Para Murid di Florida Melakukan Aksi Membuang Koleksi Video Game yang Bertemakan Kekerasan

in

Sebagai bentuk protes ?

“Video game dapat membentuk pemikiran anak-anak”. Tentu kalian masih ingat dengan ungkapan yang disampaikan oleh Presiden US, Donald Trump tentang responnya atas insiden penembakan kemarin. Perkataan beliau memang pada akhirnya mengundang banyak pro dan kontra dari masing-masing pihak terkait. Namun sekarang, ada satu sekolah di Florida yang ingin mencoba untuk melakukan aksi nyata terhadap tindakan keji kemarin  yang sudah merenggut nyawa 17 orang tak bersalah.

Dilansir dari WSVN, Cushman School baru-baru ini telah menggelar aksi kampanye membuang kaset video game. Dilakukan secara langsung oleh para muridnya, mereka membuang kaset game mereka yang bertemakan kekerasan ke dalam sebuah kardus box. Setelahnya para murid juga menandatangi sebuah surat perjanjian bahwa mereka tidak akan memainkan game-game yang berunsur kekerasan itu untuk selama-lamanya.

Para murid di sana nampaknya cukup antusias untuk ikut berpartisipasi dalam aksi kampanye tersebut. Sebagian ada yang punya kesadaran bahwa video game semacam itu sangat memberikan efek buruk bagi mereka. Ada juga yang berharap bahwa kampanye ini dapat mencegah munculnya insiden-insiden kekerasan serupa di kemudian hari.

Menurut pihak Cushman School, kampanye ini mereka harapkan dapat meningkatkan kesadaran para orang tua terhadap era globalisasi media saat ini. Arvi Balseiro selaku kepala sekolah memandang bahwa anak-anak adalah calon generasi penerus bangsa di masa depan. Memupuk mindset yang sehat kepada anak-anak sejak dini itu menurutnya sangatlah penting, karena dapat membuat mereka berkontribusi secara positif dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Menurut Arvi, hal ini adalah bagian dari tanggung jawab yang harus mereka emban sebagai orang tua.

Bersamaan dengan hal itu, presiden Donald Trump sendiri juga dikabarkan akan segera mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak yang terlibat di dalam industri video game guna membahas permasalahan tersebut. Mudah-mudahan saja dari pertemuan ini akan muncul suatu solusi yang tepat bagi masing-masing pihaknya ?

Sumber: Game Revolution

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]