Riset Terbaru Ungkap Pegawai Tidak Lagi Takut Pekerjaan Diambil Alih AI

Pekerjaan Diambil Alih Ai

Kehadiran AI menimbulkan polarisasi di berbagai kalangan. Ada yang menerima dengan lapang dada bagaimana implementasi teknologi tersebut bisa bermanfaat bagi manusia. Tidak sedikit pula yang skeptis dan beranggapan kalau AI bisa menimbulkan mara bahaya bagi umat manusia.

Narasi paling kuat diantara yang lainnya adalah bagaimana kecerdasan buatan dituding bisa menghilangkan banyak lapangan pekerjaan manusia. AI bisa gantikan pekerjaan repetitif yang kini dilakukan manusia. Namun setelah setahun berlalu sejak ChatGPT heboh, apakah ketakutan yang selama ini benar-benar terjadi?

Riset Ungkap Pegawai Tidak Lagi Takut Pekerjaan Diambil Alih AI Seperti ChatGPT

Riset ungkap pekerja tidak lagi pesimis terhadap AI

Melansir dari Techradar, badan riset Avanade mengungkapkan dalam riset terbaru mereka, kebanyakan pekerja sudah tidak lagi pesimis terhadap kecerdasan buatan bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Riset ini mengambil sampel 3000 bisnis dan pimpinan di bidang IT. Terungkap kalau sekitar 64% berpendapat AI dapat meningkatkan jumlah pekerja mereka sampai tahun depan. Mengisyaratkan kalau kehadiran ChatGPT untuk sekarang tidak lagi membuat banyak pihak merasa terancam posisinya.

95% pekerja optimis terhadap AI

Sekitar 95% dari pegawai merasa optimis akan dampak AI, beberapa diantaranya juga baru mau beradaptasi dengan hadirnya teknologi baru tersebut. Sekitar 48% organisasi memberikan batasan serta kebijakan soal pertanggungjawaban dalam menggunakan AI.

Artificial Intelligence Bisa Potong 20 Jam Kerja Per Minggu

AI bisa bikin pekerjaan lebih efisien

Menurut riset yang dilakukan Avanade, AI seperti Microsoft Copilot dan sejenisnya digadang bisa mempersingkat pekerjaan hingga 20 jam per minggu. Berarti pekerjaan sekarang bisa jadi lebih produktif dengan bantuan kecerdasan buatan.

Florin Rotar sebagai Chief AI Officer di Avanade katakan kalau pebisnis harus mengambil aksi untuk membekali pekerja mereka dengan ilmu mengutilisasi AI secara efisien. Menurutnya masa sekarang adalah waktu yang tepat untuk bersiap-siap hadapi perubahan yang semakin membuat AI diutamakan dalam pekerjaan.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version