Pemerintah Belgia Angkat Bicara Terkait “Loot Box”

ukgc loot boses

Lagi-lagi “loot box” atau yang juga disebut “loot crates” menjadi sebuah pembicaraan yang cukup hangat, baik di komunitas penggemar game hingga tingkat yang lebih tinggi yaitu pemerintahan suatu negara, seperti yang terjadi di Belgia baru-baru ini.

Dilansir dari Engadget, para petinggi dari Belgia telah memutuskan bahwa loot box melanggar undang-undang terkait perjudian dan jika publisher tidak menghapusnya dari game yang mereka rilis maka akan mendekam di jeruji besi dan denda sesuai yang telah ditentukan. Perhatian ini khususnya untuk beberapa game yang penuh dengan loot box seperti, FIFA 18, Overwatch, hingga CS: GO ditemukan melanggar undang-undang di negara tersebut. Sementara itu, Star Wars Battlefront II juga merupakan salah satu game bagian dari penyelidikan pemerintah Belgia. EA sendiri telah menghapus loot box untuk menghindari jeratan dari undang-undang yang berlaku di negara tersebut. Dalam sebuah pernyataan Minister of Justice dari Belgia, Koen Geens mengatakan bahwa jika loot box dalam game yang disebutkan di atas tidak ditarik, maka publisher akan dikenakan hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar 800.0000 Euro atau sekitar $ 974,926. Jika anak-anak terlibat dengan loot box yang ada di game, hukuman tersebut bisa digandakan.

Minggu lalu, Belanda juga telah memutuskan bahwa loot boxes di beberapa game memiliki indikasi perjudian dan telah meminta kepada para publisher untuk menariknya pada pertengahan Juni mendatang, sementara itu, beberapa negara seperti UK dan New Zealend telah mendeklarasikan bahwa loot box bukanlah perjudian. Sejumlah anggota parlemen Amerika Serikat telah memperkenalkan total pendapatan dari loot box, baik untuk mempelajarinya dan membatasi akses ke anak di bawah umur. Sebagai tanggapan atas kontroversi loot box, ESRB menambahkan label sepert “In-Game Purchases” di dalam box game yang dijual tersebut.

Tidak seperti Belanda, Belgia belum menetapkan deadline untuk perubahan yang dituntutnya. Sebaliknya, Geens mengatakan bahwa dia ingin memulai dialog antara publisher dan Gaming Commission.

Sebagai penutup, loot box memang tengah menjadi pembicaraan hangat bukan hanya baru-baru ini. Di beberapa negara ada juga menyikapinya dengan kebijakannya masing-masing, ada yang setuju, ada yang setuju dengan catatan loot boxes harus dicantumkan prosentase potensi mendapatkan item dari loot box tersebut bahkan ada yang menolak dan mengatakan bahwa loot box seperti sebuah kegiatan perjudian. Semoga dari kontroversi tersebut kedepannya ada jalan tengah untuk menyikapi loot box yang tengah fenomenal ini atau mungkin ada kebijakan baru yang bisa menggantikan loot box

Exit mobile version