Pekerjaan di Industri Esports yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu


Follow Us

Esports menjadi salah satu industri yang berkembang pesat saat ini. Bukan hanya dari turnamen-turnamen dengna total hadiah yang besar, namun dari komunitas hingga popularitas game yang merambah ke industri esports ini saat ini semakin bertambah. Dengan growth yang pesat ini, peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau ingin terjun di industri tersebut juga semakin diminati.

Nulis artikel dibayar
image courtesy, knowledge.wharton.upenn.edu

Berbicara tentang pekerjaan, mungkin para penggemar hingga penikmat industri esports mengetahui beberapa pekerjaan dalam industri tersebut yang terlihat saja, seperti menjadi pemain professional, pelatih, caster/komentator hingga analis. Ya memang beberapa profesi tersebut lebih sering terlihat di industri esports baik dilihat secara langsung maupun di layar monitor melalui situs live stream.

Namun tahukah kalian bahwa masih ada pekerjaan atau profesi lainnya di industri esports yang jarang kalian ketahui. Langsung saja kita simak beberapa profesi atau pekerjaan yang jarang diketahui di industri esports.


Esports Organizer/Event Organizer

image courtesy, ESL One

Esports organizer/event organizer sendiri mungkin bisa dibilang layaknya wedding organizer namun di segmen/fokus yang berbeda. Di industri esports sendiri cukup banyak esports organizer/event organizer yang selalu menghadirkan turnamen-turnamen dengan hadiah besar dan tentu saja berbagai macam game juga dipertandingkan. Beberapa nama besar, seperti ESL, PGL, GESC hingga dari publisher-nya sendiri yang mengadakan turnamen terbesarnya seperti Valve dengan turnamen The International, Riot Games dengan turnamen terbesarnya The Worlds hingga Bluehole yang baru saja menggelar turnamen berskala globalnya, yaitu PUBG Global Invitational. Dengan mengadakan turnamen-turnamen tersebut mereka tidak hanya memberikan hadiah kepada para pemenangnya, mereka juga mendapatkan keuntungan dari tiket penonton hingga sponsor.

BACA JUGA  Playstation Classic Ternyata Gunakan Emulator PCSX untuk Jalankan Game

 


Team Owner/CEO

Steve Arhancet Co-CEO & Owner Team Liquid

Berbicara tentang turnamen pastinya ada tim-tim yang berkompetisi di dalamnya. Salah satu profesi yang cukup menjanjikkan disini adalah sebagai team owner/CEO. Sebagai “bos” dalam sebuah tim esports pastinya memiliki tanggung jawab yang besar untuk selalu mengambil keputusan yang tepat untuk menjaga kestabilan performa dari tim itu sendiri serta memiliki pandangan yang bagus akan seperti apa masa depan suatu tim tersebut.

 


Statistician

Statistician atau yang biasa dikenal dengan Statistikawan pada dasarnya adalah profesi untuk orang yang memiliki keahlian di bidang statistik. Jangan salah, di dunia esports juga tak bisa lepas dengan “statistik”. Di beberapa game, seperti Dota 2, League of Legends, Counter Strike: Global Offensive baik dari tim hingga professional player pasti memiliki statistik pertandingannya masing-masing. Biasanya orang yang memiliki profesi sebagai statistikawan di industri esports ini mengumpulkan data-data penting terkait tim hingga pro player dari record pertandingannya masing-masing. Salah satu statistician atau statistikawan yang cukup populer adalah Ben “NoxvilleZA” Steenhuisen. Pria yang juga berprofesi sebagai analis ini sering ditampilkan data statistik yang ia kumpulkan di beberapa turnamen besar, seperti The International 2016 hingga terakhir di ESL One Birmingham bulan Mei yang lalu.

image courtesy, Liquidpedia (Noxville)

 


Observer

image courtesy, Valve

Observer … ?

 

Jonathan “PimpmuckL” Liebig salah satu observer Dota 2

Apa itu observer ? profesi atau pekerjaan ini mungkin hanya untuk industri esports khususnya di game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti League of Legends atau Dota 2. Dalam game tersebut penonton pastinya akan melihat pertandingan antara kedua tim dalam sebuah layar, nah pekerjaan seorang observer mungkin bisa dibilang seperti “kameramen”. Mereka akan menampilkan momen-momen krusial yang ada dalam pertandingan seperti saat clash atau war. Pekerjaan atau profesi ini dituntut untuk selalu menampilkan dan menangkap momen-momen yang penting dalam sebuah pertandingan, namun tidak menutup kemungkinan akan kehilangan momen jika ada lebih dari satu momen terjadi secara bersamaan. Salah satu observer terkenal di Dota 2 adalah Rikard “skrff” Holm Melin, hampir turnamen-turnamen major hingga The International skrff selalu ditunjuk menjadi observer.

image courtesy, Liquidpedia (skrff)

 

BACA JUGA  Pertamakali dalam Sejarah, Sony Absen dari E3 2019

Developer


Berbicara tentang developer pastinya tak lepas dengan dunia IT. Dalam industri esports juga dibutuhkan profesi atau pekerjaan sebagai developer. Mulai dari game-nya itu sendiri hingga website penyedia statistik atau media online pasti membutuhkan developer untuk mengembangkan websitenya tersebut. Bahkan baru-baru ini tim developer dari OpenAI baru saja menguji hasil karyanya, yaitu 5 Bot yang bisa mengalahkan 5 manusia yang pada pemain professional Dota 2 dengan rata-rata MMR 5K. Hasilnya ? cukup mengejutkan 5 bot ini berhasil memenangkan dua game berturut-turut meskipun game ketiganya lebih unggul tim manusia. Profesi atau pekerjaan sebagai developer sangat menuntut kemampuan kalian di bidang IT khususnya hal-hal yang berkaitan dengan pemrograman serta pemecahan suatu masalah dengan hasil se-efisien mungkin.

Tim dev. Open AI Dota 2 bot

 


Videografer

tim BeyondTheSummit saat GESC Jakarta Minor, image courtesy: BeyondTheSummit Twitter

Pekerjaan atau profesi yang satu ini cukup unik, selain menangkap momen para pro player saat bertanding, di industri esports videografer juga dituntut untuk dapat membuat konten video dengan konten game-game yang dipertandingkan di industri esports itu sendiri. Apalagi jika ada momen-momen penting, mulai dari momen yang menggelitik hingga momen detik-detik tim yang mendapatkan juara maka konten video tersebut sangat menarik untuk ditonton bagi para penggemarnya.

BACA JUGA  Artifact Tournament Preview, Turnamen Pembuka Artifact Ramai dengan Pro Player TCG hingga Dota 2

 


Jurnalis

Masih seputar konten, namun berbeda dengan videografer. Dalam hal ini, profesi atau pekerjaan sebagai seorang jurnalis harus bisa membuat sebuah konten berupa tulisan yang menarik serta informatif untuk para komunitas dan penikmat industri esports. Pastinya konten-konten yang disajikkan tidak jauh dengan industri esporsts itu sendiri.

 


Bonus: Streamer

Siapa sangka streamer bisa menjadi ladang pekerjaan di industri esports. Meskipun para streamer terlihat mereka hanya sekedar untuk bermain serta bersenang-senang saat melakukan live streaming. Namun profesi mereka ini mendatangkan penghasilan yang cukup menjanjikkan. Baik dari sponsor maupun pihak-pihak lainnya yang bekerja sama. Beberapa streamer populer, seperti Ninja, DrDisRespect, SingSing, AdmiralBulldog, Tyler1 hingga streamer lokal seperti pemain Dota 2 Indo Pride inYourDream mendapatkan penghasilan yang menjanjikkan.

 


Berikut adalah beberapa daftar profesi atau pekerjaan yang mungkin kalian jarang tahu. Apakah kalian tertarik untuk mencobanya ? satu hal yang perlu diingat untuk terjun ke industri esports tidaklah mudah. Apalagi game selalu dipandang “sebelah mata” kebanyakan orang tua juga mungkin tidak setuju jika anaknya terjun ke industri tersebut. Cara paling ampuh adalah dengan meyakinkan kepada orang tua kalian masing-masing serta selesaikan kewajiban pendidikan terlebih dahulu.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+