Gamer Temukan Pasta GPU Dimakan Semut Setelah Keluhkan Suhu PC Terasa Panas

Pasta Gpu Dimakan Semut

Masuknya hewan-hewan kecil seperti semut ke dalam PC sebenarnya bukan hal baru. Terutama kalau kalian meletakkan PC tersebut dalam kondisi tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Biasanya monitor dan motherboard menjadi incaran para semut untuk dijadikan sarang. Hanya saja, bagaimana kalau bukannya bersarang di tempat seperti di balik panel monitor, malah pilih menggerogoti pasta GPU.

Kejadian unik ini menimpa seorang gamer di Reddit yang membagikan postingannya kalau PC, lebih spesifiknya GPU miliknya dimasuki semut dan menyebabkan suhu PC miliknya meningkat. Kenapa bisa terjadi hal langka seperti ini?

User Reddit Temukan Pasta GPU Dimakan Semut Api dan Sebabkan PC Miliknya Panas

Pasta GPU dan thermal pads dimakan semut (Sumber: Reddit)

User bernama Thejus Parol membagikan kalau dia menemukan semut api atau nama ilmiah-nya Solenopsis Invicta ini telah memakan pasta dan thermal pads GPU GTX 1060 miliknya. Banyak yang mengatakan kalau jenis semut ini menyukai medan listrik. Sehingga ada kemungkinan kalau semut tersebut suka bersarang di dalam PC yang terus-menerus dialiri listrik.

Untungnya, PC si gamer ini masih bekerja dengan kipas berfungsi. Hanya saja, dengan berkurangnya pasta GPU yang bertugas mendinginkan kartu grafis membuat kinerja PC miliknya tidak lagi maksimal.

User Thejus Parol tadi awalnya menemukan beberapa semut yang melewati casing PC miliknya. Karena curiga dia pun menyelidikinya dan ternyata benar. Begitu heatsink GPU dibongkar, dia menemukan kalau pasta didalamnya sudah tersisa sedikit. Membuat perpindahan panas menjadi terhambat.

Sudah Dibersihkan Namun Tenyata Masih Belum Tuntas

Sumber: Reddit

Dia juga sudah melakukan pembersihan dengan alkohol IPA dan thermal paste serta pad baru. Ditambah dengan sang user sudah menyemprotkan anti-serangga di sekitar PC miliknya. Walau sekilas terlihat sudah aman, dia masih menemukan beberapa semut baru yang berkeliaran. Sepertinya masih belum tuntas tugas dalam menghalau semut-semut ini dalam menggerogoti PC miliknya.

Kejadian semacam ini tentu bisa jadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu mengecek dan maintenance PC secara berkala. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, mungkin sudah saatnya kalian coba cek dan bongkar PC kalian sekarang. Apakah ada debu, atau malah hewan kecil lainnya seperti kasus pengguna Reddit ini.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version