PC juga jadi salah satu pemasukan tertinggi Ubisoft.
Pasar video game memang miliki demografis yang berbeda di setiap belahan dunia. Namun, jika dilihat secara umum, maka sudah jelas bahwa console adalah pemegang kontribusi tertinggi untuk perkembangan industrinya. Hal ini tentunya dilihat dari sebuah kenyataan pahit bahwa PC masih menjadi biang keladi dari pembajakan. Bahwa tak banyak orang yang mampu memiliki PC yang mumpuni untuk mengikuti perkembangan video game. Namun, tak jarang pasar “master race” tersebut juga berikan kontribusi terbesarnya. Inilah yang dialami Ubisoft.
Menurut laporan keuangan perempat tahun ketiganya untuk tahun fiskal 2019-2020, Ubisoft mendapatkan keuntungan tertinggi di PC maupun PlayStation 4. Ini terhitung dari tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2019 kemarin. PC menyumbang 1% lebih banyak dari total semua platform, sementara PlayStation 4 menduduki puncak tertinggi pemasukan Ubisoft sebesar 4% jika dibandingkan platform lain selama sembilan bulan pertama dari tahun fiskal. Nintendo Switch dan Xbox One sendiri memiliki persentase yang sama yakni 15%.
CEO Ubisoft, Yves Guillemot menjelaskan bahwa kondisi keuangan mereka kali ini jauh di atas ekspektasi mereka berkat banyaknya game yang mereka tunda bulan Oktober yang lalu. Berikan franchise lawas seperti Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, The Crew 2, Assassin’s Creed Odyssey, dan Mario + Rabbids Kingdom Battle miliki performa yang sempurna.
Baca lebih lanjut tentang Ubisoft, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.
For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com