Beberapa Pegawai Google Dikabarkan Akan Tergantikan oleh AI

Pegawai Google

Google memang tengah meniatkan diri untuk ikut dalam persaingan generative AI yang sekarang ini tengah booming. Baru beberapa waktu lalu mereka merilis Gemini yang berupa AI multimodal untuk bisa ikut saingi GPT4 besutan OpenAI.

Namun, nyatanya Google tidak hanya menyediakan layanan AI ini untuk orang lain. Secara internal sendiri, Google juga disinyalir menggunakan teknologi sejenis. Seperti apa pengaplikasiannya?

Pegawai Google Diambang PHK Karena Disinyalir Beberapa Akan Tergantikan oleh Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan disinyalir akan mengambil alih pekerjaan manusia

Melansir dari The Information, Google dikabarkan akan mulai menggunakan AI untuk menggantikan tenaga manusia. Dalam laporan terbarunya, dikabarkan kalau Google akan menyusun ulang unit ad sales mereka yang beranggotakan 30 ribu pegawai itu.

Ini mengisyaratkan kalau wacana AI hanya diperuntukkan sebagai asisten dan bukan untuk menggantikan seutuhnya pekerjaan manusia hanyalah sebuah bualan belaka. AI dengan jelas bisa menggantikan pekerjaan manusia meski tidak sepenuhnya, dan manusia akan kehilangan pekerjaan untuk itu.

Google sendiri juga sudah melakukan pengurangan pegawai dengan jumlah masif tahun ini. Diperkirakan sudah sejumlah 12 ribu pegawai yang kena layoff tahun ini dikarenakan naiknya biaya operasi dan ketidaktentuan ekonomi.

Google Sinyalir Akan Mulai Pekerjakan AI di Back-End

Perubahan besar disinyalir tengah terjadi di Google

Diungkapkan bahwa Google tampaknya akan menggunakan AI, ML, dan automasi untuk menggantikan sebagian peran manusia di bagian back-end. Sebelumnya, Google memang telah menggunakan GenAI di front-end kepada pengiklan dan konsumen mereka.

Tidak dapat diperkirakan berapa jumlah pegawai yang akan dipangkas Google kali ini. Jika berita ini benar, kemungkinan besarnya, ke depan banyak perusahaan yang akan mengikuti cara efisiensi serupa.

Sistem automasi dengan GenAI ini juga akan terus berkembang. Bukan tidak mungkin kedepannya suatu perusahaan hanya menggunakan setengah tenaga manusia saja dan sisanya menggunakan teknologi kecerdasan buatan.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version