Panduan Rakit PC 5 Jutaan di Tahun 2022, Bisa Kalahkan PS5

Rakit Pc 5 Jutaan

Rakit Pc 5 Jutaan

Menuju akhir tahun, tampaknya adalah waktu yang tepat nan ideal untuk secepatnya Rakit PC 5 Jutaan. Bukan sekadar panduan rakit ‘biasa’, karena kami akan coba membuat racikan spesial yang bolehkanmu taklukkan PS5 yang dua kali harganya.

Berbeda dari panduan yang kami fokuskan pada komponen serba baru, kali ini kami akan coba membuat mix-and-match dari komponen baru dan bekas. Tentunya, selain aman untuk kesehatan dompet, kebutuhan komputasi kita setidaknya dapat terpenuhi.

Gak usah lama-lama, ikuti panduan Rakit PC 5 Jutaan yang konon katanya bisa kalahkan PS5 tersebut.

Apakah Memang Harga PC Gaming Segini Bisa Kalahkan PS5?

Di atas kertas, seharusnya Rakit PC 5 Jutaan kali ini bisa taklukkan konsol next-gen. Bahasan yang terinspirasi dari tulisan pada situs lokalan ini, tampaknya menarik untuk diulik. Terlebih bila melihat betapa murahnya harga kartu grafis berbulan-bulan ini, akan menarik untuk adu PC vs PS5.

Secara spesifikasi, kemampuan dari GPU PS5, yaitu AMD RX 5700 XT, jamin 1080P 60FPS secara konsisten. Artinya, secara teknikal kemampuan GPU tersebut setara RTX 2070 atau RTX 3060. Seharusnya, rekomendasi komponen di bawah ini bisa ‘menyetarai’ konsol next-gen tersebut dengan harga setengahnya.

Bila kita konversikan ke dalam bentuk Harga PC Gaming, sudah barang tentu kisarannya pun takkan jauh-jauh amat, terlebih bila kita mix-and-match komponen baru dan bekas.

Sebelum Membaca Panduan Rakit PC 5 Jutaan

Sebelum para pembaca budiman membaca Cara Merakit Komputer ini, kalian harus paham tentang resiko ketika dihadapkan pilihan membeli komponen bekas. Selain murahnya terkadang kebangetan, tidak sedikit mereka yang jual komponen tersebut bekas gaming alias Gagal Mining.

Di bawah ini ada beberapa resiko ketika membeli komponen bekas, khususnya pada kartu grafis:

Namun, setelah kalian memahami hal-hal di atas, dan tetap ingin Rakit PC murah meriah namun tawarkan performa layaknya konsol next-gen, lanjutkan membaca.

1. Prosesor

Hare gene masih pakai prosesor quad-core? Gak masalah, brott! Karena fokus kita pada bahasan Rakit PC 5 Jutaan ini untuk dapatkan komponen terbaik, namun semurah-murahnya. Namun, harus kami tegaskan bahwa prosesor quad-core adalah wajib hukumnya demi berikan kenyamanan ketika memainkan games dan produktivitas.

Gak usah mahal-mahal, kalian cukup gelontorkan dana sekitar 1 Juta Rupiah untuk prosesor sekelas Intel Core i3-10105F atau AMD Ryzen 3 4100. Untuk antisipasi overbudget, kalian bisa manfaatkan prosesor yang lebih lawas maksimal satu atau dua generasi supaya tidak terjadi performance loss.

Tidak usah memaksakan diri untuk membeli prosesor hexa-core alias enam core, karena beda performanya takkan terasa karena game lebih andalkan kartu grafis.

2. Motherboard

Yang namanya menekan budget, sudah barang tentu kita harus berpuas diri gunakan motherboard sekadarnya. Di antara contohnya adalah H310, H410, A320, atau X370 yang tentunya dapat kembali kalian sesuaikan tergantung isi dompet.

Sekurang-kurangnya, penulis rekomendasikan minimal beli H410 atau X370 yang harganya dibanderol di bawah 800 Ribuan Rupiah. Alasan di balik penulis keukeuh H410 untuk Intel dikarenakan prosesornya cukup murah untuk dibeli. Sama halnya X370 untuk AMD yang saat ini benar-benar murah dan masih bisa dicolok AMD Ryzen 5000 Series.

Namun, khusus AMD, kami sarankan untuk meminta tolong toko tempat kalian membelinya untuk update BIOS bila ke depannya akan gunakan prosesor teranyar. Hal tersebut dibutuhkan demi minimalisir potensi terjadinya masalah yang bisa saja terjadi.

3. Memory

Meski konteksnya Merakit Komputer murah meriah di kisaran 5 Jutaan Rupiah, namun tetap saja untuk urusan memory, idealnya akan lebih baik bila berada di kisaran 8-16GB. Tak usah ribet pilih memory ternama, karena tentunya selain mahal, di sini kita hanya incar fungsinya.

Kalau kalian hoki, tentu saja kalian bisa mendapatkan memory DDR4 8GB hanya bermodalkan 200 Ribuan Rupiah kondisi seken. Namun, bila kalian benar-benar butuhkan kapasitas lebih besar, kebetulan ada sebuah brand yang tawarkan besaran 16GB hanya di kisaran 500 Ribuan Rupiah.

4. GPU

Ketika memikirkan kartu grafis apa yang sekiranya bisa ‘menghantam’ supremasi PS5, harapan kalian antara GTX 1660 SUPER atau RX 6600. Kedua kartu grafis yang penulis sebut tentu akan cocok dengan kebutuhan kalian, karena selain kuat, harga bekasnya pun tak mahal-mahal amat, brott.

Sama-sama memakan daya sekitar 120-135W, kedua kartu grafis tersebut memiliki peruntukan yang cukup berbeda. Di mana orang-orang lebih memilih GPU NVIDIA untuk content creation dan gaming, dan AMD untuk mereka yang lebih fokus gaming.

Namun jangan salah, brott. Karena kini GPU AMD setidaknya sudah lebih baik ketika diajak untuk livestream game favorit. Artinya, VRAM di atas 4GB akan ideal untuk penuhi ekspektasimu ketika memiliki komputer baru.

5. PSU

Meski kebanyakan kaum ‘mendang-mending’ lebih memilih untuk membeli catu daya alias PSU berkualitas, namun tak ada salahnya meminang PSU seadanya asal tepat memilih merknya. Di antaranya adalah Deepcool, Antec, atau merk-merk lain yang setidaknya memiliki sertifikasi yang sah di sini.

Setidaknya, PSU minimal 400W masih bisa ‘ngangkat’ GPU yang konsumsi dayanya tak boros-boros amat. Bahkan bila benar-benar ‘terbeli’ yang 400W, sisa daya yang masih bisa dipasok berada pada kisaran 250-275W kok, brott.

6. Penyimpanan

Dalam Rakit PC, hal yang menarik untuk dibahas ialah menentukan media penyimpanan yang sesuai akan kebutuhanmu. Kombinasi SSD 128GB dan HDD 1TB dirasa sudah lebih dari cukup memadai untuk pemula. Namun, kami merasa kombinasi SSD 128GB dan SSD 512GB akan lebih ideal untuk kebutuhan zaman now.

Ditambah merosotnya harga dari SSD, tidak ada salahnya untuk kembali evaluasi membeli penyimpanan tersebut. Karena selain lebih cepat, rasanya adalah harga yang murah ketimbang menanti waktu loading yang terlalu lama. Untuk SSD 128GB sendiri dapat kalian temukan pada kisaran semurah 140 Ribuan sampai Ratusan Ribu untuk 1TB, ya semurah itu.

Sekadar menambahkan, kala itu penulis masih gunakan SSD 128GB dan HDD 1TB untuk sehari-hari. Namun, setelah beberapa waktu, komputer yang penulis gunakan tiba-tiba not responsive, bahkan terkadang bluescreen. Usut punya usut, ternyata HDD 1TB lah pelakunya, karena ketika dicopot, SSD 128GB tersebut sama sekali tidak apa-apa.

7. Case

Yang akan kita bahas terakhir dalam panduan Rakit PC ini tak lain adalah case. Ya, rumah untuk komputer tersayang ini ada banyak sekali variannya, sampai kalian pun boleh galau dibuatnya. Namun, dikarenakan kita akan menekan biaya, maka kita lebih baik menekan biaya, mana tahu bisa digunakan untuk membeli komponen lainnya.

Cube Gaming Axel Case

Biasanya, case murah meriah dapat kalian dapatkan semurah 50 Ribu Rupiah (ex-warnet), sampai Ratusan Ribu Rupiah. Tentunya,

Contoh Rakitan Komputer 5 Juta yang Bisa Kamu Tiru

Bahasan santai kali ini rasanya takkan sempurna bila kami tak sertakan contoh Rakitan Komputer 5 Juta. Kami takkan heran bila di antara dari pembaca galau karena membaca bahasan ini. Olehnya, izinkan kami berikan contoh rakitan yang dapat kamu tiru, lumayan menambah referensi.

NAMA KOMPONENHARGA
AMD Ryzen 3 4100 4C/8T1.100.000
Asrock X370M775.000
DDR4 2xGB 3.200MHz590.000
GTX 166O SUPER (Bekas)2.000.000
NVMe 128GB185.000
SSD 512GB440.000
PSU 400W275.000
Case285.000

Dengan bermodalkan sekitar 5 Jutaan Rupiah, setidaknya masih ada sedikit dana bila kamu diharuskan untuk membeli PSU yang memiliki kualitas lebih.

Nah, itulah dia akhir dari panduan Rakit PC 5 Jutaan yang dapat kami hadirkan. Gimana, apakah kalian tertarik membeli komponen mix-and-match baru dan bekas, atau lebih memilih untuk membeli komponen serba baru?

Yuk, berikan komentar kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version