Panduan Agar Akun Video Game Aman dari Pembobolan atau Hacking

Proteksi Akun

Di zaman yang serba digital ini, proteksi akun menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, termasuk para gamer. Membuat akun dengan password yang mudah ditebak, berulang, bahkan tanpa proteksi tambahan merupakan hal yang sangat sembrono.

Ini karena semua datamu sangat mudah didapatkan oleh hacker nakal di luar sana yang akan memanfaatkan apapun dari akunmu. Entah mencuri game yang telah kamu beli, menggunakan data pribadi yang ada di dalamnya untuk dijual di forum underground, bahkan mengancammu untuk meminta tebusan.

Oleh karenanya, proteksi dan keamanan akun terutama akun video game tak boleh dipandang sebelah mata. Kamu wajib dan harus mengamankannya agar kamu saja yang bisa mengaksesnya.

Melalui artikel berikut, kami akan memandumu tentang apa saja hal yang harus diperhatikan agar akunmu setidaknya lebih aman dan terproteksi dari pembobolan atau hacking. Apa saja tips dan panduannya? Yuk, simak tulisan di bawah.

Catatan:

Untuk masalah kredit, semua sumber gambar: istimewa (diambil dari berbagai sumber di internet)

Gunakan Password yang Sulit

Kombinasi password sulit merupakan hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk akunmu. Ngga cuman huruf dan angka, kamu juga bisa tambahkan simbol seperti tanda seru, dolar, atau kombinasikan huruf besar dan kecil agar password sulit untuk diingat orang lain. Password yang sulit juga akan membuat akunmu lebih aman dari biasanya.

Kamu susah mengingat password? Kamu bisa menggunakan software password manager yang nawarin servis gratis. Dengan begitu kamu ngga perlu susah-susah mengingatnya.

Edukasi Diri dari Phishing

Kejahatan Phishing simplenya adalah kejahatan yang memanfaatkan keteledoranmu, entah membuka link ga jelas yang dikirim via e-mail tanpa memperhatikan siapa yang ngirim, tergiur dengan penawaran menarik seperti primogem gratis dengan jumlah banyak, giveaway muluk-muluk yang ngga mungkin terjadi atau bahasa kerennya too good to be true, dsb.

Kamu harus hati-hati dengan lebih teliti dan selektif tentang apapun yang kamu lakukan di internet. Download via link yang benar, cek dua kali alamat maupun nama si pengirim e-mail dan memastikan tidak ada yang mencurigakan, cek kembali website resmi servis atau game yang kamu mainkan jika menemukan penawaran menggiurkan namun too good to be true, googling semua yang kamu tak tahu jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, tidak memberikan password ke siapapun, dan yang lainnya.

Dengan mengedukasi diri dari kejahatan phishing, maka kamu akan lebih berhati-hati agar tak sembrono di internet. Terutama dengan hal yang berkaitan dengan akunmu. Ya… kalau kamu gamau ambil resiko sih, siapin akun kedua buat mancing. Tapi rasanya ngga susah kok kalo kamu udah teredukasi dengan baik untuk membedakan siapa yang nipu dan beneran resmi dari penyedia servis game.

Ganti Password Sesering Mungkin

Ganti password itu penting, setidaknya dua atau tiga bulan sekali. Mustahil banget datamu ngga diperjual-belikan oleh penyedia servis. Pernah ada e-mail aneh-aneh masuk meskipun kamu ngga pernah bagiin datamu ke mereka? Ya itu salah satu tanda bahwa datamu dijual.

Kita ngga pernah tau datamu ini dijual ke perusahaan berkompeten cuman mau nawarin produk aja atau perusahaan yang ngga bisa proteksi data mereka sendiri. Kalo udah gitu, hacker bisa aja ngecek dan ngebobol akunmu cuman dari e-mail aja.

Kalau kamu sulit mengingatnya, coba buat setidaknya tiga hingga lima password fix yang mudah kamu ingat, campur dan bolak-balik kombinasinya agar tiap ganti password mudah diingat. Atau ya sama seperti poin pertama, gunakan software password manager yang beri servis gratis.

Amankan PC dari Malware

Selalu scan PC-mu menggunakan antivirus atau anti-malware. Kita ngga akan pernah tau apakah aktivitas kita selama ini terutama download, nyisipin file yang bisa aja mencuri data pribadimu termasuk password akun video gamemu.

Gunakan Authenticator / 2-Step Verification

Authenticator atau 2-step verification merupakan proteksi absolut dan wajib kamu miliki saat ini. Mudahnya kebocoran data entah karena keteledoranmu bisa terproteksi dengan adanya servis ini. Sudah banyak dan hampir semua servis game yang implementasikan fitur ini di setiap akun. Steam misalnya dengan Steam Guard, Origin dengan e-mail dan Google Authenticator, bahkan akun Google-mu bisa diamanin pakai Authenticator dsb.

Authenticator ini umumnya bisa didownload via aplikasi HP seperti Google Authenticator atau aplikasi individual yang disediakan oleh penyedia layanan. Jadi setiap kali akunmu login ke tempat atau perangkat yang tak dikenal, IP baru, dan tak diingat oleh sistem, maka ia akan aktif secara otomatis dan meminta kode PIN authenticator.

Tidak menggunakan 2-step verification membuatmu terlihat konyol di 2021. Karena semua datamu mudah banget didapetin sama hacker nakal. Salah satu triggernya dengan mengetahui alamat e-mailmu misalnya.

Memang, proteksi tersebut tak sempurna, namun akan membuat mereka yang nakal setidaknya lebih sulit untuk menjebol akunmu. Bahwa mengetahui e-mail dan password saja ngga cukup buat login dan mengambil alih kemudian mencuri semua datamu.

Dengan menambah authenticator, maka ia akan berikan proteksi tambahan yang menjadikan akunmu setidaknya lebih aman dari pembobolan atau hacking.


Panduan di atas memang masih belum sempurna, namun setidaknya bisa menjaga agar akunmu aman dari pembobolan. Kamu ngga mau kan kalau semua datamu dimanfaatin buat merugikanmu bahkan untuk sesuatu yang ngga kamu lakukan sama sekali?

Tentu saja jika kamu punya tips dan panduan tambahan, maka kamu bisa membagikannya di kolom komentar agar semua player bisa lebih mengamankan akunnya.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version