Pasukan Ukraina Gunakan Steam Deck sebagai Controller Turret

Pasukan Ukraina Steam Deck

Pasukan Ukraina Steam Deck — Perang adalah sesuatu yang patut diwaspadai, terutama dengan konflik yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini tidak lain telah menimbulkan banyak permasalahan tersendiri bagi banyak orang, khususnya beberapa developer video game dari negara-negara yang terdampak.

Namun, siapa sangka, bahwa ada hal unik datang dari Ukraina mengenai penggunaan salah satu handheld terbaru saat ini yang terbilang cukup mengejutkan, sekaligus menarik untuk ditelusuri lebih lanjut, yakni menggunakan Steam Deck sebagai perlatan perang mereka.

Pasukan Ukraina Gunakan Steam Deck sebagai Alternatif Modul Penggerak Turret

Pasukan Ukraina Gunakan Steam Deck sebagai Modul Penggerak

Pasukan Ukraina diketahui telah melakukan eksperimen terhadap penggunaan alternatif modul penggerak Turret Senjata Tanpa Awak dengan menggunakan handheld Steam Deck. Cukup jelas, bahwa penggunaan handheld ini bertujuan untuk menggerakkan Turret Senjata itu sendiri tanpa harus memperlihatkan ‘pengguna’ terhadap musuh.

Shablya

Turret Senjata tersebut bernama Shablya, sebuah Turret Senjata yang dikembangkan oleh Global Dynamics dan telah dilengkapi oleh beragam fitur yang cukup menarik. Fitur tersebut meliputi Thermal Imaging dan Range Finder serta mampu membawa Pelontar Granat atau Grenade Launcher dan Senapan Mesin (Machine Guns) sebagai amunisi utamanya.

Handheld gaming milik Steam digunakan di dalam Bunker

Aric Toler, selaku peneliti dari Bellingcat yang membantu mengungkap bocornya dokumen rahasia militer melalui Discord, mengungkapkan beberapa alasan logis dibalik pemilihan Steam Deck sebagai controller Turret Senjata mereka.

Aric Toler

Ia mengatakan bahwa beragam fitur yang ada pada handheld gaming itu sendiri sudah sangat mumpuni dan cukup lengkap, mulai dari joystick yang nyaman, Linux OS sebagai basis OS mereka, adanya touchscreen dan lainnya. Ini juga menjadikan Steam Deck sebagai pilihan alternatif dikarenakan harganya yang cukup murah dibandingkan modul penggerak lainnya.

Berpotensi Menjadi Standar Modul Penggerak Shablya

Satuan Jaeger Brigade ke-68

Pasukan Ukraina yang menggunakan Steam Deck ini merupakan pasukan yang baru-baru saja diberangkatkan dan tergabung dalam Satuan Jaeger Brigade ke-68. Beberapa orang awam yang telah melihat videonya tidak menyangka akan menggunakan handheld gaming milik Steam sebagai modul penggerak Turret Senjata ini, bahkan para tentara Ukraina dari unit ini tidak mengetahui bahwa handheld tersebut adalah konsol game dan mengira hanya salah satu peralatan standar untuk Turret Senjata tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Steam Deck atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version