendiri Saat Streaming, Dellor Diban Permanen dari Twitch

Overwatch saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Ikuti terus beritanya, agar kamu tahu apa saja yang Blizzard lakukan di IP terbarunya dengan sistem baru tersebut. Kamu bisa membaca detil perubahannya di laman resmi berikut.

contact: akbar@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item