Pemain Minecraft Ditahan Usai Bercanda Akan Lakukan Penembakan Massal Saat Bermain

in ,

Mulutmu harimaumu, atau mungkin dalam kasus ini lebih tepatnya jarimu harimaumu. Usai pernyataan Trump yang secara tidak langsung menyalahkan video game atas kasus penembakan yang semakin merajarela di Amerika Serikat, lelucon akan “saya akan melakukan kasus serupa karena saya bermain game” terus disebarkan oleh netizen sebagai kritik dan juga bermain-main. Namun tak disangka oleh bocah asal Florida benama “Dalton Barnhart” apabila leluconnya akan ditanggapi serius oleh pihak kepolisian.

Dalton Barnhart, yang merupakan nama palsu yang ia gunakan, membuat chat di game Minecraft yang kemudian tersebar ke channel Discord yang berisikan sebagai berikut: “Saya Dalton Barnhart bersumpah untuk membawa senjata m15 milik ayah saya ke sekolah dan membunuh minimal 7 orang.” Pesan tersebut difoto kemudian dilaporkan oleh seseorang ke pihak kepolisian.

Ketika sang ibu diinformasikan bahwa anaknya berencana akan lakukan aksi terorisme, sang ibu tentu membela anaknya dan tidak percaya ia berani melakukan hal sekejam itu. “Dia hanya anak kecil yang senang bermain video game,’ ucap sang ibu yang tahu bahwa pesan yang ia buat hanyalah lelucon semata. Meskipun demikian, FBI tetap mengambil aksi serius.

Terekam oleh channel youtube Volusia County Sheriff’s Office, Detektif Brian Howard berusaha menjelaskan kenapa anaknya akan ditahan oleh FBI atas aksinya. Meskipun sifatnya benar-benar lelucon atau tidak, pesan yang dia kirim ditanggapi serius karena ada potensi “Dalton Barnhart” akan menjadi tersangka selanjutnya dari kasus yang terus terjadi di negeri Paman Sam ini.

Setelah ditahan, bocah dengan username FalconWarrior920 akui bahwa ia memang membuat chat tersebut, tetapi dengan konteks hanya sebagai lelucon edgy atas komentar Trump yang menyalahkan video game sebagai sumber permasalahan mass shooting yang terus terjadi. Dia tak ada maksud untuk benar-benar melakukan aksi yang sebagaimana dia tulis.

Pelajaran yang bisa ditarik dari kasus ini ialah tetaplah berhati-hati dengan apa yang kamu tulis secara online khususnya ketika berhubungan dengan topik yang sensitif. Meski sifatnya hanya lelucon, kamu takkan pernah tahu ada yang terganggu akan tulisannmu dan menanggapinya dengan serius.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.