Panduan Membuat NAS Sendiri di Tahun 2022, Lebih Ramah di Kantong

Panduan Membuat Nas Sendiri

Berbicara evolusi dunia teknologi dan kebutuhan user, tampaknya kehadiran sebuah network-attached storage atau NAS makin dibutuhkan. Sayangnya, taksiran dari NAS terkadang masih kurang bersahabat sehingga buat kantongmu jebol. Berdasarkan hal tersebut, tak sedikit orang mencari panduan membuat NAS sendiri, yang diklaim lebih ramah di kantong.

Selain tak buat alokasi danamu kemana-mana, membuat sebuah NAS sendiri sama halnya merakit sebuah komputer yang berikanmu kepuasan. Tak hanya itu, spesifikasi dari NAS yang akan kamu buat bisa disesuaikan dengan kebutuhan, berikannya nilai reliable.

Alasan lain yang tak kalah menarik ialah kemudahan maintenance, karena komponen yang dipakai kurang lebih sama dengan komputer pada umumnya. Selain harus andal, tentu kita tak boleh lewatkan aspek durabilitas dari komponen itu sendiri.

Daripada semakin berlama-lama, inilah panduan membuat NAS sendiri, yang pastinya lebih ramah di kantong.

Panduan Membuat NAS Sendiri, Pemilihan Komponen

Salah satu alasan di balik orang membeli NAS ialah fungsi dan kemudahan yang ditawarkan. Peran NAS ialah bekerja sebagai media penyimpanan yang terhubung dengan jaringan internet rumah maupun tempatmu bekerja.

Sebuah network-attached storage bolehkanmu hubungkan bermacam perangkat yang telah diatur sedemikian rupa untuk mengakses bermacam data di dalamnya.

Mayoritas user memang lebih memilih untuk membeli NAS siap pakai di e-commerce kesayangan mereka. Tentu saja semua sudah penuh hitungan karena taksirannya terkadang jauh dari alokasi dana yang kita miliki. Alhasil, tak sedikit orang yang mencari panduan membuat NAS sendiri untuk menekan kucuran dana.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan membuat sebuah NAS secara mandiri:

Case

Untuk memulai panduan membuat NAS sendiri, kami sangat menyarankanmu untuk mulainya dari pemilihan case. Faktanya, sebuah NAS memiliki ukuran yang benar-benar ringkas, namun masih mampu dijejali sekitar tiga empat hardisk berukuran 3.5” di dalamnya.

Untuk itu, kami rekomendasikan case Tecware Quad yang mampu dijejali 8 penyimpanan. Berdasarkan situs Tecware, case ini mampu memuat 4 buah hardisk berukuran 3.5” dan 4 buah SSD di dalamnya.

Penampakan dari Tecware Quad, cocok untuk NAS

Ukuran yang ditawarkan termasuk ringkas, dan pendinginan yang ditawarkan pun tergolong mencukupi. Ukuran motherboard yang didukung pun sampai dengan Micro-ATX dengan empat slot memory yang pasti sudah mencukupi.

Prosesor

Sebenarnya, prosesor yang akan kami sarankan pada panduan membuat NAS sendiri ini termasuk relatif harus disesuaikan dengan kebutuhan. Rasanya tidak perlu gunakan prosesor yang terlalu mahal karena ditakutkan tak sesuai dengan harapan.

Bila kebutuhanmu hanya sekedar penyimpanan data, maka prosesor Intel Gold G6405 sudah lebih dari mampu cukupinya. Bila kamu lebih menyukai teknologi serba baru, maka gunakan prosesor Intel i5-12400 yang termasuk mumpuni untuk semua kebutuhanmu.

Kebetulan kami memiliki beberapa rekomendasi prosesor yang sekiranya bisa kamu jadikan referensi.

Cooler

Demi pastikan NAS milikmu berjalan dengan optimal, tentu kamu membutuhkan pendinginan atau cooler yang berkualitas. Tidak perlu mahal-mahal amat, namun pastikan cooler tersebut muat dengan case yang kamu pergunakan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Contoh cooler untuk NAS milikmu

Kami juga memiliki beberapa rekomendasi cooler murah meriah yang bisa kamu gunakan.

Motherboard

Khusus motherboard, kembali pastikan prosesor yang akan kamu gunakan merakit NAS sendiri ini sesuai dengan peruntukannya. Bila kamu ikuti panduan membuat NAS sendiri ini dengan prosesor Intel Gold G6405, pastikan motherboard yang digunakan adalah socket LGA1200. Sama halnya bila kamu lebih memilih gunakan prosesor Intel i5-12400.

Buatmu yang masih galau, kami ada deretan rekomendasi motherboard yang bisa kamu gunakan sebagai patokan.

RAM

Memilih memory atau RAM untuk NAS sebenarnya benar-benar mudah, karena kamu hanya membutuhkan kapasitas yang memadai. Berdasarkan pengamatan kami, setidaknya sebuah NAS harus memiliki besaran memory sebesar 16GB untuk benar-benar bisa diandalkan.

Tentu, kami memiliki beberapa rekomendasi RAM DDR4 yang bisa kamu jadikan referensi yang kami kotak-kotakkan berdasarkan harga.

Power Supply

Urusan daya tentu merupakan hal penting yang tak boleh dilewatkan sama sekali ketika membaca panduan membuat NAS sendiri. Power Supply atau PSU dengan kapasitas 500W dengan sertifikasi 80 Plus Gold tampak sudah lebih dari cukup untuk penuhi kebutuhanmu.

Meski demikian, sebuah PSU memiliki ukuran dan peruntukannya sendiri. Kembali pastikan kebutuhan PSU untuk NAS milikmu dengan referensi Power Supply terbaik versi kami.

Besaran Penyimpanan

Sebuah NAS biasanya identik dengan penyimpanan berkapasitas masif. Namun, bila kamu seorang pemula yang tertarik untuk ikuti panduan ini, kami sarankan untuk adopsi penyimpanan sebesar 1TB sampai 2TB.

Jangan lupa untuk sisihkan alokasi dana untuk SSD yang akan ditanamkan sistem operasi yang berukuran 120GB sampai 240GB.

Untuk menghemat dana yang dikeluarkan, kami rekomendasikan hardisk Seagate IronWolf dengan konfigurasi RAID alias dua hardisk secara bersamaan. Dengan bantuan RAID, kecil kemungkinan data yang akan kamu simpan rusak sewaktu-waktu karena sudah di-backup oleh hardisk lainnya.

Pemilihan Sistem Operasi

Sistem operasi untuk sebuah network-attached storage (NAS) ternyata berbeda dari komputer konvensional. Namun, kami menyarankanmu untuk gunakan dua sistem operasi khusus NAS yang tersedia secara percuma, yaitu FreeNas dan OpenMediaVault.

Nah, setelah ikuti panduan membuat NAS sendiri ini, kami berharap kamu bisa membuat media penyimpananmu sendiri. Tentunya, dengan pemilihan komponen yang pas, biaya dapat ditekan dan tentunya NAS versi rakitan bisa dirakit sesuai dengan preferensi user.

Jangan lupa untuk selalu merawat NAS milikmu layaknya komputer, karena maintenance rutin terbukti memperpanjang masa pakai. Kami memiliki tips merawat komputer yang bisa kamu terapkan pada NAS milikmu.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version