Paragon, Moba Dengan Grafik Tingkat Dewa Akhirnya Tutup Usia

in , ,

Kabar duka ini datang dari salah satu developer juga sekaligus publisher yang cukup ternama Epic Games. Epic Games mengumumkan bahwa ia secara resmi akan menutup layanan salah satu multiplayer online battle arena (MOBA) miliknya, Paragon, pada tanggal 26 April 2018 nanti. Epic Games berkata bahwa ia akan menutup servernya pada tanggal yang telah tertera, dan ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada para playernya.

Dalam statement resminya Epic Game launcher menagatakan

Hai semua,

Secara berat hati kami memutuskan untuk menutup Paragon.

Kami sungguh mengapresiasi semua usaha yang telah kalian lakukan demi Paragon. Kami menerima banyak gagasan yang sangat bagus, untuk membawa kemana arah game ini akan pergi, ide tersebut telah dicurahkan dan kami implementasikan, menjadi salah bukti nyata kehebatan komintas ini.

Setelah mempertimban dengan matang, dan banyak debat antar internal, kami merasa sulit untuk melihat kemana arah perkembangan Paragon untuk menjadi sebuah MOBA yang memiliki player yang stabil.

Kami tidak mengeksekusi game ini dengan baik sehingga kami tak bisa mengabulkan janji-janji yang telah kami sampaikan melalui Paragon. Kami telah membuat kalian kecewa — Meskipun team yang mengembangkan game ini telah bekerja dengan sangat keras– kami meminta maaf akan hal itu.

Untuk memperbaiki hal ini, Epic menawarkan Refund secara utuh kepada seluruh pemain Paragon pada setiap pembelian yang telah dilakukan dengan platform ini. Refund ini akan diambil langsung dari kantong Epic Games.

Untuk meng-claim refund tersebut, Pemain Playstation 4 bisa mengakses link ini, untuk PC kalian bisa mengakses link ini.

Paragon, pertama kali dirilis pada tahun 2016 sebagai game early access, ia menjadi Game moba yang cukup menduai kesuksesan dan banyak mendapat review yang positif. Namun begitulah keadaan over-saturated market, di mana demand yang tinggi namun sulit untuk diprediksi. Tak seperti adiknya Fortnite yang sukses merebut banyak player dan sempat menjadi game yang memiliki Player Base terbanyak. Paragon tidak terlalu terasa seperti game competitive karena sulitnya melakukan match making.

Epic Games sendiri sepertinya tak pernah serius untuk merilis Paragon secara penuh, ataupun memberikan harapan. Game ini pernah pada suatu waktu memiliki lebih dari 7 juta pemain yang telah mendaftar di game ini, namun menurut Epic Games, player aktif pada game tersebut tak banyak bertahan, bahkan jauh lebih rendah dariapda angka itu sampai akhir hayat game ini. Epic game sendiri seperti telah menmeukan tambang emas baru di Fortnite, meski menjadi game Early Access, Epic Games telah menikmati player base yang melimpah dan terus berkembang dari game favorite semua orang. Fortnite.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person