Pasang Anti-Cheat Baru dari Denuvo, Doom Eternal Dibanjiri Review Negatif di Steam

in ,

2 bulan setelah perilisan, Doom Eternal akhirnya dapatkan update baru yang menambahkan beberapa tweak pada gameplay dan juga konten baru pada kedua mode campaign dan juga battlemode. Namun yang menjadi highlight dari update ini di mata fans bukanlah kontennya sendiri, tetapi penambahan anti-cheat baru dari Denuvo.

Tak lama setelah update dirilis, game langsung dibanjiri oleh review negatif di Steam karena penambahan anti-cheat Denuvo tersebut. Masalah utama dari anti-cheat ini sama seperti apa yang terjadi pada anti-cheat yang diimplementasi di Valorant. Program berjalan pada level kernel yang berarti anti-cheat berada pada privilage tertinggi dan dapat mengakses seluruh informasi yang terjadi di dalam OS yang kemudian dikirimkan ke server untuk deteksi apakah ada program mencurigakan aktif saat game dimainkan.

Implementasi anti-cheat Denuvo diklaim oleh banyak pemain sebabkan turunnya performa bermain hingga 30% serta beberapa juga laporkan PC sering crash hingga BSOD (Blue Screen of Death) setelah update rilis. Bahkan ketika kedua hal tersebut tidak terjadi pada mereka, adanya progam third-party yang miliki akses ring-0 tetap menjadi sesuatu yang dikhawatirkan oleh pemain karena masalah keamanan dan privasi yang berpotensi terjadi.

Saat artikel ini ditulis, ada lebih dari 3000 review negatif telah tertulis selama 3 hari terakhir, membuat game berada pada posisi mixed untuk total review sepanjang 30 hari terakhir.

Bethesda belum memberikan respon akan kontroversi ini dan game mereka juga menjadi game pertama yang implementasikan anti-cheat baru tersebut. Denuvo sebelumnya berperan sebagai perusahaan anti-tamper yang memberikan game proteksi untuk sulit dibajak, reputasi mereka bisa dibilang buruk tak hanya di mata para pembajak tetapi juga pembeli karena proteksi mereka yang sering sebabkan turunnya performa serta potensi tidak bisa luncurkan game ketika server mati atau jika ada masalah tertentu pada hardware pemain.


Baca pula informasi lain terkait Doom dan review Doom Eternal kami beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.