Para Ilmuwan Gunakan Game Puzzle Ini untuk Cari Cara Basmi Coronavirus

newcompetition

Kamu pun juga bisa ikut membantu ?

Virus Covid-19 alias Coronavirus kini telah menjadi perhatian dunia. Dengan masih tetap memberikan ancaman lewat penyebarannya yang tak bisa diduga, para ilmuwan-ilmuwan untungnya juga tengah berupaya untuk menanggulangi kemunculan virus ini. Disamping melalui berbagai riset ataupun penelitian khusus yang dijalani, ada semacam metode unik yang sebagian sedang ingin coba mereka lalui. Percaya tidak percaya, ini menyangkut tentang video game.

Sebelumnya, pernahkah mendengar suatu game Puzzle yang bejudul Foldit ? Bila belum, Foldit sendiri pada dasarnya merupakan game yang dikembangkan oleh para ilmuwan di University of Washington sejak tahun 2008. Game ini termasuk free to play dan bisa coba kamu mainkan langsung di platform PC, MacOS maupun Linux lewat link berikut.

Gameplay utama yang ingin dibawa adalah untuk menyusun, melipat, hingga memanipulasi berbagai struktur protein yang muncul di layar gamemu. Entah itu caranya dengan menggeser, menarik, mendorong, sampai menciptakan suatu bentuk protein baru.

Bersamaan dengan munculnya fenomena Coronavirus, para pengembang game ini pun baru saja memberikan suatu konten puzzle baru mengenai virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Lewat perilisan bentuk gambar dari struktur proteinnya yang baru saja diketahui beserta dengan cara kerja Coronavirus dalam mengikat sel reseptor manusia guna bisa bereplika, mereka memberi info bahwa para pemain kini hanya perlu untuk mendesain ulang suatu struktur protein baru yang dapat mengikat balik sang virus. Sehingga pada prakteknya bisa menghalangi tindak interaksi virus Corona terhadap tubuh manusia.

Hasil Penciptaan protein milik para pemain yang dianggap menjanjikan tentu nantinya akan diurus dan langsung coba dikembangkan oleh pihak institusi terkait. Terlepas dari itu semua, Brian Koepnick selaku ilmuwan Foldit yang berbicara pada video di atas menegaskan jika realisasi penciptaan antivirus dari game puzzle ini bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Ia tetap mengabarkan bila proses uji cobanya tetap akan memerlukan banyak waktu guna mengetahui keamanan dan keefektifan molekul-molekul protein tersebut terhadap Coronavirus ?

Menariknya, baru-baru ini pemberitaan game Foldit telah sukses menyita perhatian banyak pihak. Sebagai game online, game ini kabarnya bahkan sempat mengalami overpopulasi server semenjak kemunculan tantangan puzzle Coronavirus. Keberhasilan mereka dalam menciptakan sesuatu melalui game ini juga tidak semuanya dilakukan oleh para pihak ilmuwan saja. Banyak pemain dari berbagai kalangan yang juga ikut berkontribusi dengan memainkan game Foldit dan peran mereka sendiri justru malah dianggap jauh lebih membantu dibandingkan AI.

Sumber: Foldit (via Kotaku)


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version