Paladins Adaptasi Sistem Kartu Layaknya Star Wars Battlefront II

paladins2
EA menginspirasi developer lain untuk melakukan hal yang sama.

Paladins: Champions of the Realm kini tengah disibukkan dengan persiapan patch Open Beta ke-64. Update yang akan segera diimplementasikan tanggal 6 Desember ini akan tambahkan sistem kartu baru bernama Cards Unbound dengan sistem yang “mirip” dengan Star Cards milik Star Wars Battlefront II.

Jika sebelumnya kamu hanya perlu membuka setiap kartu dengan crafting atau mendapatkannya melalui loot chest, maka berbeda dengan sistem terbarunya. Cards Unbound akan mungkinkanmu mengakses semua kartu milik championmu masing-masing, namun dengan penambahan level di tiap kartunya. Setiap kartu miliki kekuatan yang jauh berbeda dan bisa ditingkatkan levelnya hingga ke level yang lebih tinggi. Sebuah kompensasi akan diberikan dengan memberikan boost tiap kartu yang sudah kamu miliki ke level 3.



Menaikkan level kartu bisa kamu lakukan dengan mendapatkan kartu duplikat melalui grinding atau membeli loot chest dengan uang asli. Hal ini sekaligus menghilangkan essence, sehingga membuat para player tidak bisa membuat duplikat kartunya sendiri dan hanya tergantung pada random drop dari loot chest. Sistem ini sangat mirip dengan Star Cards milik Star Wars Battlefront II, dan Hi-rez sendiri mengakui dalam postingan blognya bahwa sistem ini kemungkinan akan menjadi kontroversi, mengingat sistem ini juga dilakukan oleh game berbayar (Star Wars Battlefront II, red).

Cards Unbound akan tertahan di level 3 apabila player memainkan competitive mode. Namun hal ini justru menjadi kontroversi di quick play mode dimana player bisa melakukan jalan pintas hanya dengan membelinya, mengingat setiap kartu miliki kekuatan berbeda di tiap levelnya. Banyak orang di reddit mengatakan bahwa hal ini akan hantarkan gamenya ke pay-to-win, thread ini misalnya yang mengatakan bahwa tak semua orang ingin mainkan competitive mode yang matchmakingnya didasari oleh skill. Menurutnya, kartu dengan level tinggi akan terasa sangat kuat dibandingkan kartu yang miliki level rendah di quick play, membuatmu harus hadapi dua pilihan: membayar atau grinding.



Menurut seorang YouTuber dengan user Kami pada video di atas, jika harus dikalkulasikan, kamu akan butuhkan setidaknya 43 duplikat kartu untuk menaikkan level common card hingga ke level 5. Saat ini terdapat 271 common card di gamenya. Jadi, kamu bisa membayangkan bagaimana susahnya grinding untuk mendapatkan 43 kartu duplikat demi memaksimalkan level common cardmu. Hal tersebut belum termasuk Rare, Epic, dan Legendary card.

Update ini akan segera diimplementasikan tanggal 6 Desember nanti, dan Hi-Rez saat ini masih mendengarkan feedback dari para fansnya untuk “mengatur” sistem Cards Unbound agar lebih baik. Bagaimana menurutmu? Apakah sistem baru tersebut akan berikan elemen pay-to-win yang kental dalam gamenya nanti?

Exit mobile version