Pegulat Booker T Akhirnya Kalah dalam Gugatan Kasus Copyright Karakternya di Call of Duty

Activision Booker T

Game Call of Duty selalu populer dan digemari oleh para gamer. Sebuah game shooting dengan pace gameplay yang cepat dan cerita militer yang seru menjadi poin utama kenapa game tersebut populer. Sebuah kasus persidangan terjadi pada pihak Activision dimana perusahaan tersebut dituntut oleh seorang pegulat dengan nama panggung Booker T. atas kasus copyright karakter di game Call of Duty.

Apa yang sebenarnya terjadi? Yuk, kita cari tahu bersama!

Awal Mula Kasus Tuntutan

Semua ini bermula pada tahun 2019 ketika pegulat Booker T. Huffman menuntut Activision atas kasus copyright terhadap karakter David “Prophet” Wilkes dari game Call of Duty: Black Ops III dan Call of Duty: Black Ops IV. Dia mengatakan bahwa karakter tersebut mirip dengan karakter dia sebagai GI Bro pada masa awal karir sebagai pegulat.

Booker T. menyebutkan beberapa hal kemiripan antara karakter Call of Duty dengan karakter GI Bro, seperti memiliki memiliki tubuh besar berotot dengan rambut gimbal, memakai ikat kepala dan memiliki ekspresi cemberut.

Kalian bisa lihat perbandingan kedua karakter tersebut di bawah ini.

Pengacara Booker T. mengatakan bahwa kedua karakter tersebut sudah jelas memiliki kemiripan dan Activision telah meniru karakter GI Bro.

Activision Dituntut Pegulat Booker T.

Pegulat Booker T Akhirnya Kalah dalam Gugatan Kasus Copyright Karakternya di Call of Duty 5

Pihak Activision merasa karakter David “Prophet” Wilkes yang dituntut oleh Booker T. tidak memberikan bukti kuat bahwa mereka telah meniru GI Bro berdasarkan poster di atas. Activision merasa hal ini tidak memberikan dia kerugian apapun dari pelanggaran ini.

Activision mengklaim bahwa kesaksian dan bukti yang tak terbantahkan diberikan oleh Booker T. sebagai pencipta GI Bro menunjukkan bahwa gambar poster tersebut sebenarnya bukan karya asli. Poster yang dijadikan sebagai barang bukti merupakan “hasil salinan berdasarkan karakter dari pegulat The Rock”.

Ekspresi wajah dan sikap memang menjadi hal paling unik pada karakter. Tapi kedua hal tersebut bukanlah sesuatu yang sifatnya bisa diklaim”, ucap Activision.

Hasil Akhir Tuntutan

Pegulat Booker T Akhirnya Kalah dalam Gugatan Kasus Copyright Karakternya di Call of Duty 6

Setelah menjalani proses yang cukup panjang, Hakim memutuskan bahwa kasus tuntutan ini tidak membuktikan bahwa Activision telah meniru karakter GI Bro yang dibuat oleh Booker T. Penasihat Activision dalam persidangan, yaitu E. Leon Carter menganggap kasus tuntutan tersebut adalah kasus sembrono.

Dia menambahkan bahwa developer Activision telah bekerja sangat keras untuk membuat game dengan integritas tinggi. Pihaknya juga sangat bangga dengan semua orang yang terlibat dalam pengembangan game serial game ini. Termasuk untuk William Romeo yang menjadi aktor pada karakter David “Prophet” Wilkes.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Activision atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version